Place Your Ad Here

Inilah 10 Rahasia Utama Menjaga Hubungan Cinta

HIJABERSWORLD.COM---Cinta memang identik dengan sesuatu yang indah, menakjubkan, membahagiakan, menginspirasi, menambah kekuatan, keberanian dan sebagainya. Namun, kita tidak bisa menutup mata bahwa cinta juga tak kalah dekatnya dengan penderitaan, kesengsaraan, menyakitkan, melelahkan, menguras emosi dan air mata.

Pada awal hubungan, mungkin yang dirasakan adalah segala yang indah-indah. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, akan bermunculan hal-hal yang kurang menyenangkan dengan pasangan. Tak hanya itu, berbagai masalah juga bisa menjadi pemicu kandasnya hubungan cinta. Nah, tentu saja semua orang mengkhawatirkan hal ini.



Hampir tidak ada orang yang berharap hubungan cintanya berakhir. Semua orang berharap bisa berbagi hidup kini dan nanti dengan orang yang dicintai. Bagi Anda yang ingin hubungan cintanya tetap terjaga dan awet, ulasan di bawah ini mungkin bisa Anda ikuti untuk memaksimalkan kualitas hubungan cinta Anda.

1. Bersama bukanlah akhir
Meskipun hati sudah menyatu dan jiwa bertemu bukan berarti urusan cinta itu selesai. Sekian lama hati resah menanti cinta datang dan ketika cinta itu datang, maka pada waktu itu perjalanan cinta baru dimulai. Tak sedikit pasangan yang terlena pada awal-awal mereka jadian (menikah). 

Sadarilah bahwa perjalanan cinta itu baru dititik nol dan mungkin saja di masa depan akan mengalami berbagai ujian. Dengan menyadari hal ini, maka Anda dan pasangan dimungkinkan bisa menyiapkan mental untuk menghadapi rintangan dalam hubungan cinta nantinya.

2. Sadar berproses
Hubungan cinta merupakan proses. Dalam proses tersebut, pasangan yang menikah  akan dihadapkan pada berbagai masalah baik itu masalah keuangan, masalah anak, hubungan dengan keluarga, pendidikan, kesehatan dan sebagainya. Tak jarang terjadi pertengkaran kecil dan salah paham. Ingatlah bahwa ini hal yang wajar.

Sebagai orang yang sedang berproses, berarti suami isteri sedang belajar dalam menjalankan hak dan kewajiban mereka masing-masing. Jika terkadang salah satu pihak melakukan kesalahan, tentunya masih bisa dimaklumi asal bukan kesalahan yang berakibat fatal.

3. Sudah seberapa jauh kedekatan Anda?
Cobalah sesekali bertanya pada diri Anda, sudah seberapa jauh saya mengenal pasangan saya? Ketahuilah, untuk memahami karakter masing-masing itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dengan mengevaluasi dan terus mengasah kemampuan kita dalam mengenal pasangan, dimungkinkan hubungan cinta akan bertambah kuat dari hari ke hari. 

4. Sadari tanggung jawab masing-masing
Banyak perceraian yang terjadi lantaran masing-masing pihak melalaikan tugas mereka masing-masing. Secara umum, memang ada pengelompokkan secara tidak langsung antara tanggung jawab laki-laki dan perempuan. Namun, dalam sebuah hubungan, selain menyadari dan melaksanakan tanggung jawab, baik suami maupun isteri juga dituntut saling bekerja sama. Jika salah satu pihak karena masalah tertentu tidak bisa melaksanakan kewajiban, pihak yang lain membantu dan tidak menghukumnya.

5. Kelapangan hati dan pikiran
Pertengkaran hebat bisa terjadi setiap saat jikalau suami maupun isteri tidak memiliki kelapangan hati dan pikiran. Orang yang hati dan pikirannya sempit mudah marah, cepat tersinggung, tergesa-gesa, tidak sabar serta emosional. Bila kedua pihak memiliki kepribadian seperti ini dan tidak ada seorangpun yang menguasai diri, tak mustahil sebuah hubungan akan berakhir.

6. Jauhkan dari gengsi dan mau berkorban
Ungkapan kalau cinta jangan gengsi itu memang benar. Selama gengsi masih menguasai maka seseorang tidak akan bisa maksimal menunjukkan rasa cintanya. Begitu juga dengan pasangannya yang mungkin juga akan kesulitan memahami isi hati dia yang sebenarnya. Ikhlaskan hati Anda mencintai pasangan dan jika memungkinkan tak ada salahnya mencoba mengorbankan ego Anda untuk kebahagiaan bersama.

7. Bicara dari hati ke hati
Ketika ada masalah, usahakanlah berbicara dari hati ke hati. Beri kesempatan pasangan Anda untuk menjelaskan dan memberitahu apa yang terasa di hati serta apa yang ada di pikirannya. Kemudian bicarakanlah masalah dan carilah solusi bersama-sama. Ini jauh lebih indah daripada mengutamakan sikap ingin menang sendiri.

8. Hati-hati dengan hal sepele
Jangan remehkan hal-hal sepele dalam hubungan Anda. Bila tidak hati-hati, hal sepele bisa menimbulkan pertengkaran yang berujung perpisahan. Biasakan untuk tidak membesar-besarkan masalah dan jangan biarkan pertengkaran kecil menenggelamkan rumah tangga.

9. Ketahui batasan-batasan
Meskipun sudah saling memiliki, baik suami maupun isteri harus tetap mengerti dan memahami batasan-batasan. Ada hal-hal yang mungkin tidak seharusnya seorang pasangan ikut campur.  Begitu juga, kecemburuan tak berbatas juga bisa membuat hubungan hancur.

10. Sediakan selalu bumbu-bumbu cinta
Untuk menjaga hubungan cinta, dibutuhkan bumbu-bumbu cinta seperti sikap dan ucapan yang romantis, kejutan-kejutan, perhatian dan sebagainya. Intinya, tunjukkan kalau pasangan Anda sangat berarti bagi Anda. Kepedulian itu sangat penting dan bisa menambah kedalaman perasaan cinta.

Nah, demikianlah 10 rahasia dalam menjaga agar cinta tetap utuh. Bagaimana? Sudah siap mempertahankan hubungan cinta Anda? Selamat mencoba.[Hijabers World/Elshabrina]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 10 Rahasia Utama Menjaga Hubungan Cinta "

Post a Comment