Place Your Ad Here

7 Lagu Religi Islami Nan Syahdu, Menggetarkan Jiwa dan Sarat Makna

HIJABERSWORLD.COM---Sobat, ada kalanya kita tiba-tiba termenung dan hanyut ketika mendengarkan sebuah lagu. Entah itu karena liriknya yang sarat dengan makna atau pun komposisi musiknya yang syahdu. Apalagi lagu-lagu religi. Akan ada nuansa dan getar tersendiri saat kita mendengar lagu-lagu religi tersebut karena tidak hanya bicara tentang lirik bagus serta musik yang indah, tetapi lebih pada renungan makna yang kita temukan di dalamnya. 

Maher Zain. Photo via id.wikipedia.org


Di Indonesia lagu religi juga mendapat tempat di hati masyarakat kita yang sebagaimana kita ketahui mayoritas Islam. Apa saja lagu religi atau Islami yang mampu menggetarkan jiwa? Dirangkum dari berbagai sumber dan dipertimbangkan dari pengalaman teman-teman kita lainnya, berikut 7 lagu religi yang sarat makna dan menggetarkan jiwa yang mendengarnya :

Khusnul Khotimah–Opick
Lagu  religi pertama yang paling menggetarkan jiwa adalah Khusnul  Khotimah dari Opick. Diawali dengan musik yang sangat pelan dan syahdu, lagu ini mampu menggetarkan jiwa kita tentang mengingat kematian. Ketika Sobat mendengarkan lagu ini, cobalah pejamkan mata, hayati musiknya yang mendayu dan dalami maknanya. Apalagi sampai pada lirik ini :

“Bila masa telah tiada,  kereta kencana datang tiba-tiba
Airmata… dalam duka… tak merubah ceritanya
Hanya hening dan berjuta tanya
Dalam resah… Dalam pasrah”

Betapa dalam makna yang disiratkan Opick dalam lagi ini. Bagaimana jika kematian yang tidak penah kita tahu datang tiba-tiba sedang kita belum punya apa-apa? Tangis orang tua kita, keluarga kita, anak-anak kita, suami kita tidak bisa membuat Tuhan menunda pemenuhan janji kita padaNya. Hanya resah Sobat, dan hanya pasrah.

Ketika Tangan dan Kaki Bicara-Chrisye
Siapa yang tidak kenal Chrisye ya Sob. Beliau adalah salah satu legenda musik di Indonesia. Memang mayoritas lagu Chrisye adalah bertemakan cinta, tapi simaklah lagu religi beliau yang satu ini Sob. Hati mana yang  tidak akan tergetar dengan lagu penuh makna ini. Liriknya penuh dengan perenungan. Belum lagi musiknya yang mendayu syahdu. Seperti lagu khusnul khotimahnya Opick, lagu ini merupakan lagu tentang kematian.

Musiknya yang syahdu serta pembawaan Chrisye yang penuh penghayatan menjadikan lagi ini menjadi lagu yang mampu menggetarkan jiwa kita. Resapi lirik ini Sob :

“Akan datang hari, mulut dikunci, kata tak ada lagi.
Akan tiba masa, tak ada suara, dari mulut kita. 
Berkata tangan kita tentang apa yang dilakukannya
Berkata kaki kita kemana saja dia melangkahnya”

Tahukah kamu Sobat, lagu yang diminta khusus oleh Chrisye dari Taufik Ismail tersebut terinspirasi dari ayat Al-quran yaitu surat Yasin ayat 65. Itulah kenapa lagu ini mampu menggetarkan hati setiap yang mendengarnya apalagi lagu ini lagi-lagi bertema tentang pengadilan yang luar biasa. Chrisye bahkan berkali-kali menangis saat latihan, maupun rekaman lagu ini karena benar-benar membuat jiwa bergetar.

Cermatilah, pejamkan mat, nikmati lirik dan musiknya. Itulah hari dimana mulut kita yang biasanya pandai berdiplomasi, pandai berkata-kata dan bersilat karena lidah akan dikunci. Tak ada suara kita yang berkoar-koar bisa melakukan pembelaan diri. Semua bersaksi. tangan tentang apa yang dikerjakannya, kaki tentang kemana ia melangkah.

Akhirnya–Gigi
Jika dulu sobat sering menonton serial Pintu Hidayah di RCTI pasti lagu ini sudah cukup familiar di telinga Sobat. Bagian lirik mana yang paling menyentuh? Hampir semua lirik sangat menyentuh dan menggugah jiwa kita. Menyadarkan kita akan kesalahan-kesalahan pada masa lalu. Kita  akan merinding sangat suara sang vokalis Gigi, Arman Maulana” dengan penuh penghayatan sampai pada reff :

“Oh tuhan, mohon ampun, atas dosa dan dosa selama ini.
Aku tak  menjalankan perintahmu, tak pedulikan namamu,
Tenggelam melupakan dirimu.
Oh tuhan, sempatkanlah, aku bertobat hidup di jalanmu, 
tuk penuhi kewajibanku, sebelum tutup usia, kembali padamu.”

Bagian lirik tersebut mampu menggetarkan jiwa kita untuk ingat atas kelalaian yang pernah kita lakukan terhadap Allah. Kehidupan dunia yang semakin membuat kita sibuk membuat kita lupa bahwa kita punya Allah sebagai satu-satunya yang paling kita prioritaskan.

Bila Waktu Telah Berakhir-Opick
Sobat tentunya setuju bukan kalau Opick merupakan penyanyi sekaligus pencipta  lagu-lagu religi yang menyentuh, baik dari segi liriknya yang punya makna dalam sampai musiknya yang syahdu.
Bila waktu telah berakhir adalah salah  satu lagi Opick yang benar-benar mampu  membuat kita merenung tentang kematian.

