Place Your Ad Here

Laudya Cintya Bella : Dulu Senang, Sekarang Tenang dengan Hijab

HIJABERSWORLD.COM---“Untuk mendapatkan kenikmatan hidup, yang kita butuhkan bukan hanya kesenangan tapi yang terpenting adalah ketenangan.” Sebagaimana diketahui, umumnya sebagian besar orang dalam hidupnya berorientasi kesenangan bukan mencari ketenangan. Kesenangan dan ketenangan, berbedakah keduanya? Yap, tentu saja.

Banyak yang bisa menimbulkan kesenangan di dunia ini, entah itu perbuatan yang positif, bahkan perbuatan negatif sekali pun. Namun, semua yang memberikan kesenangan belum tentu benar-benar bisa mendatangkan ketenangan bagi diri. Inilah pelajaran yang bisa dipetik dari kisah salah satu selebritis Indonesia yang namanya kembali naik setelah berhijab, Laudya Cintya Bella.

Tiba-tiba berhijab
Keputusan Bella untuk memakai hijab mungkin terdengar tiba-tiba. Apalagi sebelum-sebelumnya Bella masih sering tampil dengan pakaian yang masih terbuka. Memang, keputusan berhijab bagi seorang selebritis bukanlah hal yang mudah diputuskan.

Job yang semakin berkurang, pergaulan yang menjadi terbatas, kreativitas yang menjadi terhambat  dan sebagainya. Hal tersebut seringkali menjadi alasan mereka untuk menunda berhijab. Sehingga saat seorang selebriti memutuskan berhijab, akan banyak sekali pertanyaan yang muncul terkait alasan mereka berhijab.

Laudya Cintya Bella berhijab.Photo : Instagram/laudyacintyabella


Pertanyaan-pertanyaan tersebut sebenarnya beralasan, sebab sekarang banyak artis yang suka bongkar-pasang hijabnya. Dari sinilah akhirnya terungkap alasan berhijab seorang wanita. Terkadang hanya karena perintah suami dan syarat agar dinikahi sehingga tak heran setelah cerai buka hijab lagi. Naudzubillah. Itulah akibat dari segala sesuatu yang  tidak dilakukan karena niat dari hati.

Bagaimana dengan Bella? Hingga saat artikel ini ditulis, Bella belum menikah dan belum akan menikah. Jadi memakai hijab buat Bella bukan karena tuntutan suami ataupun karena orang lain. Bella memutuskan berhijab karena memang itulah keyakinan yang dipegangnya. Keyakinan  itu semakin kuat setelah Bella pulang dari umrah untuk ke empat kalinya. Apakah semudah itu?

Takut statementnya jadi bumerang
Tidak mudah memantapkan diri untuk penampilan sekarang” ucap Bella dalam salah satu Talk show di salah satu stasiun TV swasta. Apa yang membuat Bella takut? Apakah Bella takut rezekinya berkurang?

Ternyata bukan itu yang ditakutkan Bella. Masalah rezeki dari sebelum berhijabpun Bella sudah yakin kalau itu adalah urusan Allah dan tidak akan pernah tertukar. Sebagaimana yang dikatakannya : “Aku percaya mau pakai hijab atau enggak, insyaallah kalau rezeki sudah ditetapkan buat aku.

Ternyata yang ditakutkan Bella adalah bagaimana cara menjawab pertanyaan dari orang-orang setelah melihat perubahan drastis penampilannya. Tak mudah memberi penjelasan terhadap sesuatu yang berhubungan dengan keyakinan.

Bella sadar akan banyak yang mencibir dan bahkan mencemooh keputusannya yang mungkin hanya dianggap sebagai cara mencari popularitas. Apalagi sebelum berhijab Bella memang bermain dalam film”Assalamu’alaikum Beijing” yang mengharuskannya memakai hijab. Banyak dipuji karena keanggunannya berhijab di film tersebut membuat Bella takut orang-orang mengira dia berhijab hanya karena dipuji. Padahal keputusannya berhijab benar dari hati.

Sebenarnya dari dulupun Bella memang sudah bernazar untuk memakai hijab,  setelah berkeluarga dan punya anak. Namun siapa sangka Allah memberikan hidayah agar Bella melaksanakan nazarnya lebih awal dan ternyata keputusannya didukung oleh para penggemar dan terutama keluarganya.

