Place Your Ad Here

Rahasia Agar Aktivitas Ekonomi Mengantar Sukses Dunia Akhirat

HIJABERSWORLD.COM------Kali ini kita sedikit menyinggung masalah ekonomi sebagai bahan renungan bagi kita menjalani hidup di dunia ini. Diharapkan pembahasan ini bisa memberikan cara pandang yang berbeda serta pengingat terkait kesibukan kita mencari uang. Kita akan mengupas tentang filosofi Al-Ghazali yang berhubungan dengan 2 variabel yaitu ekonomi dan kesuksesan dunia akhirat.

Sobat Hijabers di mana pun berada pasti familiar dengan Al-Ghazali, penulis buku Ihya ‘Ulum al-Din yang menjadi rujukan sepanjang masa. Sebagai salah satu ulama klasik dan filusuf, Al-Ghazali  dianggap dalam hidupnya hanya membicarakan masalah agama dan kurang menyentuh kehidupan yang bersifat keduniaan. Namun, anggapan tersebut tidaklah benar.

Dalam tulisan M.Abul Hasan Sadeq (1992) dalam tulisan Al-Ghazali on Economic Issues and Some Ethico-Juristic Matters Having Implications for Economic Behaviour, dapat diketahui kalau Al-Ghazali juga memperhatikan masalah ekonomi.

Bukan rahasia lagi kalau aktivitas ekonomi  dan mencari rezeki menyita sebagian besar waktu kita.  Namun, pada umumnya bagi sebagian kita, bekerja sebagai salah satu cara mendapatkan uang seringkali dipisahkan dengan agama dan akhirat. Hal ini tidak lain mungkin disebabkan anggapan bekerja dan uang untuk memenuhi kebutuhan di dunia semata.   

Benarkan demikian?

Al-Ghazali memiliki pemikiran yang sangat menarik dalam hal ini. Ketika aktivitas ekonomi dihubungkan dengan kesuksesan dunia akhirat, dalam tulisan tersebut dijumpai bahwa Al-Ghazali secara garis besar membagi 3 kelompok manusia yaitu :

Pertama, they are among those who will really be ruined (kelompok yang akan sengsara hidupnya). Siapa mereka yang masuk dalam kelompok ini? those people whose economic involvements occupy them fully so that they forget their place or return, the hereafter.  Mereka yang secara ekonomi  berkecukupan tapi sayangnya mereka lupa dengan tempat mereka akan kembali (akhirat). Nikmat di dunia, sengsara di akhirat.

Kedua, the are successful peole  (mereka yang sukses) yaitu those whose concerns for the hereafter keep them away from economic activities. Mereka yang termasuk dalam kelompok ini adalah mereka yang  senantiasa memperhatikan serta menjaga aktivitas ekonominya serta dikaitkan dengan alam akhirat. Sukses di dunia, sukses di akhirat. Selamat hidupnya.

Ketiga, they are the nearest to the straight path or middle way (mereka yang di jalan tengah dan mendekati kesuksesan yaitu those who get involved in economic activities for the hereafter. Kelompok ini dihuni oleh mereka yang ragu-ragu apakah akan menghubungkan aktivitas ekonominya dengan akhirat atau tidak. Meski kelompok ini dimasukkan dalam kategori pertengahan dan mendekati kebaikan, tetap saja tidak bisa dikatakan sukses dunia akhirat.

Betapa beruntungnya mereka yang menjadi kelompok kedua. Menggabungkan antara kehidupan dunia dengan akhirat. Inilah rahasia dasar agar aktivitas ekonomi mengantar sukses dunia akhirat. Tentunya, prinsip ini bisa kita terapkan di berbagi hal. Tidak hanya berlaku dalam urusan ekonomi saja tapi semua aktivitas yang kita jalani di dunia ini.

Bagaimana dengan kita?

Sobat Hijabers, mari sama-sama mengevaluasi termasuk kelompok manakah diri kita. Hendak ke manakah aktivitas ekonomi yang telah kita jalani membawa kita. Mengambil pelajaran dari pemikiran Al-Ghazali ini, rugilah mereka yang bekerja mencari uang hanya untuk urusan dunia semata dan beruntunglah mereka yang bekerja untuk urusan dunia  yang berorientasi akhiratnya.

Terakhir,

“ One should not sell akhirah (the hereafter) for dunya (the world)”
“ Akhirah is the capital which a businessman should protect and develop by profit”
“ If akhirah is traded for dunya the businessman is in a great loss, he is ruined”
“ Because, while dunia is needed, the akhirah is even more needed”.


Kalimat-kalimat yang sangat berkesan di akhir tulisan M.Abul Hasan Sadeq tersebut []
(Hijabers World/Fitzel)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Agar Aktivitas Ekonomi Mengantar Sukses Dunia Akhirat "

Post a Comment