Place Your Ad Here

Susah Khusyuk dalam Shalat, Yuk Belajar di Halaqah Ini

 Tabligh Akbar Menemukan Khusyuk Yang Hilang.Photo : HijabersWorld/Fitria Zelfis


HIJABERSWORLD.COM------Mungkin sahabat Hijabers sudah pernah mendengar dan mengetahui bahwa shalat bukanlah  sebuah ibadah yang berisi gerakan semata tapi bagian dari komunikasi antara hamba dengan Tuhannya. Sebagai bentuk kecintaan dan ketundukan kepada Tuhan Yang Maha Esa, shalat merupakan sebuah perjuangan. Perjuangan untuk mendekatkan diri serta memperolah hidayahNya.

Disebut perjuangan karena tidak mudah untuk memperoleh kekhusuyukan dan merasakan kehadiranNya ketika shalat. Bagi sebagian orang yang terjadi hanya raganya yang shalat tapi pikirannya entah ke mana.  Pikiran dan jiwa tidak menyatu dengan gerakan shalat yang dilakukan sehingga shalat tidak dirasakan manfaat serta tidak ada pengaruh positifnya dalam kehidupan. Oleh karena itu, perlu adanya usaha untuk menjemput kembali khusyuk yang hilang agar kita merasakan kenikmatan dan kedekatan dengan Rabb ketika shalat.

Sebagai usaha untuk mencapai hal itu, ada salah satu halaqah yang sudah berlangsung di Yogyakarta sejak tahun 2007. Halaqah ini dinamai dengan Halaqah Shalat Khusyuk yang merupakan bagian dari kegiatan Shalat Center Yogyakarta. Ustaz Abu Sangkan merupakan pembimbing utama dalam kajian ini sebagai penulis dari buku Menjemput Kembali Khusyuk Yang Hilang.

Apa yang dipelajari?
Sesuai dengan namanya, di halaqah ini kita bisa belajar tentang shalat dan upaya untuk mendapatkan kekhusyukan dalam shalat. Selain itu, juga berisi muhasabah, tausiah dan bimbingan zikir agar peserta bisa merasakan ketenangan dalam jiwanya serta menjadi lebih mesra dengan Pencipta.

Kajian dan bimbingan ini diampu oleh ustaz-ustaz yang sudah berpengalaman. Sebagian peserta ada yang sudah mengikuti bertahun-tahun dan sebagian lagi ada yang baru. Untuk menyesuaikan kajian, peserta lama dengan yang baru akan dipisah. Hal ini dimaksudkan agar lebih maksimal. Peserta baru akan dibimbing dari dasar. Sementara, peserta lama masuk ke tingkat lanjutan.

Tempat dan waktunya
Halaqah ini menyebar di beberapa tempat di Yogyakarta tapi salah satu lokasi yang strategis yaitu di Hotel Inna Garuda Malioboro. Sangat mudah mencari tempat ini karena berada di awal kita masuk ke Malioboro sebelah kiri. Halaqah dimulai setelah shalat isya sekitar jam 20.000 WIB hingga jam 22.00 WIB setiap Selasa malam. Biasanya halaqah diadakan di salah satu ruangan di lantai dua Hotel Inna Garuda dan sudah ada petunjuk halaqah di sana atau bisa tanya ke bagian informasi Inna Garuda.

Syarat dan ketentuan
Halaqah ini tidak memungut biaya sama sekali. Juga tidak ada syarat khusus untuk mengikuti. Siapa saja yang ingin melakukan perjalanan spiritual bisa bergabung di sini.

***
Bagi sahabat Hijabers yang haus dengan kajian ke Islaman, ayo gabung. Selain dapat ilmunya, juga dapat menambah sahabat lho serta menyambung silaturahim []

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Susah Khusyuk dalam Shalat, Yuk Belajar di Halaqah Ini"

Post a Comment