Place Your Ad Here

Turban Bayi : Membiasakan Anak Berhijab Sedari Kecil

HIJABERSWORLD.COM---Sebagai titipan dan amanah dari Allah, merupakan kewajiban mutlak semua orang tua untuk menanamkan nilai-nilai agama dan moral pada anak-anaknya. Bukan hanya memenuhi kebutuhan fisik dan pendidikan formal saja, seorang anak juga berhak mendapatkan pendidikan ilmu agama dan akhlak langsung dari  orang tua.

Turban bayi. Photo via Pickles


Terutama bagi anak perempuan, salah satu masalah agama yang sensitif adalah mengenai penggunaan hijab. Semua umat muslim tahu bahwa hijab adalah sebuah kewajiban ketika seorang muslimah sudah mencapai masa akil baligh. Namun, sebagaimana yang kita tahu, hampir separuh wanita kenyataannya malah tidak menutupi aurat mereka dengan menggunakan hijab.

Melatih Anak Berhijab Sejak Dini
Televisi, pergaulan dengan sesama atau merasa cantik dengan tanpa hijab adalah faktor-faktor kenapa wanita menunda memakai hijab. Selain dari pada itu, orang tua sebenarnya adalah pemegang peranan penting dalam menanamkan nilai moral terhadap anaknya sedari kecil, termasuk mengenai penggunaan hijab. Jika dari kecil anak-anak sudah bisa dilatih memakai hijab, kenapa harus menunggu mereka baligh dulu? Nanti  dikhawatirkan mereka malah terlanjur nyaman dan merasa cantik dengan pakaian tanpa hijabnya.

Jangan kan dari usia anak-anak, pada usia bayi pun kita bisa mengajarkan agama terhadap anak, termasuk hijab. Jika dari kecil mereka sudah terbiasa, maka mereka akan akan merasa nyaman dengan berhijab dan tentunya akan menjadi karakter yang melekat padanya. Jika sedari kecil mereka sudah dibiasakan maka mereka akan menganggap hijab benar-benar sebagai suatu yang wajib  ada bukan sebagai pelengkap berbusana agar terlihat cantik semata.

Akhir ini dengan semakin berkembangnya hijab untuk anak, orang tua sudah mulai mengenalkan hijab kepada anak. Di kalangan selebritis, Oki Setiana Dewi misalnya, malah secara khusus merancang hijab untuk putrinya Maryam.

Bayi dipakaikan hijab? Apa tidak ribet? 
Sekarang, hijab sudah banyak macamnya. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa pakai hijab, tapi anak-anak juga bisa belajar berhijab sejak kecil. Hijab yang cocok dipakai sang bayi adalah hijab jenis turban. Hijab turban sangat simple dan mudah dipasang serta dilepas. Jadi, kalau anak merasa gerah atau kurang nyaman, mudah melepasnya.

Ketika kita kecil dulu, mungkin susah ya membedakan anak cewek dan cowok sepintas lalu  jika tidak pakai giwang karena rambutnya sama-sama pendek. Nah, kalau sekarang kamu tentu tidak kesulitan lagi dong? Karena umumnya bayi-bayi sekarang memakai aksesoris di kepalanya, seperti bandana maupun turban. Bayi bisa tampil lebih trendi dan modis dengan kreasi-kreasi turban bayi di kepalanya.

Seperti yang sudah kita bahas diatas, hijab dalam hal ini turban bayi merupakan salah satu cara membiasakan bayi beradaptasi dan terbiasa dengan hijab. Dari kecil bayi kita diperkenalkan untuk menutup auratnya dengan menggunakan hijab (turban bayi) sehingga ketika mereka beranjak dewasa, mereka sudah terbiasa.

Nah, jika demikian manfaat turban bayi apa sih?

Pertama, turban bayi adalah jenis hijab yang bisa kita jadikan sabagai sarana belajar anak dalam berhijab. Tidak ribet untuk memasangnya dan paling mudah. Memakaikan jilbab instan yang lain selain turban, meski tergolong simple tapi masih ribet dipasangkan ke bayi.
Kedua, turban bayi membuat penampilan bayi menjadi lebih trendy, modis, serta ceria. Siapa sih yang tidak suka melihat bayi tampak lebih cantik menawan, sejuk dipandang dan penampilannya mempesona? Semua orang pasti menginginkannya.
Ketiga, turban bayi bisa menjadi pelindung kepala dari panas atau benturan dari benda-benda keras. Jika kamu membawa bayi ke luar rumah, turban juga bisa menjadi pelindung.
Keempat, turban bayi bisa berfungsi sebagai penghangat juga. Jadi ketika bayi tidur, bayi merasa nyaman dan hangat.

Semakin hari semakin banyak saja model-model turban bayi yang terkadang membuat kita galau memilih. Berbagai model ditawarkan. Secara umum, model turban bayi ada yang berbentuk bandana, bentuk lapis, berbentuk pita turban rajut dan ada juga yang model instan yang sangat simpel tapi ceria dengan motif-motifnya.

Meski demikian, sebaiknya pilihlah turban dengan bahan yang ramah dengan kulit bayi. Turban berbahan lembut, sejuk dan tidak kasar sehingga bayi merasa nyaman memakainya. Yuk, ajak anak menjadi sholihah dan cantik dengan turban bayi. []

Penulis :  "1" Ichie

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Turban Bayi : Membiasakan Anak Berhijab Sedari Kecil "

Post a Comment