Place Your Ad Here

NGO Baru Ini Berempati Pada Kesejahteraan Pengajar Al-Qur'an

Quantum Sedekah  Road Show.Photo : HijabersWorld/Fitria Zelfis


HIJABERSWORLD.COM------Beberapa waktu belakangan, Quantum Sedekah, sebuah NGO yang tergolong baru mulai gencar melakukan road show ke beberapa lokasi di Yogyakarta. Berdasarkan tanya jawab dengan Presiden Quantum Sedekah, Totok Yunianto pada tanggal 26/06/15 saat acara di Hotel Desa Puri Syariah, organisasi ini didirikan sebagai bentuk empati kepada guru-guru mengaji terutama yang berada di pelosok-pelosok.

Dengan kata lain, latar belakang dibentuknya Quantum Sedekah ini karena para pendiri lembaga tersebut menilai kurangnya apresiasi terhadap para pengajar Al-Qur'an. Untuk itu, mereka bermaksud melakukan usaha mensejahterakan para pengajar Al-Qur'an melalui berbagai program pendidikan, pelatihan, pemberdayaan dan pembinaan.

Dalam kesempatan yang sama, ketika ditanya berapa total dana yang telah berhasil dihimpun serta berapa jumlah pengajar Al-Qur'an yang sudah terjangkau oleh NGO ini, VP.Program Quantum Sedekah, Junaidi Dwi Saputra menjelaskan bahwa Quantum Sedekah masih mengelola dana sekitar jutaan. "Ya, sekitar jutaanlah", katanya.

Dari penjelasan dapat ditangkap, NGO ini masih dalam tahap pengembangan dan baru mulai publikasi. Sementara itu, terkait program, dalam slide yang ditampilkan tercantum Quantum Sedekah memiliki 5 program utama yaitu :

Pertama, ustaz sehat.
Tujuan  untuk mewujudkan dan menjaga kesehatan para pengajar Al-Qur'an sehingga aktivitas mulianya dapat terus dilaksanakan dengan optimal. Kegiatan program pertama ini yaitu pemberian sembako dan nutrisi kesehatan, layanan kesehatan gratis dan pemberian bantuan subsidi biaya pengobatan bagi para pengajar Al-Qur'an yang sakit.

Kedua, ustaz  cerdas.
Tujuan  untuk pendidikan dan pembinaan dalam rangka meningkatkan kapasitas keilmuan para pengajar Al-Qur'an sehingga diharapkan akan muncul para pengajar Al-Qur'an yang berkualitas. Kegiatan program kedua ini yaitu pelatihan/bimbingan tahsin, tarjim, tahfizh, pelatihan manajemen TPA, bimbingan manajemen kelas, kajian ke Islaman dan sebagainya.

Ketiga, ustaz mandiri.
Tujuan untuk pembinaan dan pemberdayaan ekonomi para pengajar Al-Qur'an agar menjadi keluarga yang mandiri dan sejahtera. Kegiatan program ketiga ini yaitu pengiriman pengajar Al-Qur'an ke lokasi ataupun pihak yang membutuhkan, pemberian subsidi kafalah mengajar, pembinaan kewirausahaan, pinjaman modal usaha, pendampingan wirausaha dan sebagainya.

Keempat, ustaz sejahtera.
Tujuan untuk pemberian sarana serta prasarana penunjang aktivitas para pengajar Al-Qur'an sehingga aktivitas dan produktivitas para pengajar Al-Qur'an menjadi lebih optimal. Kegiatan pada program keempat ini berupa pemberian pakaian/seragam, Al-Qur'an dan sarana lainnya. Selain itu, juga pengadaan kendaraan bagi yang mengajar dengan jarak cukup jauh dan belum memiliki kendaraan serta pemberian subsidi renovasi rumah bagi yang membutuhkan.

Kelima, ustaz haji/umrah
Tujuan untuk penghargaan dan apresiasi bagi para pengajar Al-Qur'an yang berprestasi dan istiqamah dalam mendedikasikan segala potensi yang dimilikinya untuk mewujudkan generasi Qur'ani. Kegiatan program ini memberikan pembiayaan atau subsidi pemberangkatan haji atau umrah.

Pada acara yang diakhiri dengan buka bersama tersebut, panitia juga membagikan formulir pendaftaran untuk volunteer. Nah, bagi sahabat Hijabers yang sesuai dengan visi dan misi NGO tersebut mungkin bisa bergabung baik menjadi volunteer maupun memberikan sedekah/donasi/infak atau wakaf. Untuk informasi lebih lanjut mengenai implementasi program dan hal terkait, sahabat sebaiknya menghubungi pihak Quantum Sedekah yang bermarkas di Tambakbayan VIII/17, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY. [] (Hijabers World/Fitzel)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "NGO Baru Ini Berempati Pada Kesejahteraan Pengajar Al-Qur'an"

Post a Comment