Place Your Ad Here

True Beauty : Membangun Kembali Kecantikan Dari Dalam

HIJABERSWORLD.COM---Menjadi cantik adalah dambaan semua wanita. Banyak hal yang dilakukan para wanita demi tampil cantik mulai dari cara sederhana sampai cara –cara yang menghabiskan banyak uang seperti operasi plastik dan perawatan kecantikan lainnya.


Muslimah. Photo : maroccanwriters.com


Tak ada yang salah dengan keinginan tampil cantik. Tak hanya manusia, Sang Pencipta pun menyukai keindahan. Jadi berusaha tampil cantik adalah hal yang wajar  dan bahkan sangat dianjurkan dalam agama kita.

Sayangnya, terkadang kita lupa hahikat kecantikan sebenarnya. Dalam Islam kecantikan tidak hanya terbatas pada tampilan fisik atau luarnya saja. Cantik dalam Islam lebih mengutamakan kecantikan hati.

Banyak yang mempunyai wajah cantik, tapi belum tentu mempunyai hati cantik. Sedangkan jika seorang wanita sudah mempunyai hati yang benar-benar bersih, maka sinar kecantikan akan memancar di wajahnya meskipun ia berkulit gelap sekalipun. Sinar ketakwaannyalah yang memberikan aura cantik pada wajahnya.

Nah, karena cantik tak hanya mengandalkan fisik, lalu bagaimana supaya kita bisa menjadi muslimah yang cantik luar dalam? Bangun kembali kecantikan dari dalam diri. Mungkin selama ini kita hanya terfokus pada kecantikan luar (ragawi). Sementara, kecantikan dalam (rohani) sering diabaikan padahal inilah kunci kecantikan sejati.

Memakai Hijab
Seperti yang telah sama-sama kita ketahui, berhijab adalah salah satu kewajiban seorang muslimah. Allah dengan tegas telah memerintahkan kita sebagai wanita untuk memakai hijab dalam firmannya Q.S Al-Ahzab ayat 59. Meski demikian, belum semua wanita mau menjalankan perintah Allah tersebut. Berhijab adalah syarat menjadi wanita muslimah yang cantik luar dalam. Padahal  dalam ayat tersebut Allah juga menyatakan hikmah berhijab.

Laksanakan Perintah Allah
Sobat tentunya tahu  bahwa hijab sebagai identitas seorang muslimah. Namun, menjadi muslimah tak cukup hanya dengan memakai hijab saja. Sebagai seorang muslimah yang sebenarnya, tentunya kita harus menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi segala larangannya agar bisa menjadi hamba Allah yang bertakwa. Banyak hal yang tidak dilakukan orang lain tetapi harus kita lakukan. Sebaliknya banyak hal yang dilakukan oleh orang lain tapi tidak boleh kita lakukan seperti bergaul bebas dengan lawan jenis. Jadi sebagai seorang muslimah kita harus melaksanakan ibadah baik yang wajib maupun sunnah.

Memperbaiki Akhlak
Untuk menjadi cantik, kamu harus mempunyai akhlak yang bagus baik itu akhlak kepada Allah maupun akhlak kepada sesama manusia. Sebagai seorang muslimah kita harus pandai menempatkan diri di dalam pergaulan. Menjadi seorang wanita muslimah haruslah santun, lemah lembut dan bijaksana. Milikilah hati yang selalu ingat dan bersyukur kepada Allah dan jadilah seorang muslimah yang bermanfaat bagi orang lain.

Perluas Wawasan
Cantik saja tidak cukup. Sebagai seorang muslimah kita harus punya wawasan yang luas terutama masalah agama. Hal ini akan membuat kita mudah melebur bersama masyarakat. Mempeluas wawasan bisa dilakukan dengan banyak belajar dan membaca.

Kita harus menambah wawasan setiap hari karena seorang wanita kelak akan menjadi seorang ibu. Seorang muslimah harus bisa menjadi sosok seorang ibu yang cerdas. Bisa mendidik dan menjadi teladan bagi anak-anaknya kelak.

Akan tetapi, dengan ilmu dan wawasan yang dimiliki tetap tidak boleh merasa sombong dan tinggi hati. Justru kita harus bersemangat untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Al-Quran adalah bacaan yang harus jadi bacaan wajib kita. Selain berpahala, Al-Quran akan memberikan kita wawasan tentang hukum Islam, ibadah, muamalah, sejarah, akhlak dan sebagainya. 

Nah, itulah langkah-langkah membangun kecantikan dari dalam diri untuk menjemput cantik luar dalam. Sebagai seorang muslimah kita harus menjalani hal-hal tersebut. Sebagai orang yang beragama Islam, kita tidak boleh terfokus dengan cantik fisik. Raga ini hanyalah titipan sementara dari Allah.

Kecantikan hati jauh lebih penting dan akan memancarkan kecantikan alami muslimah sebenarnya. Bila kecantikan dari dalam sudah dimiliki, maka dengan sendirinya kecantikan itu akan memantul pada  fisik kita []

Penulis : Yefra Desfita Ningsih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "True Beauty : Membangun Kembali Kecantikan Dari Dalam "

Post a Comment