Place Your Ad Here

Ini Herbal Yang Digunakan Rasulullah Sebagai Terapi Kesehatan

HIJABERSWORLD.COM---Penyakit merupakan salah satu ujian yang Allah berikan kepada umatnya. Allah akan menilai  kita dari bagaimana kita memberi respon terhadap penyakit yang Allah berikan. Sebagian dari kita mungkin akan bersabar dan menganggap rasa sakit adalah nikmat. Namun tak sedikt juga dri kita yang mengeluh apalagi jika penyakit yang kita derita sangat parah dan tak kunjung sembuh.

Jinten Hitam, salah satu herbal yang digunakan Rasulullah.Photo via okezone.com


Kesehatan itu mahal, begitu  banyak orang bilang. Ya, kesehatan memang mahal, ketika kita sakit kita melakukan berbagai hal untuk kesembuhan. Berbagai cara dicoba agar penyakit tersebut bisa hilang. Ada yang menghabiskan ratusan juta dengan tindakan medis, bahkan sampai berobat ke luar negeri. Ada pula yang saking putus asanya khilaf dengan  menggantungkan kesembuhan pada cara-cara mistik.

Tidak ada yang salah dengan keinginan sembuh dari penyakit. Pastinya kita semua ingin selalu sehat agar bisa melakukan segala kegiatan dan beribadah dengan baik. Namun jangan sampai hal itu menjerumuskan kita kepada hal-hal yang bisa mendekatkan kita kepada syirik.

Kenapa kita harus meminta pertolongan pada dukun-dukun sedangkan Rasul kita punya cara-cara pengobatan yang alami. Alam menyediakan kita bahan-bahan alami yang bisa menyembuhkan kita dari penyakit. Begitulah yang Rasul kita lakukan. Apa-apa sajakah bahan herbal yang digunakan Nabi sebagai obat tersebut?

Pertama, Madu
Madu merupakan salah satu bahan herbal yang sering digunakan Rasulullah untuk pengobatan.
Sebagaimana sabda Rasulullah :
 “ Kesembuhan itu ada pada tiga hal yaitu pisau bekam, minum madu dan dengan besi panas, 
dan Aku melarang umatku  melakukan pengobatan dengan besi panas.” (HR. Bukhari no. 5681)

Diantara manfaat madu bagi kesehatan adalah :
-Menghambat pertumbuhan bakteri yang merugikan bagi tubuh seperti bakteri helicobacter pylori, yang dapat menyebabkan tukak pada lambung.
-Memperbaiki dan melindungi sistem pencernaan sehingga kita terhindar dari penyakit diare dan sembelit.
-Membantu penyerapan kalsium.
-Sebagai antioksidan
-Mengobati luka

Dahulu, Rasulullah juga sering meminum air dingin yang dicampur madu pada pagi hari untuk kesehatan usus beliau.Tidak hanya Rasulullah saja, Allah pun ternyata sebelumnya di dalam Al-Quran telah menyebutkan tentang khasiat madu sebagaimana firmanNya dalam surat An-Nahl ayat 69 yang berbunyi :

Dari perut lebah itu keluar minuman(madu) yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.

Kedua, Jinten Hitam (Habbatussauda)
Bahan herbal lain yang ternyata juga merupakan obat pada zaman Rasulullah adalah jinten hitam. Rasulullah bahkan menyatakan bahwa jinten adalah penyembuh dari segala macam penyakit, kecuali kematian. Hal ini di jelaskan Rasulullah dalam sabdanya :

Sesungguhnya di dalam habbatus sauda (jinten hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit kecuali kematian.” (HR. Bukhari no. 5688 dan Muslim no. 2215, ini lafazhnya Muslim,
dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Diantara manfaat jinten hitam bagi kesehatan adalah:
-Menguatkan sistem kekebalan tubuh. Jinten hitam dapat mencegah penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperyti HIV AIDS.
-Meningkatkan daya ingat karena jinten hitam mengandung omega-3  dan omega-6 yang bisa menutrisi otak.
-Mengobati sakit diare, pusing serta gangguan pernapasan karena jinten hitam bisa menetralkan racun dalam tubuh yang bisa mengakibatkan gangguan metabolisme.
-Memberbaiki saluran pencernaan dengan kandungan minyak atsiri dan volatifnya sehingga bisa mengobati diare.
-Mengobati tumor. Hal ini disebabkan karena jinten hitam bisa merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan, inferonnya juga  menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibody.

Ketiga, Air Zam-Zam
Tentu tidak mengejutkan lagi bagi kita bahwa air zam-zam yang sering menjadi oleh-oleh dari tanah suci ini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Rasulullah juga telah menyebutkan di dalam sabdanya yang berbunyi :

 ”Air zam-zam itu penuh berkah.  Ia makanan yang mengeyangkan (dan obat bagi penyakit).” (HR. Muslim )

Diantara manfaat air zamzam sabagai obat adalah
-Mengobati luka karena air zam-zam berperan dalam proses pembekuan darah
-Menurunkan tekanan darah
-Mengikat kolesterol
-Mengatasi kelelahan karena mineral yang terkandung di dalamnya
-Mengurangi stress
-Sebagai amtimikroba karena air zam-zam mengandung fluoridanya.

Keempat, Minyak zaitun
Minyak zaitun ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kecantikan, tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan telah dijadikan oleh Rasulullah sebagai obat pada zamannya.
Rasulullah bersabda :

Makanlah oleh kalian minyak (zaitun) dan poleskan dengannya, karena sesungguhnya minyak (zaitun) itu dari pohon yang diberkahi.” (HR. Ahmad)

Diantara manfaat minyak zaitun sebagai obat adalah :
-Mencegah dan mengobati sakit jantung karena minyak zaitun bisa mengurangi kandungan kolesterol yang berbahaya.
-Mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah
-Obat berbagai penyakit kanker seperti  kanker payudara dan kanker rahim

Nah, itulah beberapa bahan herbal alami yang dijadikan obat oleh Rasulullah. Rasullah adalah rahmat bagi sekalian alam. Amalan-amalannya, sunnahnya merupakan jalan bagi keselamatan umatnya. Kenapa kita malah tidak terfikir untuk mencoba pengobatan ala Rasulullah kita? []

Penulis : Yefra Desfita Ningsih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Herbal Yang Digunakan Rasulullah Sebagai Terapi Kesehatan"

Post a Comment