Place Your Ad Here

Oki Setiana Dewi : Berhijab Ikhlas Karena Allah Bukan Karena Manusia

HIJABERSWORLD.COM----“Jika sesuatu sudah diniatkan ikhlas karena Allah, maka godaan, dan cemoohan apapun akan  mampu terlewati dan digantikan dengan rencana yang jauh lebih indah.” Kalimat tersebut  mungkin bisa menggambarkan bagaimana teguhnya hati Oki Setiana Dewi sewaktu memutuskan  memakai hijab dan beristiqamah dengannya.

Kenapa demikian?
Godaan dan cemoohan apa yang dialami Oki terkait keputusan berhijabnya?

Oki Setiana Dewi.Photo : Instagram/Okisetianadewi


Sebelumnya, kita berkenalan dulu yuk agak sepintas dengan muslimah anggun ini 26 tahun ini. Oki Setiana Dewi adalah salah satu ikon selebritis berhijab di Indonesia. Hampir tidak ada yang tidak mengenal wanita multitalent yang satu ini  sejak perannya sebagai Anna di film Ketika Cinta Bertasbih mulai melejitkan namanya. Bahkan Oki Setiana Dewi sering menjadi panutan yang mampu menginspirasi  para wanita untuk memakai hijab.

Di tengah industri hiburan yang penuh dengan dunia glamour, Oki mampu membuktikan bahwa bahwa wanita berhijab juga mampu berprestasi. Hal ini dibuktikan Oki dengan penghargaan yang didapatnya sebagai pendatang wanita terbaik dan terfavorit di ajang penghargaan bergengsi Indonesian Movie Award pada tahun 2010.

Tak berhenti di situ saja, kiprah Oki di dunia entertainment terus berlanjut dengan berbagai serial  televisi yang dibintanginya. Sampai sekarang pun karier Oki di dunia entertainment semakin bersinar. Saat ini Oki mengisi beberapa acara sebagai penceramah atau uztazah sekaligus presenter di acara Curahan Hati Perempuan.

Terjunnya Oki  Setiana Dewi ke dunia entertainment bukanlah kebetulan semata. Dari kecil Oki sudah bermimpi ingin jadi artis apalagi didukung wajahnya yang cantik dan tubuhnya yang tinggi langsing. Sebagai seorang gadis remaja, Oki tentu ingin tampil cantik. Bahkan, untuk penunjang penampilannya dulu Oki sering memakai pakaian mini.

Saya waktu kecil dulu suka mengenakan pakaian mini agar kelihatan cantik,” kata Oki di salah satu talkshow peluncuran buku Melukis Pelangi yang ditulisnya.

Mimpi Oki untuk menjadi artis sewaktu kecil mungkin sangat berbeda dengan apa yang terjadi saat ini. Sebagaimana layaknya anak kecil yang dulu disuguhkan dengan penampilan-penampilan wanita cantik, putih dan berambut indah, seperti itu pulalah yang Oki impikan. Tapi Allah kehendak Allah berbeda. Allah memberi hidayah dengan cara yang tidak disangka-sangka.

Demi mengejar mimpi menjadi artis, pada tahun 2005 Oki memutuskan untuk meninggalkan kampung halamannya, Batam. Oki pergi ke Jakarta dengan harapan Jakarta akan memudahkan mimpinya untuk menjadi artis.

Di Jakarta Oki mulai mencoba ikut casting sana-sini. Namun Allah punya rencana lain. Allah menguji Oki sampai titik terendah. Ibunda Oki divonis mempunyai sejenis penyakit syaraf kulit yang kronis. Dokter bahkan sempat putus asa untuk menyembuhkan sang Ibu.

Anak mana yang mau ditinggal sang Ibu. Bahkan seandainya bisa, nyawa sekalipun rela dikorbankan. Hal itu membuat Oki sadar betapa selama ini ia jauh dari Allah. Oki sadar, bahwa hanya Allah tempatnya boleh meminta.

Hatinya pun bergetar untuk memulai berhijab agar lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Oki sadar doa orang yang sudah beriman pun belum tentu dikabulkan, apalagi doa  orang yang masih melakukan dosa. Bagaimana mungkin dia meminta kesembuhan kepada Allah sedang ia tak mendekat padaNya.Saat itulah Oki memutuskan untuk berhijab.

Begitulah titik balik berhijabnya wanita muslimah yang murah senyum ini. Namun semua belum selesai sampai di situ saja. Saat Oki memutuskan berhijab tak sedikit cemooh yang didapatnya. Dia dianggap tak pantas tapi Oki menyikapinya dengan bijak.  Mudah-mudahan dengan berhijab dia bisa lebih baik, begitulah harapannya.

Tak sebatas hujatan dan cemoohan, godaan mengiurkan pun diujikan untuk pendirian Oki. Salah seorang produser menawarinya sebuah peran asalkan Oki mau melepas hijabnya.  Tidak, Oki memakai hijab ikhlas karena Allah, bukan karena manusia. Oki tetap istiqamah dengan hijabnya meskipun di cemooh, dan dipojokkan oleh banyak orang serta kehilangan pekerjaannya.

Siapa yang bisa menandingi skenario Allah. Niat baik akan berbuah baik. Begitulah hukum alam dan begitu pula Allah menjanjikan. Kukuh mempertahankan hijabnya, Oki justru ditawarkan ikut casting Ketika Cinta Bertasbih dan sukses mendapatkan peran utama di dalamnya. Sebuah peran yang menggambarkan pesona muslimah sejati.

Subhanallah, bukankah rencana Allah indah selagi kita selalu ikhlas beribadah padaNya. Keistiqamahannya nya jugalah yang membawanya sukses dan mendapatkan tempat di hati masyarakat saat ini.
Ketika kita melakukan sesuatu karena Allah, maka Allah akan membalasnya dengan skenario yang sangat indah.
Sangat menginsprirasi bukan? []

Penulis : Yefra Desfita Ningsih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Oki Setiana Dewi : Berhijab Ikhlas Karena Allah Bukan Karena Manusia"

Post a Comment