Place Your Ad Here

10 Rahasia Merawat Rambut Bagi Hijabers Agar Sehat dan Indah

HIJABERSWORLD.COM----Masalah rambut memang selalu menarik perhatian, tidak hanya wanita tapi juga pria. Bagi wanita yang berhijab, mereka bahkan lebih ekstra lagi dalam memperhatikan rambut. Bayangkan, bagi yang berhijab dari pagi hingga sore, kepala mereka terus tertutup. Terkait rambut, tentu ada hal-hal yang harus mendapat perawatan dan perhatian khusus.
 
Hijabers Community


Tak sedikit kemudian wanita yang khawatir, pemakaian hijab akan  merusak rambut seperti rambut rontok, ketombe, lembab, kulit kepala berjamur dan sebagainya. Itulah mengapa sebagian mereka takut dan enggan memakai hijab.

Sungguh, setiap penyakit ada obatnya. Begitu juga dengan masalah rambut. Niat berhijab tentunya tidak harus ditahan atau ditunda hanya karena kekhawatiran tersebut. Jika niatnya sudah mantap, pasti ada solusi untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan setelah pemakaian hijab. Nah, ini dia tipsnya bagi Sobat :

1. Perawatan rambut yang sehat
Bisa jadi masalah rambut bukan disebabkan oleh hijab tapi malah perawatan rambut yang kurang baik.  Rambut rontok, bercabang dan ketombe juga terjadi karena pemakaian shampo dan kondisioner  yang kurang tepat. Gunakanlah shampo dan kondisioner yang khusus untuk wanita berhijab.

2. Atur waktu keramas
Ini adalah hal yang kadang kurang diperhatikan dan disadari. Jika ada jadwal ke luar dan ingin keramas, sebaiknya mandi lebih awal sehingga ketika akan memasang hijab, rambut tidak basah. Usahakan ketika berhijab, rambut dalam keadaan kering. Ini tidak hanya menyangkut masalah kerusakan rambut dan kulit kepala tapi juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

3. Usahakan tidak  fulltime
Ketika tidur sebaiknya tidak memakai hijab sehingga rambut bisa berkembang dengan lebih leluasa. Usahakan kepala tidak tertutup 24 jam nonstop setiap harinya. Apalagi kalau Anda lebih banyak waktu di rumah. Jangan sampai niat berhijab malah menyebabkan kerusakan fatal pada rambut dan kepala. Segala sesuatu tentu ada batasannya. Ada saatnya kepala tertutup dan ada saatnya rambut dibiarkan terbuka.

4. Udara yang cukup
Ada orang yang memakai hijab dari pagi hingga malam. Alhasil, kepala terus tertutup dan rambut memiliki waktu yang sedikit untuk bernafas. Tidak hanya terkait masalah rambut tapi juga kenyamanan Anda sendiri. Berilah jeda beberapa waktu agar kepala terbuka. Tapi ini tidak berarti Anda membuka aurat di muka umum.  Umpamanya pada waktu istirahat shalat, cobalah sejenak membuka hijab di kamar mandi. Sehingga rambut terasa lebih segar dan kepala menjadi lebih sejuk. Berikan rambut udara yang cukup.

5. Ganti hijab secara teratur
Kerusakan rambut juga bisa disebabkan oleh hijab yang tidak bersih dan tidak diganti secara teratur. Memakai hijab yang sama untuk beberapa hari dikhawatirkan akan merusak rambut dan kepala. Hijab yang tidak diganti berhari-hari tentu saja sudah kotor, berdebu dan juga mungkin bau karena kuman tertentu. Ini mempengaruhi kesehatan rambut.

6. Hindari keringat yang berlebihan
Jika kepala terlalu berkeringat dan dalam keadaan tertutup, itu akan berpengaruh buruk pada rambut dan kepala. Apalagi kalau tertutup dalam jangka waktu lama. Sama saja dengan menutup rambut yang sedang basah atau lembab.

Solusinya, hindari penggunaan bahan dan warna hijab yang tidak menyerap lebih banyak cahaya matahari. Warna hitam cenderung membuat keringat cepat muncul dan berlebih. Sesuaikan dengan cuaca. Begitu juga pilihlah bahan hijab yang lembut dan bisa menyerap keringat.

7. Cara memakai hijab yang benar
Tidak semua cara memasang hijab atau model hijab itu mendukung kesehatan rambut. Pemakaian hijab yang terlalu ketat atau kuat tidak hanya membuat seseorang tidak nyaman tapi juga membuat rambut tertekan dan tidak punya ruang bernafas.

8. Mengikat rambut sewajarnya
Ketakutan rambut akan keluar ketika memakai hijab membuat sebagian wanita mengikat rambut dengan kuat. Ketahuilah, hal ini juga bisa merusak rambut. Ikatlah rambut sewajarnya saja. Tidak terlalu longgar dan tidak terlalu kuat.

9. Ketebalan yang pantas
Nah, kerusakan rambut juga disebabkan oleh hijab yang terlalu tebal. Sebagaimana yang diketahui, hijab yang tipis dan transparan itu tidak sesuai dengan syariat. Namun, juga bukan berarti seseorang memakai hijab berlapis-lapis seperti 5 lapis karena ini juga akan mempengaruhi kesehatan rambut dan kepala. Pilihlah hijab dengan ketebalan yang pantas sehingga rambut juga sehat dan aurat juga terjaga dengan baik.

10. Jaga kebiasaan
Dari sekian banyak faktor yang menyebabkan masalah rambut pada hijabers, kebiasaan yang tidak baik menjadi salah satu faktor yang dominan. Sebenarnya rambut mereka tidak bermasalah tapi sikap malas dan kurang perhatianlah yang membuat rambut akhirnya bermasalah.

Semoga tips diatas bermanfaat ya. Nah, sekarang Sahabat semua tidak perlu khawatir lagi. Yuk, mantapkan hati berhijab. [Hijabers World/L.Shabrina]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Rahasia Merawat Rambut Bagi Hijabers Agar Sehat dan Indah"

Post a Comment