Place Your Ad Here

9 Waktu Berharga Ini Penting Dijaga Agar Doa Cepat Menjadi Nyata

HIJABERSWORLD.COM---Sobat, sebagaimana diketahui, hanya di tangan Allahlah berlakunya segala sesuatu. Sekuat apapun berusaha, secerdas apapun pemikiran kita. Tetap saja segala keinginan, seluruh mimpi, segenap cita-cita hanya akan terwujud melalui izin Allah. Tiada yang bisa menyombongkan diri dengan mengingkari kuasa Allah. Dan doa adalah jalan buat kita meminta kepadaNya.

Berdoalah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina.” (Q.S. Al-Mu’min:  60 )

Muslimah kecil berdoa. Photo via hilalplaza


Setiap saat kita berdoa, baik itu untuk sebuah pencapaian yang ingin diraih, diberi kemudahan dalam kehidupan, diteguhkan hati, dikuatkan menghadapi cobaan serta berdoa untuk hal-hal lainnya. Mungkin diantara kita ada yang berfikir, kenapa doaku belum terjawab? Padahal aku sudah melakukan semua yang Allah perintahkan, melakukan ibadah dengan baik, memberi kebaikan untuk sesama, tetapi doaku tidak kunjung terkabul. Bukankah Allah telah berjanji untuk mengabulkan doa setiap hambaNya? Apa Allah pilih kasih?

Astagfirullah, semoga lisan dan hati tidak pernah terlegincir mengucap hal tersebut ya Sob. Sebenarnya, ada waktu-waktu tertentu yang membuat doa cepat terkabul lho Sob. Waktu yang sangat dianjurkan agar doa semakin dekat menjadi nyata. Selama ini mungkin kita belum tahu sehingga menyia-nyiakan waktu berharga yang menyebabkan doa cepat terkabul.  Nah, agar bisa memanfaatkan waktu-waktu mulia tersebut agar tidak menjadi sia-sia, cari tahu yuk Sob, kapan saja waktu yang mustajab untuk berdoa.

Pertama, pada waktu sepertiga malam terakhir 
Apa Sobat rutin melalukan shalat tahajud? Biasanya Sobat melakukan shalat tahajud jam berapa? Kita sering mendengar kalau waktu yang paling utama untuk melakukan shalat tahajud adalah ketika sepertiga malam terakhir kan? Ternyata rahasianya adalah karena pada saat sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Siapa yang bersungguh-sungguh berdoa pada waktu tersebut, maka Allah akan kabulkan doanya.

Sebagaimana Rasulullah bersabda :

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Allah Tabaraka wataa'la turun ke langit dunia pada setiap malam, yaitu pada 1/3 malam terakhir seraya berfirman, 'Siapa yang berdo'a kepadaKu niscaya akan Aku kabulkan dan siapa yang meminta kepadaKu niscaya akan Aku berikan dan siapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kedua, hari arafah ( 9 Zulhijjah) 
Sobat sering puasa tanggal 9 Zulhijah? Selain menjadi waktu disunatkannya berpuasa, hari arafah ternyata juga menjadi waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Hari Arafah menjadi istimewa karena pada hari yang bertepatan dengan hari kedua pelaksanaan ibadah haji tersebut umat Islam berkumpul  di gunung Arafah untuk menyembah Allah. Dengan demikian Allah menjadikan hari Arafah menjadi istimewa tidak hanya bagi yang menjalankan ibadah haji tapi bagi seluruh umat Islam. Salah satunya dengan mengabulkan setiap doa pada hari tersebut.

Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah :
Doa yang paling baik adalah doa ketika hari Arafah.” ( HR. At. Tirmidzi No. 3585.)

Apa mungkin kita pernah menyia-nyiakan hari istimewa ini Sob?  Kedepannya mudah-mudahan tidak ya Sob.

Ketiga, waktu ketika azan berkumandang 
Terkadang mungkin kita masih anggap remeh azan ya Sob. Maksudnya seperti ini, pada saat azan berkumandang, kita terkadang hanya tok berfikiran kalau itu pertanda masuk shalat. Padahal banyak keutamaan dari azan. Menghentikan segala aktifitas dan menyempatkan untuk menjawab azan adalah salah satu amalan dengan pahala yang sangat besar serta dapat menggugurkan dosa.  Berdoa sewaktu azan bahkan merupakan salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa.

Apabila pemanggil memanggil (muadzin mengumandangkan adzan) maka dibukalah pintu-pintu langit dan dikabulkan doa.” (HR. Abu Awaanah dalam musnadnya, Imam Al-Hakim dalam Mustadraknya dan dishahihkan Al-Albani dalam Shahih al-Jaami’ al-Shaghiir No. 803)

Keempat, waktu antara azan dan iqamah 
Sesudah azan menjelang iqamah juga merupakan waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah secara tegas bersabda :
Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak.” (HR. Tirmidzi No.212, ia berkata: “Hasan Shahih”)
Semoga waktu-waktu singkat diantara azan dan iqamah bisa kita isi dengan memanjatkan doa ya Sob.

