Place Your Ad Here

Pilihan Pakaian, Hijab dan Style Cantik Untuk Muslimah Gemuk

HIJABERSWORLD.COM---Pernah gak sih kadang Sobat ingin rasanya protes sama para desainer? Kenapa? Soalnya kalau mengadakan fashion show yang ditunjukkan model-model yang badannya bagus dan langsing melulu. Mau pakai baju apa saja sih mereka mah cocok-cocok saja, karena memang badannya bagus kok.

Hijabers bertubuh gemuk.Photo via Flickr/Tony White


Padahal kan nggak semua cewek tubuhnya tinggi dan langsing gitu. Kita yang beratnya agak di atas rata-rata ini bagaimana?  Kita tentu ingin tampil cantik dan modis juga dong. Tapi kok yang jadi model para wanita dengan tubuh kurus dan langsing terus?

Kalau begitu kita yang gemuk ini berpatokan kemana dong? Tenang Sob. Cantik itu tidak hanya milik si tubuh langsing. Wanita gemuk juga bisa berpakaian yang menarik. Nah, ini tipsnya tetap tampil modis walaupun bertubuh gemuk.

Pertama, pilih pakaian yang longgar untuk menutupi lekuk tubuh
Mungkin ada yang salah kaprah. Jika kita gemuk sebaiknya memakai pakaian yang sempit. Ini salah besar Sob. Memakai pakaian yang ketat malah akan membuat lekuk tubuh kita terlihat jelas. Pinggul kita yang lebar, bagian dada, atau bahkan lipatan-lipatan perut akan terekspos dengan jelas. Lagipula, yang terpenting dalam Islam kita dilarang untuk memakai pakaian ketat yang memperlihatkan lekuk tubuh.

Jadi, mau tubuh kita gemuk atau kurus, baju yang longgar selalu jadi pilihan terbaik. Tinggal kita sesuaikan saja tingkat kelonggarannya sesuai bentuk tubuh. Bagi kita yang mempuyai tubuh gemuk pakaian yang longgar ini bisa menyamarkan lekuk tubuh dan timbunan-timbunan lemak pada badan kita. So, jangan salah pilih ya.

Kedua, pilih pakaian dengan motif kecil yang simpel 
Sebenarnya, bagi yang memiliki tubuh gemuk, lebih baik memilih pakaian dengan motif polos. Tapi terkadang kita bosan ya Sob kalau warna polos melulu. Terlalu monoton. Nah, tidak apa-apa memakai baju bermotif tapi jangan memilih baju dengan motif yang terlalu banyak ya Sob. Apalagi dengan motif bunga-bunga yang besar. Kenapa? Karena hal tersebut membuat kita semakin terlihat gemuk.

Pilihlah motif yang kecil-kecil dan sederhana. Pemilihan pakaian dengan motif vertikal sangat disarankan lho bagi kita yag bertubuh gemuk . Motif vertikal memberikan kesan tinggi pada tubuh kita sebaliknya hindari motif horizontal sebab akan memberikan kesan lebar.

Ketiga, celana yang pas pada betis
Jika sobat sekali-kali ingin pakai celana (tentu bajunya harus menutup pinggul ya Sob), maka pilihlah celana yang pas terutama di bagian betis. Tapi bukan berarti ngetat seperti  legging ya Sob. Pilihlah bahan yang lumayan tebal sehingga tidak terlalu memperlihatkan bentuk kaki kita.

Perhatikan juga panjang celana tersebut. Jangan sampai terlalu panjang hingga menyentuh tanah sebab akan memberikan kesan semakin pendek. Pilihlah celana panjang sebatas mata kaki agar terlihat lebih proposional.

Keempat, rok maxi (rok lebar yang kembang)
Jika Sobat lebih nyaman dengan menggunakan rok. Maka pilihlah rok yang lebar untuk menyembunyikan bentuk pingggul kita yang besar. Rok dengan model ini juga menyamarkan bentuk kaki kita yang gemuk.

Kelima, bahan jilbab yang jatuh dan menutupi dada
Sebagaimana dalam agama Islam, muslimah disyariatkan untuk memakai hijab yang dijulurkan hingga menutupi dada. Apalagi bagi kita yang memiliki dada yang lebih besar dari wanita yang bertubuh lebih kurus. Dengan mengulurkan hijab ke dada, maka dada kita yang besar akan tertutupi sehingga kita tidak perlu risih. Untuk bahannya, pilih bahan yang jatuh ya agar tampilannya lebih rapi.

Oya, hindari juga memasang hijab yang dililitkan ke leher, hal ini akan  membuat leher kita seperti lebih pendek dan kepala kita semakin bervolume. Hal ini tentunya akan menguatkan kesan ndut kita Sob.

Keenam, padu padan dengan cardigan, blazer dan rompi
Agar terlihat lebih modis, kita juga bisa kok Sob mempadu-padukan pakaian kita. Kita bisa menggabungkan maxi dress dengan cardigan ataupun rompi. Celana panjang ataupun rok pun bisa kita padu padankan agar tampilan kita lebih modis.

Ketujuh, ikat pinggang agar lebih ramping
Jika pakaian longgar yang kita pakai membuat tampilan kita lurus saja dari atas sampai bawah. Kita bisa menambahkan aksen ikat pinggang. Tapi pilih ikat pinggang yang kecil ya. Kalau milih yang besar mah, nanti malah tambah kelihatan gemuknya.

Kedelapan, hindari assesoris yang besar dan berlebihan
Untuk pemakaian assesoris, hindari penggunaan assesoris yang terlalu besar dan mencolok. Pilihlah yang simpel dan kecil saja. Apalagi di hijab, hindari assesoris bunga-bunga yang  besar. Nanti tampilan kita malah semakin terlihat penuh.

Nah gimana Sob? Tak perlu minder lho walau berat kita di atas rata-rata. Kita tetap cantik kok. Tinggal kreativitas kita saja. Selain itu, jaga kepercayaan diri. []

Penulis :  "1" Ichi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pilihan Pakaian, Hijab dan Style Cantik Untuk Muslimah Gemuk"

Post a Comment