Place Your Ad Here

3 Amalan Utama Ini Sangat Dianjurkan Pada Hari Jum’at

HIJABERSWORLD.COM---Jika ada hari yang paling istimewa, di dalam Islam hari yang istimewa tersebut adalah hari Jum’at. Allah bahkan menjadikan hari Jum’at  sebagai salah satu nama surat di dalam Al-Quran. Pada hari Jumat juga Allah menjadikan peristiwa-peristiwa  luar biasa di dalam Islam sebagaimana Sabda Rasulullah dalam sebuah hadisnya  :

Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi.” (HR. Muslim)

Hari Jum’at juga menjadi hari yang Allah pilihkan bagi hambaNya laki-laki untuk meninggalkan segala urusan untuk segera melakuan shalat Jum’at. Hari Jum’at juga menjadi waktu dimana umat Islam ingin meninggal karena meninggal pada hari Jum’at merupakan salah satu ciri khusnul khotimahnya seseorang.

Alhamdulillah, It's Friday. Photo via @rismansalpian


Sungguh terdapat  banyak kemuliaan di hari Jum’at  sehingga ada beberapa amalan tertentu yang akan menambah pahala jika kita lakukan di hari Jum’at. Tidak hanya diperuntukkan bagi laki-laki saja. Secara umum juga ada beberapa amalan yang disunnahkan oleh Nabi dan sebaiknya dilakukan pada hari Jum’at yang bisa dilakukan oleh muslim maupun muslimah.

Apa-apa saja hal tersebut?
Mungkinkah selama ini kita telah melakukannya? Yuk kita cek Sob :

Pertama, memperbanyak shalawat kepada Rasulullah SAW 
Anjuran bershalawat sebenarnya tidak memandang waktu. Kapanpun, mengucapkan shalawat kepada Rasulullah akan mendapatan pahala disisi Allah karena bershalawat adalah salah satu bentuk kecintaan kita kepada Rasulullah SAW. Hanya saja,  di hari mulia dalam agama kita, ternyata dianjurkan untuk lebih memperbanyak shalawat kepada Rasulullah. Dengan banyak mengirimkan shalawat untuk beliau, tentunya akan lebih banyak syafaat yang bisa kita dapatkan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan An Nasa-i)

Nah, yuk ganti dendang kita sejenak dengan shalawat pada hari Jum’at. Meluangkan sedikit waktu sesudah shalat untuk bershalawat demi dapat berkah hari Jum'at.

Kedua, membaca surat Al-Kahfi 
Membaca surat dan ayat apa saja dari Al-Quran tentunya adalah suatu pahala yang besar. Jangankan satu surat, satu huruf Al-Quran saja Allah perhitungkan pahalanya. Begitu Allah menghargai hambaNya yang mencintai Al-Quran. Namun, pada hari Jum’at alangkah lebih baik lagi kalau kita membaca surat Al-Kahfi, karena besar janji Allah pada hambaNya yang mengisi hari Jum’at dengan membaca surat Al-Kahfi.

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:
Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jum’at.” (HR Hakim)

Semoga pada hari jum’at-jum’at selajutnya, lantunan surat Al-Kahfi menghiasi rumah kita ya Sob supaya lebih afdhal.

Ketiga, memperbanyak berdoa
Hari Jum’at merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa lho Sob, Allah bahkan menjanjikan akan mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan pada hari Jum’at.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari Jum’at kemudian berkata :

Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Nah, Sobat, itulah 3 amalan utama yang sangat dianjurkan pada hari Jum’at. Jika sudah melakukannya, keep istiqomah ya.[]

Penulis : Yefra Desfita Ningsih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Amalan Utama Ini Sangat Dianjurkan Pada Hari Jum’at"

Post a Comment