Kelima, waktu hujan turun 
Hujan adalah rahmat, begitu istilah yang kita sering dengar ya Sob.  Yup, benar sekali. Selain rahmat bagi bumi dimana tumbuhan  dapat tumbuh subur, sungai-sungai terairi dan udara terasa sejuk. Hujan ternyata menyimpan rahasia sebagai salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun.” (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’ No. 3078)

Nah, sekarang tinggal kitanya nih Sob. Mau menunggu hujan berhenti sambil ngedumel dan mengeluh, atau memanfaatkan moment untuk meminta pada Allah. Mustajab lho Sob.

Keenam, setiap selesai shalat fardu 
Betapa penyayangnya Allah Sob yang sebenarnya memberikan banyak waktu-waktu mustajab buat kita berdoa. Bahkan disetiap kita selesai melakukan shalat wajib adalah waktu yang mustajab buat berdoa. Itu artinya 5 kali sehari.

Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah? Beliau bersabda: “Diakhir malam dan diakhir shalat wajib.” (HR. Tirmidzi No.3499)

Tidak mengapa  merendah kepada Allah karena memang Allah lah yang Maha Tinggi. Tidak mengapa meminta setiap saat karena memang Allahlah satu-satunya tempat kita meminta. Tidak apa mengulang doa yang sama, karena Allah suka hambanya yang bersungguh-sungguh dan tidak akan bosan dengan doa yang sama. Rugi kan Sob, setiap selesai salam kita langsung tinggalkan sajadah dan menyiakan kesempatan untuk dikabulkannya doa.

Ketujuh, pada hari Jum’at 
Sebagaimana kita tahu, Jum’at memang seolah menjadi hari yang cukup istimewa ya Sob di dalam Islam. Contohnya saja, ada shalat jum’at, adanya sunnah-sunnah tertentu pada hari Jum’at dan bahkan yang meninggal pada hari Jum’at merupakan salah satu pertanda husnul khotimah. Subhanallah. Selain itu, hari Jum’at menjadi lebih istimewa karena merupakan hari dimana mustajabnya doa.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari  Jumat kemudian beliau bersabda:

Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta”. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari No. 935, Muslim No. 852 dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu)

Oya, Sobat sudah punya doa untuk dipanjatkan pada hari Jum’at nanti?

Kedelapan, ketika berbuka puasa 
Beruntunglah bagi mereka yang rajin melaksanakan ibadah puasa, baik puasa wajib maupun puasa sunnah karena padanya terdapat banyak keutamaan. Tidak hanya manfaat pahala yang kita dapatkan ketika puasa, tapi juga kesehatan, sosial dan psikologi. Dan Allah menambahkan bonus luar biasa bagi mereka yang berpuasa dimana jika ia berdoa pada saat berbuka maka akan dikabulkan doanya.

"Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi.” (HR. Tirmidzi No.2528, Ibnu Majah No.1752, Ibnu Hibban no.2405, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi)

Yuk, kita tingkatkan frekuensi puasa sunnah yuk, Sob. Tapi ketika mau berbuka, jangan kalap kolak dulu ya. Manfaatkan waktu mustajabnya buat berdoa.

Kesembilan, waktu dhuha (setelah shalat dhuha) 
Menyempatkan sedikit waktu yang kita punya untuk melaksanakan shalat dhuha ternyata sangat banyak keistimewaannya. Diantaranya karena waktu dhuha merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Hal ini didasarkan pada sebuah riwayat.

Anas bin Malik RA berkata, saya melihat Rasulullah SAW pada waktu bepergian, melakukan shalat dhuha sebanyak delapan rakaat, setelah selesai beliau bersabda :

Sesungguhnya saya shalat penuh dengan harapan dan kecemasan. Saya memohonkan kepada Allah tiga hal lalu dikabulkannya dua dan ditolak yang satunya. Saya mohon supaya umatku jangan diuji dengan musim paceklik dan ini dikabulkan, saya memohon pula agar umatku tidak dapat dikalahkan oleh musuhnya dan ini pun dikabulkan, lalu saya memohon agar umatku jangan sampai terpecah belah menjadi beberapa golongan dan ini ditolakNya.” (HR. Ahmad, An Nasa’I, Al Hakim, dan Ibnu Khuzaimah)

Nah, Sobatku, itulah waktu-waktu istimewa yang barangkali sering terlewatkan oleh kita padahal merupakan salah satu rahasia terkabulnya doa.

Bagaimana Sahabat? Sudah mempersiapkan diri untuk berdoa? Kalau takut lupa, mungkin Sahabat bisa mencatatnya atau bisa berkunjung kembali di blog tempat berbagi informasi dan inspirasi Islami ini. Semoga kedepannya, kita semakin bisa memanfaatkan waktu-waktu mustajab tersebut ya. Apapun doa dan harapan Sobat, semoga Allah mengabulkannya.[]

Penulis : Yefra Desfita Ningsih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Waktu Berharga Ini Penting Dijaga Agar Doa Cepat Menjadi Nyata"

Post a Comment