Place Your Ad Here

6 Tips Memilih Pakaian dan Penampilan Wisuda Bagi Muslimah

HIJABERSWORLD.COM---Setelah menghabiskan beberapa tahun belajar di universitas, moment wisuda tentu sangat dinantikan. Tidak hanya karena sah menyandang gelar tetapi juga menjadi hari istimewa. Hari wisuda adalah pencapaian atas perjuangan selama ini di bangku perguruan tinggi. Oleh sebab itu, setiap orang pasti ingin tampil beda dan berkesan pada hari itu.

 Beberapa muslimah di hari wisuda. Photo via Shehab News Agency


Begitu juga untuk para muslimah. Bagi wanita berhijab, dituntut lebih selektif dan bijaksana dalam memilih pakaian wisuda. Banyak model pakaian wisuda yang dijual di toko-toko baju atau pun didesain menurut selera sendiri. Namun tetap yang terpenting adalah memperhatikan rambu-rambu dan etika berpakaian sebagai seorang muslimah. Pakaian wisuda muslimah dengan nonmuslimah tentu berbeda.

Nah, untuk Sobat yang segera selesai ujian tugas akhir dan akan tamat kuliah, tips-tips berikut mungkin bisa membantu dalam memilih pakaian dan penampilan saat wisuda :

Pertama, rancanglah long dress yang simpel
Terlebih dahulu, rancanglah model baju seperti apa yang ingin dibuat. Pastikan menyesuaikan rancangan dengan bentuk tubuh agar nanti terlihat proporsional saat dikenakan. Jika tidak begitu mengerti fashion, bisa lihat-lihat di majalah ataupun situs online untuk  mendapatkan tips memilih baju sesuai bentuk tubuh.

Hal yang terpenting modelnya harus menutup aurat dan tidak terlalu ketat. Model long dress bisa menjadi pilihan untuk semua bentuk tubuh. Wisuda tidak harus selalu berkebaya kok. Apalagi buat muslimah, kebaya bisa memuat bentuk tubuh tercetak jelas. Jadi long dress bisa menjadi pilihan model baju wisuda untuk muslimah.

Kedua, pilih kombinasi bahan yang anggun
Setelah menetapkan model, baru selanjutnya memilih bahan yang tepat. Untuk long dress bisa menggunakan kombinasi kain satin dan brokat tapi dengan warna yang sama.  Brokat yang dijadikan lampisan dari kain satin ini akan  memberikan kesan girly, sopan dan anggun.

Ketiga, pilih warna yang kalem dan cerah
Karena kita seorang muslimah, hindari memilih warna yang terlalu mencolok. Hindari juga warna-warna yang terlalu gelap apalagi  hitam dan coklat. Biar aura Sobat memancar pada hari bahagia tersebut dengan warna yang lembut dan cerah. Warna pink, biru dan merah mungkin sudah biasa. Jika warna kulit Sobat memungkinkan, pilihan warna abu-abu lembut campur putih sepertinya akan menjadi kombinasi baju wisuda yang keren, modern dan anggun.

Keempat, fokuskan pada hijab
Pada acara wisuda nantinya baju akan tertutup jubah wisuda. Jadi fokuskan outfit wisuda pada hijab. Namun bukan berarti riasan hijab juga harus ribet. Pantaskan saja model hijab yang akan dipakai. Ingat, nanti Sobat akan memakai toga bukan? jadi, jangan membuat sanggul yang terlalu tinggi dan besar sebab akan  menyulitkan untuk memasang toga.

Kelima, memilih sandal atau sepatu yang tidak terlalu tinggi
Penampilan tentunya harus diperhatikan dari ujung rambut ke ujung kaki, untuk pemilihan sandal usahakan jangan terlalu tinggi. Tapi bukan berarti Sobat hanya memakai sepetu teplek ya. Bagaimapun pakai juga sepatu yang mempunyai hak.

Hak sepatu akan membuat jalan Sobat lebih berwibawa saat berjalan untuk pemindahan toga. Sepatu heel juga membuat jatuh gaun menjadi lebih bagus. Tapi ingat jangan terlalu tinggi karena bisa membuat kaki Sobat pegal atau susah berjalan. Gunakan sepatu dengan heel 5 sampai cm saja.

Keenam, pakailah make-up natural dan sederhana
Tampil berbeda dan cantik tentu boleh, tapi ingatlah untuk tidak berlebih-lebihan. Gunakan make up yang natural dan tipis saja. Hal ini untuk mengingat di dalam ruangan yang berisi banyak orang biasanya sesak dan panas.

Kondisi tersebut bagi kebanyakan orang akan membuet make-up  luntur kemana-mana. Bukannya cantik hal ini malah membuat wajah kita menjadi tidak karuan. Jadi poles wajah dengan make up ringan saja. Ini baru wisuda kok Sob, ketika menikah, bolehlah tebal-tebal sedikit.

Nah, demikianlah tips outfit wisuda yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk Sobat. Semoga tampil maksimal dan percaya diri di hari wisuda ya. []

Penulis : "1" Ichie

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Tips Memilih Pakaian dan Penampilan Wisuda Bagi Muslimah"

Post a Comment