Place Your Ad Here

Baru Berhijab dan Bingung Cara Memakainya?Mungkin Ini Membantu

HIJABERSWORLD.COM----Beberapa waktu yang lalu ada seorang Sahabat yang memutuskan memakai hijab. Namun, karena di keluarganya belum ada yang memakai hijab, Sahabat ini bingung bagaimana cara memakai jilbab atau berhijab.

Sebenarnya memakai hijab sangatlah mudah. Akan tetapi, kalau Sahabat belum pernah memakai hijab mungkin memang masih bingung bagaimana memasangnya. Terlebih kalau Sahabat melihat Sahabat-Sahabat lain yang begitu anggun dan menawan dengan balutan jilbabnya. Mungkin sahabat jadi kurang percaya diri atau malah penasaran.

Wanita berhijab


Memakai hijab bukanlah masalah percaya diri atau tidak tapi sebuah kewajiban yang harus dijalankan oleh wanita yang beragama Islam. Cara pemakaian hijab memang tergantung pada kreativitas dan kesenangan setiap orang. Meski demikian, seperti apapun model hijab yang dipakai tetaplah harus sesuai dengan tujuan dianjurkannya memakai hijab oleh agama karena hijab bukanlah sekedar untuk menutupi dan gaya.

Bagi sahabat yang baru berhijab dan masih bingung cara memakai hijab, berikut ini ada beberapa saran yang mungkin berguna :

Coba Pakai Hijab Instant Dulu
Jika belum bisa memakai hijab yang segitiga, segi empat, pasmina dan jenis hijab lainnya yang dipasang menggunakan jarum, Sobat bisa memakai hijab instant terlebih dahulu. Hijab instan merupakan sebutan untuk hijab yang langsung jadi. Tinggal  dipasangkan ke kepala dan tidak ribet. Ini biasanya digunakan oleh mereka yang tidak punya waktu yang cukup untuk memasang hijab dan juga belum bisa membuat kreasi hijab.

Sebagian besar ibu-ibu dan nenek-nenek suka memakai hijab jenis ini. Namun, ini tidak berarti anak-anak muda tidak cocok memakainya. Banyak juga remaja yang  menggunakan hijab instant baik untuk kegiatan formal maupun nonformal.

Belajar Langsung dengan Sahabat Yang Sudah Berhijab
Jika dalam keluarga belum ada yang memakai hijab dan Sobat ingin mencoba memakai hijab lain selain hijab instant, sahabat bisa belajar langsung dengan sahabat yang sudah berhijab. Mungkin di sekolah atau komunitas ada teman yang sudah lama berhijab, tidak ada salahnya meminta waktu mereka sebentar untuk mengajari.

Membaca dan Membeli Buku-Buku Hijab
Jika tidak punya sahabat yang akrab atau segan menganggu karena sahabat sibuk dengan kegiatan mereka, sahabat bisa membaca dan membeli buku-buku hijab. Sekarang banyak lho majalah-majalah khusus muslimah yang membahasa tentang pemakaian hijab. Biasanya disana ada panduan cara memakai hijab baik bagi mereka yang baru memakai hijab atau mereka yang ingin berkreasi dalam memakai hijab.

Melihat dan Menonton Tutorial Hijab
Selain membaca dan melihat cara memakai hijab di majalah atau buku, sahabat juga bisa melihat serta menonton video tutorial hijab baik offline maupun online. Kalau dibuku cara memakai hijab dengan gambar, tutorial melalui video akan lebih jelas gerakan atau cara memasangnya.

Terkait cara memakai jilbab, menyediakan waktu untuk berlatih adalah kuncinya. Jangan takut untuk mencoba. Baru memakai hijab kadang membuat sebagian orang canggung dan mungkin juga kurang percaya diri terlebih kalau penampilan hijabnya berantakan.

Islam adalah agama yang mengajarkan kebersihan dan keindahan, tidak ada salahnya belajar memasang hijab yang lebih rapi dan membuat yang memakainya nyaman. Namun, jangan sampai keluar dari koridor disyariatkannya pemakaian hijab. Niat memakai hijab haruslah lurus.

Demikianlah beberapa tips terkait cara memakai hijab atau jilbab. Sobat juga bisa terus mengunjungi situs ini untuk mendapatkan referensi belajar memakai hijab lainnya. Kami akan selalu mengupdate informasi bagi sahabat. []

Penulis : Luthfia Shabrina

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Baru Berhijab dan Bingung Cara Memakainya?Mungkin Ini Membantu"

Post a Comment