 “Sempat takut keluar rumah karena tidak siap menjawab pertanyaan” ujarnya.  Sambil menangis Bella mengutarakan isi hatinya “ Jujur aku berat ngomong ini, ini urusan keyakinan aku, statement aku bisa jadi bumerang. Kenapa aku nggak langsung ngomong karena aku mau nguatin hati dulu. Jujur tadi pas lihat wartawan aku panik. Aku nggak tau haru bilang apa.” imbuh Bella.

Tak hanya itu, Bella pun sempat ditimpa berbagi isu tidak sedap seperti dinilai berhijab saja tetapi sikapnya belum menggambarkan muslimah, tidak menjaga jarak dengan laki-laki dan sebagainya.
Lalu apa yang membuat Bella yakin berhijab?

Dulu senang, sekarang tenang
Semasa hidupnya, Bela memang senang. Dia mendapatkan apa yang ia mau dan ia melakukan apa yang ia suka untuk mendapatkan kesenangan dalam hidupnya. Bella mendapatkan nama besar yang cukup diperhitungkan di dunia entertainment. Bella mempunyai keluarga yang lengkap. Bella mempunya harta yang lebih dari cukup hasil dari pekerjaannya di dunia peran maupun musik bersama BBB.

Bella bisa melakukan berbagai hal dengan semua yang dipunya. Namun, Bella tidak mendapatkan ketenangan. Seolah ada bagian dari hidupnya yang kurang yang tidak didapatkannya dari kesenangan hidupya. Bella merasa ada kebahagiaan yang kurang di dalam batinnya.

Pada saat umrah, Allah memberi hidayah pada Bella. Saat mendekatkan diri kepada Allah di saat umrah, Bella merasa tenang. Ketenangan itulah yang dia cari. Ketenangan saat dekat dengan agama. Untuk lebih mendekatkan diri dengan Allah maka Bella melakukan hal yang memang seharusnya menjadi kewajiban seorang muslimah yaitu memakai hijab.

Apa yang dirasakan Bella setelah berhijab?
Bella merasa menemukan ketenangan yang selama ini dicarinya. Bella merasa hidupnya lebih tenteram.
Aku dulu mungkin senang, tapi aku belum mendapat ketenangan. Kalau sekarang aku merasa nikmat banget hidup, merasa lebih aman kalau jalan, pakai hijab insyaalllah aman." kata Bella dalam sebuah kesempatan.

Semakin bersinar setelah berhijab
Apakah setelah berhijab kreativitas Bella menjadi berkurang? Apakah setelah berhijab job Bella berkurang? Apakah setelah berhijab sinar bintang Bella meredup?Tidak.

Allah itu Maha Adil. Mereka yang belum terlalu mendekatkan diri saja Allah limpahkan berkah yang banyak, apalagi bagi seseorang yang berusaha untuk lebih mendekatkan diri. Begitu juga dengan Bella. Beberapa waktu lalu Bella tidak terlalu berkiprah di dunia entertainment, setelah berhijab Bella dibanjiri banyak tawaran. Berhijab membawa berkah dan rezeki tersendiri buat Bella.

Sunsilk dan Zoya langsung mendaulatnya untuk menjadi Brand Ambassador. Tawaran main film religi pun menghampirinya dan bahkan ia mendapatkan anugerah pemeran utama wanita terbaik untuk peran tersebut di Festival Film Bandung. Bella sontak menjadi selebriti berhijab yang sangat diidolakan berbagai kalangan. Apakah Bella senang? Ya, Bella senang. Tapi senang hanyalah bonus, yang paling penting bagi Bella adalah ketenangan hidup.

Manusia, harta dan nama bisa memberikan kita kesenangan, tapi ketenangan sejati hanya Allah yang bisa memberikan. Ketenangan batin akan didapatkan saat jiwa kita terpaut pada Allah. Saat kita ikhlas melakukan sesuatu untuk Allah. Sesungguhnya ketenangan hanya bisa diberikan oleh Allah pada hambaNya yang senantiasa mendekatkan diri. Selamat ya Bella, semoga istiqomah selalu dan menginspirasi muslimah lainnya untuk berhijab. []

Penulis : Yefra Desfita Ningsih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Laudya Cintya Bella : Dulu Senang, Sekarang Tenang dengan Hijab"

Post a Comment