Place Your Ad Here

Keajaiban Ibadah : Puasa Bermanfaat Lho Untuk Mengobati Penyakit Ini

HIJABERSWORLD.COM---Allah memang sungguh mulia. Ibadah yang diperintahkan bukan hanya semata agar mendapat pahala dan menghapus dosa. Tidak juga bermaksud untuk memberatkan hambaNya, tetapi justru mengandung hikmah  yang luar biasa baik secara jasmani maupun rohani.

Puasa.Photo : blog.lazada.co.id


Salah satu ibadah yang diperintahkan Allah di dalam  agama kita adalah puasa. Sebagaimana firmanNya dalam surat AL-Baqarah ayat 183. Di dalam ayat tersebut Allah bahkan mengatakan bahwa puasa adalah syarat agar seseorang mencapai takwa. Tingkat tertinggi di dalam agama Islam.

Meskipun sudah diwajibkan, masih banyak juga orang-orang yang terkadang tidak mau menjalankan perintah Allah tersebut. Jangankan puasa sunnah, puasa wajib saja terkadang ada-ada saja dalihnya. Alasan yang paling sering jadi kambing hitam untuk tidak melaksanakan puasa adalah alasan kesehatan. Ada yang beralasan tidak bisa telat makan karena maag. Ada juga yang beralasan puasa membuatnya lelah bahkan sakit dan seribu satu alasan lainnya.

Lho, apa memang seperti itu? Kalau seperti itu berarti puasa memberikan mudharat dong? Tidak ada ibadah yang diberikan Allah itu memberikan pengaruh negatif terhadap kesehatan kita.  Sebaliknya, puasa malah sangat bermanfaat bagi kesehatan  baik secara fisik maupun kejiwaan. Berikut buktinya :

Detoksifikasi Untuk Mencegah Berbagai Penyakit
Jika beranggapan puasa membuat seseorang menjadi sakit, itu salah besar. Penelitian-penelitian ilmiah justru telah mengakui bahwa puasa mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satu menfaat kesehatan yang paling menonjol adalah detoksifikasi alami.

Detoksifikasi adalah proses pengeluaran zat-zat beracun dari dalam tubuh. Ketika kita berpuasa tubuh akan melakukan proses detoksifikasi alami secara total dan menyeluruh. Proses detoksifikasi terjadi secara total karena perut kita dalam keadaan kosong, jadi proses detoksifikasi terjadi dengan mudah. Racun-racun dalam tubuh kita bisa keluar melalui keringat, urin dan tinja. Detoksifikasi terjadi pada organ-organ seperti ginjal, usus besar, hati,  paru-paru getah bening dan juga kulit.

Sebagaimana fungsinya, detoksifikasi akan mengembalikan kesegaran darah dan fungsi pembuluh darah dalam tubuh. Jika fungsi pembuluh darah kembali berjalan lancar, maka oksigen yang dibawa darah pun bisa sampai pada organ tubuh lainnya dengan lancar. Singkatnya, puasa memperlancar fungsi organ-organ tubuh kita sehingga kita terhindar dari berbagai penyakit dan menjadikan organ kita befungsi lebih baik.

Kesehatan Jantung
Salah satu organ yang kena manfaat puasa adalah jantung. Kita tentu sudah sering mendengar bahwa penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Dengan puasa kita bisa mengurangi resiko tersebut. Kenapa? Karena berpuasa menyebabkan terjadinya peningkatan HDL dan menurunkan LDL. Dengan demikian jantung bisa bekerja dengan lebih baik.

Mengurangi Kadar Gula Darah
Selain mencegah penyakit jantung. Puasa juga mencegah kita dari penyakit-penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula darah. Kenapa demikian? Karena ketika kita puasa, kita tidak menkonsumsi karbohidrat yang merupakan pemasok gula darah terbesar. Dengan stabilnya gula darah dalam tubuh akan menghindarkan kita dari resiko penyakit-penyakit seperti diabetes dan obesitas.

Menjaga Keseimbangan Kolesterol
Penyakit stroke pun bisa dicegah dengan rajin berpuasa. Ketika berpuasa kita diwajibkan untuk menahan emosi agar tidak mengganggu pahala puasa. Jika kita menjaga emosi berarti kita juga menurunkan kadar hormon adrenalin dalam tubuh. Dengan demikian kolesterol pun terjaga kestabilanya.Itulah sebabnya kenapa puasa bisa mencegah penyakit stroke.

Nah, sekarang kita tidak bisa lagi kan  menjadikan alasan kesehatan untuk tidak menjalankan perintah Allah. Hm,  karena tiap-tiap ibadah ada manfaatnya bagi kesehatan, seharusnya kita semakin termotivasi untuk beribadah. Tingkatkan ibadahnya, tingkatkan kesehatan.
Puasa tidak hanya di bulan Ramadhan tetapi juga bisa dilakukan di bulan lain seperti puasa sunah Senin Kamis dan juga ada puasa sunah lainnya. []

Penulis : Yefra Desfita Ningsih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keajaiban Ibadah : Puasa Bermanfaat Lho Untuk Mengobati Penyakit Ini"

Post a Comment