Di mana saat waktu itu datang tiba-tiba, sudahkah kita punya persiapan? Apakah yang bisa kita lakukan? Tidak ada lagi guna harta yang kita punya, juga tahta yang kita banggakan, tidak ada juga yang bisa jadi penolong, tidak keluarga dan sahabat tak seorang pun. Lirik mana yang paling menyentuh? Semuanya. Setiap kata yang di senandungkan Opick mengandung makna.

Cermatilah Sobat, betapa Opick telah mengaduk-ngaduk perasaan kita dengan mengajak kita merenung jiwa sewaktu-waktu kamatian datang.

“Bagaimana kau merasa bangga
Akan dunia yang sementara
Bagaimanakah bila semua hilang dan pergi
Meninggalkan dirimu
Bagaimanakah bila saatnya
Waktu terhenti tak kau sadari
Masikah ada jalan bagimu untuk kembali
Mengulangkan masa lalu.”

Lalu Opick juga mengingatkan pada kita bahwa dunia ini hanyalah hiasan Sobat. Harta, tahta, oran-orang tercinta tidak akan bisa membantu kita. Siapa yang bisa membantu? Hanya amal. Semoga kita selalu memperbanyak amal untuk teman sejati di akirat nanti ya Sob.

“ Dunia dipenuhi dengan hiasan
Semua dan segala yg ada akan
Kembali pada-Nya
Bila waktu tlah memanggil
Teman sejati hanyalah amal
Bila waktu tlah terhenti
teman sejati tianggalah sepi”

Insyaallah-Maher Zain
Ketika kita dirundung masalah, seringkali kita merasa teramat pedih, mengeluh, bermurung diri bahkan berputus asa. Nah, lagu MaherZain ini bisa menyadarkan kita bahwa apapun masalah yang kita hadapi bahwa Allah selalu ada.

“Every time you commit one more mistake, 
You feel you can’t repent and that it’s way too late,
 You’re so confused wrong decisions you have made, 
Haunt your mind and your heart is full of shame, 
but don’t despair and never lose hope, 
cause Allah is always by your side".”

" Setiap kali Anda melakukan suatu kesalahan lagi
 Anda merasa Anda tidak mampu bertobat dan sudah terlambat,
 Anda jadi bingung dengan keputusan yang salah yang telah Anda buat,
Ssehingga menghantui pikiran dan hati Anda dengan penuh rasa malu,
Tapi jangan putus asa dan jangan pernah kehilangan harapan,
 Karena Allah selalu di sisi Anda".

Juga pesan ketika kita dilanda masalah yang disampaikan melalui lirik :
Turn to Allah He’s never far away, put your trust in Him, raise your hands and pray"
(Kembalilah pada Allah, Dia tidak pernah jauh. Percayalah padaNya, angkat tanganmu dan berdoa)

Muhasabah Cinta - Edcoustik 
Yang namanya muhasabah memang seharusnya membuat kita merenung dan menggetarkan jiwa kan Sob? Begitu juga dengan lagu andalannya Edcoustik yang berjudul Muhasabah Cinta.  Lirik dan musik lagu ini sangat menyentuh. Menceritakan seseorang yang sedang sakit dan menyadari pentingnya arti sehat dan bersyukur atas nikmat sehat yang Allah lakukan. Mungkin liriknya sederhana Sobat, tapi penuh makna dan menggetarkan jiwa.

“Tuhan baru kusadar
Indah nikmat sehat itu
Tak pandai aku bersyukur
Kini ku harapkan cinta Mu”

Juga pada bagian ini Sob :

“Sakit yang kurasa biar
Jadi penawar dosaku”

Sakit yang kurasa, biar jadi penawar dosaku,” bukankah itu suatu keikhlasan ketika kita dilanda sakit? Lagu ini bisa sekali menyentil kita yang biasanya malah suka mengeluh ketika sakit, tetapi tidak menjaga kesehatan selagi Allah masih memberi kesehatan. Apa yang diharapkan si sakit dalam lagu ini? Hanya satu :

“Jika ku harus mati
Pertemukan aku dengan Mu”

Andai Ku Tahu –Ungu
Siapa bilang sebuah Band yang mungkin biasanya hingar bingar dengan musik yang keras dan banyak mengusung tema cinta tidak bisa menghasilkan sebuah lagu religi yang indah? Lagu religi “Andai Ku Tahu” yang dipopulerkan oleh Ungu ini sempat menjadi sangat terkenal beberapa tahun yang lalu.
Lagu ini mendapatkan tempat di hati masyarakat karena liriknya yang sangat sarat makna dan menggetarkan jiwa yang mendengarnya. Ya. Apalagi karena lagi-lagi lagu ini bertemakan tentang kematian.

“Andai ku tahu
 Kapan tiba masaku
 Ku akan memohon tuhan jangan kau ambil nyawaku
Aku takut akan semua dosa-dosaku
Aku takut dosa yang terus membayangiku” 

Nah, selain lagu-lagu diatas, apa sobat punya lagu religi lain yang lebih menggetarkan jiwa? Bagi yang belum mendengar, tak ada salahnya mendengarkan lagu tersebut. Jika sudah, cobalah hayati lebih dalam lagi agar kita bisa menangkap pelajaran. []

Penulis : Yefra Desfita Ningsih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Lagu Religi Islami Nan Syahdu, Menggetarkan Jiwa dan Sarat Makna"

Post a Comment