Place Your Ad Here

6 Tips Menjaga Kesehatan Pada Musim Hujan




HIJABERSWORLD.COM---Dear hijabers, beberapa waktu terakhir kita memasuki musim hujan. Semua kita memahami bahwa yang namanya musim hujan itu akrab dengan basah kuyup dan dingin. Kita juga sepakat bahwa hujan yang mengguyur setiap saat dan udara dingin bisa menimbulkan rasa malas melakukan sebuah pekerjaan. Keinginan untuk  tidur di bawah selimut yang hangat sering muncul.

Namun, jika keinginan itu diturutkan tentu akan merugikan kita dalam banyak hal. Seyogianya, hujan tidak bisa dijadikan alasan mengapa kita tidak masuk bekerja atau tidak masuk kuliah. Apalagi kalau hujan berlangsung setiap harinya. Jika hujan dijadikan alasan untuk tidak masuk kerja dan kuliah, tentunya kita harus  siap-siap dipecat oleh atasan dan tidak lulus mata kuliah tertentu. Nah, gak mau hal itu terjadi bukan?

Tubuh yang sehat merupakan kunci utama agar tetap bisa beraktivitas seperti biasa di musim hujan. Akan tetapi, di musim hujan berbagai penyakit lebih mudah menyerang apalagi kalau musim hujan yang sangat ekstrim. Hal yang harus kita lakukan adalah menyesuaikan diri dan menjaga agar kondisi tubuh tetap baik. Yuk, diintip tips menjaga kesehatan pada musim hujan berikut ini : 

Memakai pakaian yang menghangatkan tubuh
Jika pada musim panas, orang lebih suka memakai pakaian yang tipis dan menyerap keringat, pada musim dingin memakai pakaian yang tebal merupakan pilihan yang tepat. Di tengah udara yang dingin, pakailah pakaian yang sedikit tebal dan bisa menghangatkan tubuh agar kondisi tubuh tetap fit dan bersemangat. Sweater, jaket, mantel harus selalu disediakan baik di rumah maupun ketika dalam perjalanan.  

Tetap minum air putih seperti biasa
Musim hujan membuat sebagian orang mengurangi minum sehingga tubuh kurang cairan dan mereka mengalami dehidrasi. Mereka malas minum lantaran khawatir akan sering buang air. Namun, ketahuilah bahwa tubuh tetap memerlukan air putih yang cukup. Jika tidak, Anda bisa sakit karena metabolisme dalam tubuh terganggu. Sebaiknya hindari minuman dingin karena akan membuat tubuh semakin dingin. Minuman yang hangat akan lebih baik diminum pada saat cuaca dingin.

Jika kehujanan, cepat ganti pakaian
Jaga tubuh agar tidak kedinginan dalam waktu yang lama. Jika kehujanan, cobalah untuk segera  mengeringkan tubuh. Semakin lama dalam keadaan basah, akan semakin buruk pengaruhnya bagi tubuh. Selain bisa mengundang datangnya flu, juga membuat badan menjadi lemas, menggigil dan malas melakukan kegiatan. Bila kehujanan, gantilah pakaian secepatnya agar tubuh tetap hangat.

Sedia payung sebelum hujan
Hujan bisa turun kapan dan dimana saja. So, menyediakan berbagai perlengkapan untuk berjaga-jaga merupakan sebuah keharusan. Siapkan payung dan beberapa pakaian pengganti seperti kaus kaki, baju, rok dan celana untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika pakaian basah, kita bisa menggantinya karena membawa pengganti. Dengan begitu, aktivitas tetap berjalan normal.

Persediaan makanan dan minuman
Jika selama musim panas, kita begitu santai pergi kuliah atau bekerja karena bisa berhenti membeli makanan serta minuman di mana dan kapan saja. Pada musim hujan bawalah sedikit makanan dan minuman. Hujan tidak bisa diprediksi kapan turunnya, bisa saja hujan turun saat kita di jalan. Dalam keadaan dingin, rasa lapar lebih cepat muncul. Dengan adanya sedikit persediaan makanan, kita bisa makan sambil menunggu hujan reda. Juga tidak ada salahnya ngemil makanan yang pedas agar semangat bertambah. 

Pakai baju berlengan dan tidur berselimut
Mengganti kebiasaan ketika musim panas atau kemarau juga harus dilakukan. Jika pada musim kemarau kita bisa memakai baju yang tidak berlengan ketika tidur karena cuaca yang panas serta tidur tanpa selimut, pada musim hujan cobalah memakai baju yang tertutup dan berlengan panjang serta menyediakan selimut agar tidak masuk angin. Hindari penggunaan AC karena itu akan membuat udara di dalam ruangan semakin dingin dan beku.

Bagaimanapun, musim hujan adalah siklus alam yang tidak bisa dihindari dan juga sebagai anugerah dari Allah. Oleh sebab itu, kita juga dituntut untuk lebih bijak menyikapi musim hujan dengan cara menyesuaikan diri dengan perubahan musim. [Hijabers World/Elshabrina]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Tips Menjaga Kesehatan Pada Musim Hujan"

Post a Comment