Place Your Ad Here

Wow, Ada Pesantren Tukang Becak di Yogyakarta

Peserta Pesantren Tukang Becak Mengaji Berkelompok.Photo:HijabersWorld/Fitria Zelfis


HIJABERSWORLD.COM------Bulan suci Ramadhan disemarakkan oleh umat Islam dengan berbagai acara. Pasar Ramadhan merupakan acara yang paling banyak dibuat di seluruh Indonesia di mana pasar tersebut menyediakan beragam makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Di samping itu, acara lain yang identik dengan Ramadhan adalah pesantren kilat.

Nah, kalau disebut pesantren kilat secara umum yang muncul di benak kita pesertanya sejumlah anak atau remaja. Namun, pesantren kilat yang diadakan di Masjid Diponegoro Balai Kota Yogyakarta sangat berbeda dengan kesan tersebut. Pasalnya, pesantren kilat yang diadakan pesertanya adalah bapak-bapak yang dalam kesehariannya biasa bekerja sebagai tukang becak. Tak heran acara ini dinamai dengan Pesantren Abang Becak.

Pesantren Abang Becak ini digelar di Masjid Diponegoro Balai Kota atas prakarsa BAZNAS Kota Yogyakarta. Berdasarkan informasi dari salah satu staf BAZNAS tanggal 19/06/15 di Sekretariat Relawan Masjid Diponegoro Balai Kota, acara Pesantren Abang Becak ini baru pertama kalinya diadakan. Salah satu pengurus dan takmir masjid dalam sebuah acara sambutan dengan relawan menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap nasib para tukang becak.

Sesuai dengan latar belakang penyelenggaraan acara, para tukang becak yang berjumlah 49 orang tersebut tidak hanya dibekali dengan kajian ke Islaman tapi juga diberikan fasilitas penginapan, perlengkapan mandi, konsumsi buka dan sahur gratis serta akan diberikan sedekah senilai 1 juta/orang pada akhir acara.

Pada Ramadhan tahun ini BAZNAS Kota Yogyakarta bekerjasama dengan sejumlah relawan di Masjid Diponegoro Balai Kota Yogyakarta untuk menyukseskan sejumlah acara dengan tema  Ramadhan Gumregah.

Tidak hanya ada Pesantren Abang Becak, di Masjid Diponegoro Balai Kota juga terdapat berbagai acara seperti TPA Ramadhan, Pesantren Kilat Anak, Pondok Belajar Alquran, Berbagi Berkah Bersama Anak Yatim, Kegiatan Tarawih Anak, Ramadhan Khotmil Quran, Pondok Iktikaf, Pelatihan Bisnis Online Shop, Pelatihan Bisnis Ticketing Tour dan Travel, Kreasi Jilbab Muslimah serta Lomba Menggambar dan Mewarnai se Kota Yogyakarta.

Khusus untuk acara Pesantren Abang Becak ini telah dimulai sejak tanggal 17 Juni dan akan berakhir pada tanggal 17 Juli 2015 mendatang.  Acara yang diadakan oleh BAZNAS Kota Yogyakarta ini tergolong unik mengingat istilah Pesantren Abang Becak belum familiar di tengah masyarakat.

Semoga kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat serta menjadi batu loncatan untuk munculnya kegiatan pesantren kilat yang kreatif di kota lainnya di Indonesia pada masa mendatang. []
(Hijabers World/Fitzel)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wow, Ada Pesantren Tukang Becak di Yogyakarta"

Post a Comment