Place Your Ad Here

Hijamah (Bekam) , Terapi Kesehatan Penuh Mujarab Lagi Berpahala

HIJABERSWORLD.COM---Seiring banyaknya jenis penyakit saat ini, banyak pula jenis pengobatan yang ditemukan. Mulai dari pengobatan secara alami sampai pengobatan-pengobatan medis dengan biaya yang sangat mahal. Tapi tak ada yang bisa menjamin setiap jenis pengobatan akan berhasil. Masing-masing jenis pengobatan tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Alat perlengkapan bekam.Photo : alhijamah.com


Pengobatan secara alami mungkin banyak dipilih karena tidak membutuhkan biaya yang banyak, hanya saja hasilnya tentu tidak secepat pengobatan dengan tindakan medis seperti pembedahan dan tindakan medis lainnya. Sebaliknya, meskipun tindakan medis memang hasilnya lebih cepat terlihat, sayangnya tidak semua orang mampu membayar biayanya yang sangat tinggi.

Mari kita lupakan sejenak tentang biaya rumah sakit yang mahal. Tahukah sobat ada suatu jenis pengobatan atau terapi kesehatan yang tidak hanya besar manfaat dan khasiatnya tapi juga mampu memberikan pahala bagi siapa yang melakukannya. Wah, sudah sehat dapat pahala pula, siapa yag tidak mau?

Terapi kesehatan tersebut adalah bekam. Dalam bahasa Arab, bekam di sebut hijamah.  Bekam atau hijamah merupakan teknik pengobatan atau terapi dengan cara membuang darah kotor atau  racun berbahaya dari dalam tubuh melalui permukaan kulit. Mungkin sebagian kita sudah tahu bagaimana cara terapi dengan bekam tersebut. Malahan mungkin sudah ada yang pernah mencoba dan merasakan manfaatnya.

Kenapa terapi atau pengobatan bekam bisa mendatangkan pahala?
Bekam merupakan cara pengobatan yang dianjurkan Rasulullah, sabagaimana beliau bersabda :
Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal, minum madu, pisau hijamah ( bekam) dan dengan besi panas. Dan aku melarang umatku dengan besi panas.” (H.R Bukhari)

Dalam hadis lain Beliau juga bersabda tentang kemujaraban bekam untuk kesehatan :
Sesungguhnya yang paling utama dari apa yang kalian jadikan obat adalah bekam dan ( bekam ) itu termasuk pengobatan yang paling mujarab .“ ( H.R Muslim)

Selanjutnya Rasululullah kembali menegaskan kemujaraban bekam sebagai terapi kesehatan :
Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu,  Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda: “Jika pada sesuatu yang kalian pergunakan untuk berobat itu terdapat kebaikan, maka hal itu adalah bekam.

Ibnu Qayyim yang merupakan salah satu ulama termahsyur dalam dunia Islam juga menyebutkan bahwa bekam adalah pengobatan yang seharusnya paling diutamakan. Menurutnya, bekam bukan hanya dianggap sebagai pengobatan alternatif karena khasiat dan manfaatnya terjamin sebab Rasululullah menjaminnya. Saking utamanya pengobatan dengan cara bekam, Ibnu Qayyim bahkan membandingkan cara pengobatan orang-orang barat ( secara medis) dengan pengobatan bekam.

Beliau  berkata ”bahkan perbandingan metode pengobatan para dokter dengan metode pengobatan Nabawi adalah seperti perbandingan antara metode pengobatan yang dilakukan oleh orang-orang bodoh dengan metode pengobatan para dokter. Hal ini telah diakui oleh para pakar dan tokoh-tokoh kedokteran." (Ath-Thibbun Nabawi, Ibnu Qoyyim al-Jauziyah, hal.11-36)

Sebenarnya apa sih manfaat bekam bagi kesehatan?

Seperti yang kita tahu dan rasakan saat ini, kehidupan dunia semakin membuat kita sibuk. Saking sibuknya kita bahkan tidak punya waktu memilih makanan yang tepat. Makanan cepat saji pun menjadi pilihan.

Makanan cepat saji yang kita konsumsi umumnya mengandung zat pengawet, zat pewarna, zat pengembang, penyedap rasa, pemanis buatan, pertisida sayuran dan banyak zat-zat tidak bersahabat lainnya. Zat-zat tersebut akhirnya akan menimbulkan penumpukan racun yang mengotori darah. Jika darah ini tidak dibersihkan, maka akan timbul berbagai penyakit seperti badan yang lemah dan lesu, pegal, sakit kepala, mata berkunang, lelah dan penyakit lainnya.

Melalui bekamlah darah kotor tersebut dihisap melalui kulit. Kita pasti sering melihat orang yang selesai berbekam akan tampak bekas merah seperti memar pada kulitnya. Jadi bekam bisa melancarkan peredaran darah, meringankan badan, menjaga kolesterol, memulihkan fungsi hati serta meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Nah, apa kamu tertarik untuk mencoba terap sehat ala Rasulullah ini?
Tak hanya sehat, kita juga dapat pahala lho karena melakukan sunnahnya Rasululullah. []

Penulis : Yefra Desfita Ningsih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hijamah (Bekam) , Terapi Kesehatan Penuh Mujarab Lagi Berpahala"

Post a Comment