Place Your Ad Here

7 Langkah Berhijab Rapi Bagi Wanita Bekerja dan Profesional

HIJABERSWORLD.COM---Kita patut bersyukur karena berhijab sekarang tidak lagi dibatasi untuk pekerja wanita. Tahukah kamu? Dahulu, banyak lembaga-lembaga atau perusahaan-perusahaan yang tidak mengizinkan karyawannya untuk memakai hijab. Terbayangkan betapa dahulu para wanita dibuat galau memilih antara pekerjaan atau mempertahankan hijab. Tergiur oleh pekerjaan yang menjanjikan, tidak sedikit para wanita akhirnya malah merelakan hijab mereka.

Muslimah pekerja kantoran. Photo : Outfittrends.com


Bertolak belakang dengan zaman dahulu, sekarang banyak instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta yang tidak hanya memperbolehkan pekerja wanitanya memakai hijab tetapi ada juga yang mewajibkan pekerja wanitanya yang beragama Islam untuk memakai hijab. Hal ini tentu merupakan berita bagus untuk para muslimah. Mereka tidak lagi harus mengorbankan hijab demi mendapatkan pekerjaan.

Sebagaimana diketahui, di dalam dunia kerja apalagi bagi yang bekerja di kantor, penampilan merupakan hal yang harus diperhatikan. Wanita muslimah berhijab pun tetap bisa tampil rapi dan menarik dengan hijabnya asal kita berpandai-pandai memilih hijab yang cocok digunakan saat bekerja. Berikut tips memilih hijab bagi wanita bekerja :

Sesuaikan dengan warna baju
Meskipun katanya “tabrak lari” sedang musim, untuk bekerja yang paling utama tetaplah kerapian. Apalagi bagi kamu yang bekerja di lingkungan formal seperti sekolah, kantor pemerintahan atau perusahaan swasta.

Biasanya kita menggunakan stelan blezer dengan celana panjang maupun dengan rok. Agar terkesan rapi pilihlah hijab berwarna senada atau setidaknya cocok dengan stelan yang kita pakai. Pemilihan warna yang perbedaannya terlalu mencolok akan mengurangi kesan rapi dan elegan kita sebagai seorang pekerja yang profesional.

Sesuaikan dengan bentuk wajah
Masing-masing kita mempunyai bentuk wajah yang berbeda-beda. Ada yang mempunyai wajah bulat, lonjong, segitiga dan ada pula yang berbentuk kotak. Nah, sesuaikanlah hijab dan modelnya agar tetap terlihat manis di wajah kita.

Memilih warna yang  netral ( tidak mencolok)
Jangan memilih dan memakai hijab dengan warna yang mencolok. Warna yang mencolok memberikan kesan menarik perhatian dan tidak rapi. Untuk bekerja kita sebaiknya memilih hijab dengan warna-warna yang netral seperti putih, coklat, abu-abu dan hitam.

Memilih bahan yang tidak panas 
Kesibukan bekerja terkadang membuat kita berkeringat. Oleh sebab itu, pilihlah bahan jilbab yang tidak panas dan bisa menyerap keringat. Dengan demikian kita tetap nyaman memakainya saat bekerja. Salah satu bahan hijab yang bisa menyerap keringat adalah katun.

Model simpel
Kesan rapi tidak akan terlihat jika kita berdandan ribet.  Hal itu juga berlaku untuk hijab. Banyaknya tutorial-tutorial memakai hijab dengan berbagai model,  membuat kita terkadang setiap harinya ingin bereksperimen dengan berganti-ganti gaya pasang hijab. Gayanya pun ribet-ribet.

Jilbab yang ribet ini biasanya akan meribetkan penggunanya juga. Kita juga akan ribet saat membuka dan memasangnya lagi setelah sholat. Jadi pakailah hijab dengan gaya yang simpel saja. Gaya hijab simpel membuatmu terlihat lebih elegan dan rapi saat bekerja.

Gaya hijab yang konsisten
Kekonsistenan seseorang dalam penampilan terkadang juga bisa menunjukkan kesonsistenannya dalam kehidupan. Termasuk dalam dunia pekerjaan, gaya hijab akan  menumbuhkan kesan  kalau kamu adalah seorang yang konsisten dalam bekerja. Jadi tidak perlu meribetkan diri gonta-ganti gaya hijab ke kantor setiap harinya.

Meskipun maksudmu adalah agar terlihat modis dan tidak bosan setiap hari dengan gaya yang itu-itu saja, ini malah membuatmu terlihat seperti orang yang tidak konsisten. Kalau pun memang kamu ingin mencoba model-model hijab lain lakukanlah untuk kegiatan-kegiatan selain bekerja seperti jalan-jalan, kumpul sama teman, ke pesta atau acara-acara lainnya.

Pilih hijab polos atau motif yang tidak terlalu ramai
Untuk bekerja, kita lebih disarankan untuk memilih hijab yang polos saja dan jangan memilih hijab dengan motif yang sangat ramai karena akan mengurangi sisi eleganmu.  Hijab polos membuat penampilan kita terlihat lebih elegan dan “pintar”.

Memakai asesoris yang simpel
Ketika kita memakai hijab  kita biasanya juga memakai assesoris untuk mempermanis penampilan. Ibaratnya assesoris itu seperti pita atau bando pada rambut. Pilihlah assesoris yang simpel saja. Pemilihan assesoris yang kecil dan simpel akan lebih manis dan elegan dilihat. Jadi jangan gunakan assesoris secara berlebihan karena kita akan terlihat norak dengan semua itu.

Nah, itulah tips-tips memilih hijab bagi wanita bekerja. Poin penting dari hijab untuk wanita bekerja adalah rapi dan sopan. Karena penampilan rapi akan menunjukkan kalau kita sungguh-sungguh dalam bekerja dan kita juga terlihat profesional. Kerapian seseorang bisa juga menunjukkan kerapiannya dalam bekerja. []

Penulis : "1" Ichie


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Langkah Berhijab Rapi Bagi Wanita Bekerja dan Profesional "

Post a Comment