Place Your Ad Here

Zaskia Adya Mecca : “TERJEBAK KE JALAN YANG BENAR”

HIJABERSWORLD.COM--- “Hidayah bisa datang dengan cara yang tidak disangka-sangka” mungkin itulah kalimat yang paling cocok untuk menggambarkan awal berhijabnya Zaskia Adya Mecca.

Sobat kenal Zaskia bukan? Jika kita berbicara tentang hijab di kalangan selebritis, nama Zaskia atau yang lebih akrab dipanggil Bia ini mungkin adalah nama yang akan disebut pertama kali. Zaskia bisa dianggap sebagai salah satu pelopor trendnya hijab dikalangan selebritis. Zaskia berani memutuskan untuk berhijab di saat hijab di kalangan selebritis masih dianggap asing.

Zaskia Adya Mecca berhijab. Photo : Instagram/zaskiaadyamecca


Apakah sobat tahu bagaimana Zaskia mendapatkan hidayah berhijabnya? Pemeran Noura dalam film fenomemal Ayat-Ayat Cinta ini menyatakan pernyataan mengejutkan perihal kisah berhijabnya. Wanita cantik yang juga merupakan isteri salah satu sutradara kenamaan, Hanung Bramantyo, ini menyatakan bahwa ia berhijab karena “terjebak”.

Bukankah kata “terjebak” ini sedikit kontroversi? Yup, mungkin terdengarnya memang agak seperti itu. Bukankah jebakan membawa kita pada sesuatu yang buruk dan merugikan? Bagaimana mungkin melakukan kebaikan dan kewajiban agama adalah sebuah jebakan? Bukankah Hijab adalah kewajiban muslimah.

Kisah berhijab Zaskia yang juga difilmkannya melalui film ”hijab” ini memang pernah mendapatkan kritikan pedas dari segelintir orang dan memimbulkan kontroversi terkait kata-kata “terjebak” nya tersebut. Namun hal tersebut bisa diklarifikasi dengan baik oleh Zaskia.

Justru“terjebak” itu lah yang justru membuat Zaskia istiqamah berhijab sampai saat ini sebenarnya “terjebak” seperti apa yang dimaksudkan Zaskia terkait keputusan berhijabnya tersebut?

Awal mulanya Zaskia berhijab adalah saat dia mengikuti sebuah seminar ESQ di kampusnya. Pada hari pertama seminar Zaskia datang tanpa menggunakan hijab sedangkan peserta lainnya yang berjumlah lebih dari 800 orang semuanya memakai hijab. Merasa salah kostum dan untuk menghargai acara, pada hari kedua Zaskia datang dengan memakai hijab.

Perubahan penampilan Zaskia secara drastis tersebut langsung menarik perhatian para peserta seminar yang didominasi oleh para ibu. Zaskia malah dianggap mendapatkan hidayah karena mengikuti program ESQ yang sedang diadakan tersebut. Karena hal itu Zaskia bahkan sampai dipanggil dan disuruh ke depan panggung.

Semua orang memuji penampilan Zaskia bahkan ada yang sampai ingin mempunyai anak secantik dan se-sholehah Zaskia. Hal ini lantas mengetuk pintu hati Zaskia. Fikiran remaja yang kala itu memang suka dipuji juga merupakan salah satu alasannya. Banyak peserta seminar tersebut yang mengatakan bahwa dia jauh lebih cantik setelah  berhijab. Namun tetap pada akhirnya hatinya tergetar dan meniatkan hijabnya untuk Allah, bukan karena ingin dipuji manusia.

Sejak itulah Zazkia memutuskan untuk berhijab. Seperti yang juga dialami wanita-wanita atau selebritis–selebritis wanita lainnya, keputusan berhijab Zaskia juga mendapatkan berbagai reaksi. Banyak yang memberi komentar pedas dan mempunyai pandangan negatif terhadap Zaskia. Zaskia bahkan dianggap memakai hijab hanya untuk mencari popularitas semata. Zaskia juga dianggap tidak pantas memakai hijab karena sebelumnya dia justru suka clubbing.

Namun semua itu tidak lantas membuat Zaskia gentar apalagi sampai melepas hijabnya kembali. Zaskia menanggapi semua pandangan negatif tersebut dengan cara “tutup kuping” Sebagaimana yang pernah dibilangnya dalam salah satu wawancara :

“Urusan agama dan jilbab itu urusan kita sama Allah. Banyak yang pakai jilbab takut, sebal sendiri karena dengar judge dari orang lain. Banyak yag pakai jilbab diprotes. Sudah tutup kuping saja, berhijablah buat Allah bukan buat orang lain. Banyak orang pake jilbab akhirnya lepas karena capek dikritik.”

Zaskia membuktikannya, sampai sekarang Zaskia tetap istiqamah dengan hijab. Zaskia mendapatkan berkah dengan film-film, sinetron dan program-progam lain yang melibatnya. Hijabnya tidak membatasinya untuk terus berkarya dan mendapatkan tempat di dunia entertainment. Zaskia justru menjadi salah satu sosok inspriratif  tidak  hanya bagi para penggemarnya tetapi juga bagi temannya sesama artis untuk memakai hijab.

Itulah hikmah dari “terjebak”nya Zaskia. “Terjebak”yang justru membawa Zaskia pada tempat yang benar. Jika bukan “terjebak” seperti itu Zaskia tidak yakin bagaimana kehidupannya sekarang. “Terjebak” membuatnya menemukan jalan yang seharusnya dia ambil. Terjebak justru memberikannya hidayah terindah.

Bagi kamu yang mengikuti pemberitaan, kata-kata “terjebak” yang digunakan Zaskia ini pernah mendapat protes. Namun sesungguhnya itu hanyalah masalah penggunaan kata semata. Buktinya Zaskia bahagia karena pernah “terjebak” tersebut karena sesungguhnya dia telah “terjebak ke jalan yang benar”.

Tetaplah berprasangka baik. Bukankah Alllah memberikan hidayah kepada hambaNya dengan cara yang berbeda-beda? []

Penulis : Yefra Desfita Ningsih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Zaskia Adya Mecca : “TERJEBAK KE JALAN YANG BENAR”"

Post a Comment