Place Your Ad Here

Inilah Alasan Kenapa Turki Wajib Masuk List Untuk Wisata Religi Sahabat

HIJABERSWORLD.COM---Traveling adalah salah satu hobi yang saat ini paling banyak diminati olah masyarakat.  Bahkan mengunjungi tempat-tempat di berbagai negara menjadi salah satu target yang ingin dicapai seseorang dalam hidupnya. Untuk mewujudkan hal itu, seseorang memang harus  menyiapkan budget khusus.

Banyak wisata yang bisa menjadi tujuan di luar negeri. Namun, bagi seorang muslim yang ingin melakukan wisata religi, Turki adalah suatu negara yang wajib ada di list destinasi. Mengapa demikian?

Wisata sekaligus belajar peradaban Islam
Bagi yang mempunyai passion terhadap sejarah Islam, berwisata ke Turki pasti akan menjadi suatu hal yang menyenangkan sekaligus menambah wawasan. Sebagaimana yang  diketahui, Turki merupakan salah satu negara yang terkenal dengan sejarah peradaban Islamnya.

Salah satu arsitektur klasik Islam di Turki. Photo via planetware.com


Di Istanbul yang merupakan salah satu kota paling terkenal di Turki, dulunya merupakan pusat kerajaan Turki Usmani. Sebuah kerajaan Islam terbesar sepanjang sejarah. Pasti sangat luar biasa belajar sejarah langsung di pusatnya.

Negara 1000 mesjid
Selain karena sejarahnya, keistimewaan Turki sabagai destinasi wisata muslim selanjutnya adalah keindahan mesjid-mesjidnya. Mesjid-mesjid di Turki memang terkenal dengan seni arsitekturnya yang unik dan menarik.

Blue Mosque. Photo via secondglobe.com


Di samping itu, beberapa mesjid di Turki sebelumnya merupakan gereja sebelum kejayaan Islam. Karena itulah desain bangunannya merupakan campuran arsitektur barat dan timur tengah. Tidak heran jika di berbagai mesjid kita melihat ada unsur-unsur gereja yang masih tersisa. Mesjid-mesjid paling terkenal di Turki diantaranya adalah Blue Mosque, Sokullu Mehmet Paşa Mosque, Bayezid II Mosque dan Ortaköy Mosque. Kamu mungkin akan dibuat takjub dengan arsitektur mesjid yang ada.

Peninggalan sejarah
Wisata sejarah tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat-tempat peninggalan sejarah yang merupakan saksi bisu kejadian masa lalu. Di Turki banyak tempat-tempat peninggalan sejarah  yang bisa kita kunjungi. Salah satu peninggalan sejarah yang paling terkenal dan wajib dikunjungi di Turki adalah Hagia Sophia. Jika menara Eifel adalah ikonnya kota Paris, maka Hagia Sophia adalah ikonnya  kota Istambul.

Museum Hagia Sophia pada awalnya adalah sebuah gereja. Setelah Bizantium hancur dan digantikan oleh kekuasaa Turki Usmani, gereja tersebut di modifikasi dan  dialih fungsikan menjadi mesjid. Saat ini Hagia Sophia dijadikan museum. Di sana kita bisa  melihat kaligrafi Islam berdampingan dengan lukisan-lukisan Kristen.

Topkapi Palace.Photo via instanbultouristpass.com


Selain Hagia Sophia, tempat bersejarah yang bisa kita kunjungi selanjutnya adalah Topkapi Palace. Istana ini berlokasi tidak jauh dari Sultan Ahmet Square. Dibangun pada tahun 1478, Topkapi Palace merupakan tempat kediaman sultan pada dinasti Ottoman. Di sini kamu bisa mempelajari sejarah peninggalan kekuasaan Islam yang ada di Turki. Selain itu kita juga bisa melihat peninggalan-peninggalan Rasulullah, tongkat nabi Musa, Pedang Nabi Daud serta peningggalan Islam lainnya. Nah, menarik bukan?

Makanan halal
Ketika berwisata ke luar negeri, urusan makanan seringkali menjadi hal yang membuat kita ribet, apalagi di negara-negara Eropa yang mayoritas agamannya Kristen. Sebagai umat Islam yang mempunyai batasan-batasan terhadap makanan yang halal dimakan, kita akan kesulitan menemukan makanan yang “dijamin” halal. Nah, kalau di Turki yang mayoritas penduduknya Islam, masalah makanan tidak perlu lagi menjadi hal yang dikhawatirkan karena di Turki hampir semua makanannya halal.

Travelling harusnya tidak sekedar datang dan berkunjung ke suatu daerah lalu mengambil foto sebanyak-banyaknya. Hobi berwisata akan lebih baik jika ada manfaatnya. Berwisata seharusnya bisa menambah wawasan kita terhadap negara-negara lain, baik itu budaya, maupun sejarahnya.

Bagi kita yang beragama muslim, betapa baiknya jika kegiatan wisata juga bermanfaat untuk mempertebal keimanan serta rasa syukur epada Sang Pencipta. Nah, bagaimana? siap mau liburan ke Turki? Selamat travelling ya Sob :-) []

Penulis : "1" Ichie

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Alasan Kenapa Turki Wajib Masuk List Untuk Wisata Religi Sahabat"

Post a Comment