Place Your Ad Here

7 Keistimewaan Utama Shalat Tahajud

HIJABERSWORLD.COM---Selain ibadah wajib, umat Islam juga menjalankan ibadah-ibadah sunnah untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah. Salah satu ibadah sunnah yang sering dilakukan umat muslim adalah shalat tahajud.

Shalat tahajud termasuk shalat sunnat mu’akad yaitu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan. Shalat tahajud dikerjakan paling sedikit 2 rakaat dan ditutup dengan shalat witir.  Shalat tahajud dilakukan pada malam hari namun waktu yang paling utama adalah pada sepertiga malam.


Muslimah berdoa setelah shalat. Photo : muslimgirl.net


Shalat malam atau shalat tahajud  merupakan bentuk pendekatan diri kepada Allah Swt dan penghapus dosa. Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Umamah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah shalallahu alaihi wasalam bersabda :  " Kerjakanlah sholat malam (sholat tahajud), karena ia merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, dan bentuk pendekatan diri kepada Rabb kalian, penghapus dosa-dosa serta pencegah perbuatan dosa." H.R Tirmidzi (3549) dan Hakim (I/308).

Kenapa kita harus shalat tahajud? Sholat tahajud adalah amalan umat mukmin yang sangat banyak keistimewaannya. Di antara keistimewaan shalat tahajud tersebut adalah sebagai berikut :

Shalat yang paling afdhal setelah shalat 5 waktu
Kewajiban setiap muslim di seluruh dunia adalah mengerjakan shalat 5 waktu. Allah Swt menyukai umat yang selalu mengingatNya baik dalam keadaan senang maupun sedih. Tak ada tempat berbagi atau pun mengadu yang lebih baik selain kepada Allah SWT.

Shalat tahajud menjadi salah satu ibadah yang paling afdhal setelah shalat 5 waktu. Shalat tengah malam memberi kesempatan kepada kita untuk beribadah lebih khusyu’. Waktu tersebut juga sangat tepat untuk memohon ampunan dari Sang Pencipta.

Membawa kita ke tempat yang terpuji
Sebagaimana firman Allah dalam Q.S Al Israa’ ayat 79 : “Dan pada sebagian malam hari bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji” (Q.S. Al Israa’ : 79 ).

Sebagai seorang mukmin, tentunya kita ingin mendapatkan tempat yang terpuji di sisi Allah Swt. Mendapatkan tempat terpuji, tempat terindah disisi Sang Ilahi berarti terbentangnya jalan keselamatan dalam kehidupan di dunia juga akhirat .

Mendapatkan kebaikan dan rahmat dari Allah Swt
Allah berfirman dalam Q.S Adzariyat ayat 15-18 : “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam taman-taman (surga) dan mata air-mata air sambil mengambil apa yang diberikan Tuhan mereka kepada mereka. Sesungguhnyamereka sebelum ini di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.”

Wujud rasa syukur kepada Allah
Shalat tahajud adalah salah satu wujud rasa syukur kita kepada Allah. Sebagaimana yang telah diterangkan di dalam hadist Nabi SAW : “Sungguh Rasulullah Saw berdiri dan shalat hingga kedua telapak kakinya atau kedua betisnya bengkak, maka jawabnya : “Bukankah aku ini seorang hamba yang banyak bersyukur.” (HR. Jam’ah kecuali Imam Abu Daud, yang bersumber dari Al Mughirah bin Syu’bah R.A

Terkabulnya doa
Ketika kamu sedang diuji dengan sebuah masalah atau kamu menginginkan suatu hajat, pernahkan kamu mendengar saran untuk berdoa pada waktu sepertiga malam? Bagi yang belum tahu, berdoa saat sepertiga malam maksudnya adalah setelah melaksanakan shalat tahajud. Sepertiga malam adalah waktu yang paling dianjurkan untuk shalat tahajud karena pada saat itu kemungkinan doa kita dikabulkan lebih besar apabila kita berdoa dengan bersungguh-sungguh.

Dari  Abu Hurairah bahwasannya Nabi bersabda: "Allah turun ke langit dunia setiap malam pada  1/3 malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan!  Siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepada- Ku tentu Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar "(HR. Bukhari no. 145 dan Muslim no. 758 )

Dalam hadis lain Rasulullah  bersabda "Di waktu malam terdapat satu saat dimana Allah akan mengabulkan doa setiap malam.” (HR Muslim No. 757).

Membuat wajah bersinar
Orang yang selalu melaksanakan shalat tahajud akan terlihat bersinar wajahnya. Inilah yang menjadi tanda bahwa seseorang tersebut bertakwa kepada Allah Swt. Tanda-tanda ketakwaan tersebut selalu terlihat oleh orang-orang di sekitar mereka. Hal tersebut bisa jadi pelecut semangat bagi kaum muslimin yang lain untuk selalu melaksanakan shalat tahajud. Shalat tahajud tetap menjaga keimanan seseorang teguh kepada sang Maha Penyayang.

Bermanfaat dalam  Kesehatan
Shalat tahajud ternyata tak hanya dalam meningkatkan ibadah kepada Allah namun  juga bermanfaat bagi kesehatan fisik seperti melancarkan aliran darah di tubuh, membesarkan rongga paru-paru dan membuat fikiran jauh lebih segar serta meningkatkan kekebalan tubuh.

***
Maha Suci Allah, ibadah yang diperintahkan terhadap umat Islam bukan hanya sekedar ibadah untuk menyembahNya saja. Akan tetapi, juga terdapat keistimewaan-keistimewaan yang luar biasa hingga bagi siapa yang mengerjakan dan menyadarinya akan mendapatkan manfaatnya di dunia dan juga di sisi Allah tentunya[]

Penulis : Yefra Desfita Ningsih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 7 Keistimewaan Utama Shalat Tahajud"

Post a Comment