Place Your Ad Here

5 Tips Mencuci Hijab Yang Baik dan Benar



HIJABERSWORLD.COM----Siapa sih yang tidak bisa mencuci, hampir semua orang bisa melakukannya. Namun, mencuci pakaian jenis tertentu dibutuhkan cara dan perawatan khusus. Salah satunya mencuci hijab. Mencuci hijab haruslah berbeda dengan cara mencuci pakaian lainnya. Hal ini tidak lain karena umumnya bahan hijab tidak sama dengan baju, rok maupun celana.

Selain itu, menyamakan cara mencuci hijab dengan baju dan celana dikhawatirkan akan merusak hijab. Tentunya sahabat hijabers tidak ingin melihat hijab kesayangan rusak bukan? Memang semua orang bisa mencuci tapi mencuci hijab haruslah mendapat perhatian lebih. Nah, berikut hal yang harus dilakukan ketika mencuci hijab :

Jangan rendam terlalu lama
Sebaiknya tidak merendam hijab terlalu lama dengan deterjen. Selain dikhawatirkan akan mempengaruhi warna hijab, juga dikhawatirkan akan menimbulkan bau yang kurang sedap apalagi kalau direndam berhari-hari. Hal ini juga terkait dengan pemakaian deterjen. Tetap hati-hati dalam memilih dan menggunakan deterjen. Pilihlah yang deterjen yang bersahabat dengan pakaian dan tidak berbahaya.

Pisahkan dengan kain yang luntur
Dalam mencuci, kalau bisa pisahkan hijab dengan pakaian lain terutama pakaian yang luntur. Dalam keadaan kering, memang tidak mudah mengetahui pakaian yang luntur dengan yang tidak apalagi kalau seseorang jarang mencuci. Tapi hal ini merupakan keharusan. Kalau tidak warna hijab bisa berubah akibat bercampur dengan warna pakaian lain. Untuk mengetahui pakaian yang luntur bisa dengan merendamnya beberapa saat. Kemudian angkat, kalau airnya berubah warna berarti pakaian tersebut luntur. Pakaian yang luntur lebih mudah kelihatan ketika dimasukkan ke air.

Jemur di tempat yang teduh
Mencuci pakaian seperti baju, rok dan celana memang lebih bagus dijemur di tempat yang panas agar cepat kering. Pakaian tersebut biasanya tebal sehingga membutuhkan sinar matahari lebih. Namun, hijab sebaiknya dijemur di tempat yang teduh agar warnanya tetap awet. Kebanyakan hijab berbahan tipis sehingga lebih cepat kering dibanding pakaian lain. Kalau seseorang meninggalkan rumah dalam waktu yang lama dikhawatirkan hijab yang dijemur di tempat panas akan pudar.

Pakailah penjepit pakaian
Agar lebih aman, sebaiknya menjemur hijab dengan menggunakan gantungan dan dijepit agar hijab tidak jatuh dan tersangkut benda tajam tertentu. Hijab berbahan tipis lebih cepat kering, kalau tidak dijepit akan mudah jatuh sehingga bisa kotor. Menjemur hijab di atas kawat pagar, dinding atau di atas bunga pagar harus dihindari karena mungkin ada bagian yang runcing dan tajam yang bisa merusak hijab. 

Sebaiknya dikucek saja
Hijab sedikit sensitif, jadi upayakan mencuci dengan mengucek saja. Hindari penggunaan sikat pakaian. Pemakaian sikat pakaian dikhawatirkan akan membuat bahan hijab menjadi rusak.

***
Untuk tampil maksimal dengan hijab juga dibutuhkan berbagai strategi pendukung. Salah satunya memperhatikan cara mencuci hijab. Cucilah hijab dengan baik dan benar sehingga hijab tetap terjaga kualitas bahan dan warnanya. Dengan warna hijab yang bagus dan bahan yang mulus serta bersih, kepercayaan diri akan bertambah. [Hijabers World/Elshabrina]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Mencuci Hijab Yang Baik dan Benar"

Post a Comment