Place Your Ad Here

Ujian Berhijab Laudya Cynthia Bella : Dituding Buka Hijab, Ini Klarifikasi dan Faktanya

HIJABERSWORLD.COM---Sejak berhijab, Bella beberapa kali memang diterpa isu yang kurang sedap terkait konsistensinya dalam berhijab dan tindakan sebagai seorang muslimah. Berhijab membuat kehidupan dan karier Bella terus disorot oleh pihak-pihak tertentu. Belum lama ini,keimanan dan keputusan Bella berhijab juga mendapat ujian. Bella dituding melepas hijab demi sebuah film.

 Laudya Cynthia Bella. Photo via instagram/laudyacynthiabella


Isu ini terkait film terbaru Laudya Cynthia Bella berjudul "Kakak" yang dimainkan bersama Surya Saputra, Gading Marten dan artis lainnya telah dirilis pada pada tanggal 5 November 2015 lalu. Dalam film ini Bella yang memerankan sebagai Kirana dan tidak memakai hijab. Masyarakat mengetahui Bella beberapa bulan belakangan memakai hijab sementara dalam film tersebut justru tidak memakai hijab. Keadaan ini kemudian memunculkan tudingan panas bahwa Bella telah melepas hijabnya.

Benarkah tudingan tersebut?
Berikut rangkuman klarifikasi dan fakta terkait tudingan Bella buka hijab berdasarkan  wawancara Bella oleh berbagai media :

Film tersebut ternyata syutingnya 1 tahun yang lalu
Berhubung filnya diputar bulan November 2015 saat Bella sudah berhijab, mungkin kita juga akan mudah terkecoh dan berpikir Bella telah membuka hijabnya. Tetapi faktanya, film tersebut syutingnya sebelum Bella berhijab tetapi ditayangkannya setelah Bella berhijab. Memang dalam pembuatan film membutuhkan waktu berbulan-bulan dari waktu syuting hingga dirilis untuk pertama kalinya.

Di sini saya tak pernah buka hijab di film Kakak, syuting November sampai Desember 2014. Januari  2015 saya dikasih hidayah dan menggunakan hijab” kata Bella pada tanggal 27 Oktober lalu kepada Okezone.

Bella menggelar jumpa pers untuk meluruskan isu
Ketenangan hidup Bella cukup terusik dengan tudingan di berbagai media sosial yang mengabarkan bahwa Bella telah menggadaikan hijabnya. Oleh karena itu, agar tidak terjadi simpang siur di masyarakat, Bella kemudian memutuskan meluruskan isu tersebut melalui jumpa pers. Bella juga  akan melakukan syuting di Atambua, kalau tidak klarifikasi nanti Bella khawatir isu akan bertambah dan masyarakat berpikir Bella menghindar atau melarikan diri.

"Saya tidak pernah buka hijab! Saya ingin melurusan dan menyatakan apa yang harus saya katakan," kata Bella dijumpai Tabloid Nova.

Sedih dan menangis tapi dianggap settingan untuk promosi film
Tidak mudah bagi Bella dulunya mengambil keputusan berhijab. Bahkan ketika sudah mantap berhijab Bella masih takut ke luar rumah karena merasa belum siap menjawab pertanyaan wartawan. Bella takut pernyataan berhijabnya menjadi boomerang dan dia ingin lebih berhati-hati. (Baca juga  Kisah Hijab Laudya Cynthia Bella : Dulu Senang, Kini Tenang Dengan Hijab )

Tak lama kemudian, Bella dilanda kabar miring kalau dia telah membuka hijab. Tentu Bella sedih dan tak kuasa menahan air matanya. Di depan awak media saat jumpa pers, Bella tampak menangis. Namun, lagi-lagi beberapa pihak tidak percaya dan menganggap Bella telah mensetting isu untuk mendongkrak film tersebut.

"Aku nggak perlu settingan seperti itu. Kalau settingan dan aku dapat piala Citra sih nggak apa-apa. Ini aku nggak dapat apa-apa, jadi buat apa settingan?" kata Bella kepada media Wow Keren.

Bella tidak bisa memaksa pihak produksi film untuk  tidak merilis film
Meski sudah jelas syuting film 1 tahun lalu dan sekarang Bella berhijab saat pemutaran film, Bella tidak bisa melarang film tersebut untuk tidak ditayangkan atau dihilangkan beberapa bagian. Bella mengatakan hal ini berada di luar kuasanya sebagai pemain. Kebijakannya ada pada pihak produksi film.

Malu dan meminta maaf kepada pihak-pihak yang kecewa
Bella mengaku bahwa dia mendapatkan kabar bahwa film ini akan dirilis 1 bulan sebelumnya. Dia memang sempat kepikiran dan menceritakan kepada keluarga apa yang terjadi.  Keluarganya bisa memaklumi. Namun, atas kontroversi yang terjadi akibat penayangan film tersebut, Bella meminta maaf kepada pihak-pihak yang merasa kecewa.

"Saya minta maaf atas pihak-pihak yang dikecewakan, jujur saya malu sekali walaupun itu bagian dari peran,” kata Bella. “Ini menganggu saya dan pihak keluarga, ketika saya berhijab maka dari itu saya harus dipertanggungjawabkan,” imbuh Bella ketika diwawancara media  Okezone.

Sejak berhijab Bella lebih selektif memilih tawaran film dan belum pernah melepas hijab. Setelah berhijab, Bella memang lebih sering muncul dalam film-film dan iklan yang memakai hijab. Mungkin memang benar, semakin tinggi keimanan seseorang, semakin tinggi pula ujian yang diterimanya. Semoga Bella tetap istiqamah dan bertahan dalam setiap isu yang menerpa pilihan dan keyakinannya dalam berhijab.

Sahabat hijabers, semoga kita tidak ikut-ikutan termakan isu dan turut menyebarkan fitnah serta prasangka tentang keimanan seseorang ya. Sebaliknya, ada baiknya kita sebagai muslimah melihat kabar ini dengan mata dan hati terbuka. Semoga kisah dan ujian yang dihadapi Bella ini bisa menjadi pelajaran dan pengingat bagi kita.

Penulis :  Elshabrina

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ujian Berhijab Laudya Cynthia Bella : Dituding Buka Hijab, Ini Klarifikasi dan Faktanya"

Post a Comment