Place Your Ad Here

Sering Melewatkan Tahajud Karena Susah Bangun? 10 Tips Ini Mungkin Dapat Membantu Sobat Menjaga Waktu Tajahud

HIJABERSWORLD.COM---Shalat tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Rajin tidaknya seseorang melakukan shalat malam ini bahkan bagi sebagian orang menjadi barometer untuk melihat seberapa baik ibadah seseorang. Selain karena mempunyai banyak keutamaan dan keistimewaan, shalat tahajud mempunyai tantangan sendiri sehingga hanya orang-orang yang benar-benar kuat niat ibadahnya yang bisa melakukannya.

Kenapa demikian? Sebab shalat tahajud dilakukan pada waktu malam hari yang merupakan waktu yang digunakan untuk istirahat. Hal ini bisa menunjukkan seberapa besar kesungguhan seseorang dalam mendekatkan diri pada Allah sebab mereka harus memilih terbangun untuk shalat meski mengantuk atau memilih melanjutkan istirahat saja karena tahajud hanya ibadah sunnah.

Ilustrasi shalat. Photo via muslimpress


Realitanya memang banyak yang tidak memilih untuk bangun sehingga melewatkan shalat tahajud.
Padahal, shalat tahajud banyak sekali keutamaan dan keistimewaannya. Diantara  adalah sebagai salah satu ibadah paling dianjurkan setelah shalat 5 waktu, ibadah media terkabulnya doa, media untuk mendapatkan tempat mulia disisi Allah hingga ibadah yang dapat memancarkan sinar pada wajah orang-orang yang melalukannya. Melewatkan shalat tahajud berarti melewatkan kesempatan-kesempatan untuk mendapatkan hikmah dan keistimewaan dari shalat tahajud. Bukankah begitu Sob?

Sayangnya, rasa kantuk bagi kebanyakan orang begitu susah dilawan, apalagi jika harus terjaga tengah malam yang merupakan waktu paling efektif untuk istirahat.  Bagi Sobat yang punya kesulitan saat bangun buat shalat tahajud, mungkin Sobat akan menyetel alarm praktis yang ada di ponsel masing-masing. Tapi terkadang alarm tidak membuat kita bangun, sebab saat alarm berbunyi bukanya segera bangun malah dengan cepat meraih ponsel untuk mematikan alarm tersebut.

Lalu bagaimana carannya agar kita tidak melewatkan waktu berharga tersebut? Nah, tips-tips berikut mungkin bisa membantu untuk bangun agar bisa melaksanakan shalat tahajud :

Pertama, tidur sebelum jam 10
Hal pertama yang harus diperhatikan agar bisa bangun pada sepertiga adalah tidur lebih awal agar jam istirahat tidak terganggu. Selain itu, jika tidur terlalu larut akan susah bangun pada tengah malam sebab mata baru terpejam sebentar saja. Tidurlah sebelum jam 10, sehingga sudah punya waktu tidur sekitar 5-6 jam untuk terbangun pada jam 3.

Kedua, jangan lupa niatkan sebelum tidur
Segala sesuatu akan berjalan jika diawali dengan niat. Sobat pasti setuju kan? Tanpa niat maka tidak akan ada arah tentang apa yang akan kita kerjakan. Begitu pula untuk shalat tahajud. Sebelum tidur, niatkanlah untuk terbangun tengah malam buat melaksanakan shalat tahajud.

Biasanya, jika sudah diniatkan, Allah akan memberi cara untuk membuat kita terbangun entah itu melalui mimpi, bunyi sesuatu atau kita terbangun sendirinya. Hal yang penting diniatkan dengan ikhlas di dalam hati bahwa kita ingin melaksanakan shalat tahajud. Ingat ya Sob, niat yang sebenar niat.

Ketiga, tidurlah dalam keadaan berwudhu
Biasakanlah tidur dalam keadaan suci atau berwudhu. Hal ini akan membantu kita untuk selalu mengingat Allah meskipun menjelang tidur. Hal ini akan menset otak kita untuk terus ingat dan mengirim sinyal untuk bangun untuk melaksanakan shalat.

Keempat, tidur ala Rasulullah dengan miring ke kanan
Tahukan Sobat kenapa rasulullah begitu mudah terjaga untuk melaksanakan shalat malam? Hal tersebut dikarenakan Rasulullah tidak tidur terlalu dalam. Beliau hanya tidur ringan sehingga mudah bangun dan dibangunkan. Bagaimana caranya? Tidurlah sebagaimana tidurnya Rasulullah. Rasulullah tidur dengan menghadap ke kanan. Posisi ini membuat jantung tetap berada di atas sehingga tidur tidak terlalu dalam.

Kelima, minum air putih lebih banyak sebelum tidur
Sebelum tidur minumlah lebih banyak air putih agar beberapa jam setelah tidur Sobat mempunyai rasa ingin buang kecil. Tidak seorangpun yang bisa menahan buang air kecil sehingga semalas apapun bangun, sengantuk apapun mata, pasti akan segera bangun untuk ke kamar mandi. Nah, saat bangun itulah dimanfaatkan untuk langsung berwudhu dan shalat.

Keenam, jangan makan sebelum tidur
Hindari makan sebelum tidur, sebab hal tersebut akan membuat Sobat tertidur dengan sangat pulas sehingga sulit bangun. Jika tidur jam 10 usahakan makan paling lama jam 7 agar tidak terlalu berefek pada tidur.

Ketujuh, minta tolong bangunkan
Jika tidur Sobat benar-benar dalam dan sangat susah sekali untuk bangun meski sudah melakukan hal-hal diatas, maka mintalah bantuan seseorang untuk membangunkan. Bisa keluarga dan bisa juga teman yang tinggal serumah jika kebetulan mereka juga terbangun.

Kedelapan, jangan tunda-tunda
Beberapa diantara kita terkadang punya kebiasaan “sebentar lagi saja”. Saat melihat pada jam maka kita akan menunda mungkin 10 menit lagi, 15 menit lagi atau meskipun cuma 5 menit lagi. Hal ini menjadi musuh besar saat kita ingin bangun tengah malam. Saat menunggu waktu yang “sedikit” tersebut terkadang kita malah kebablasan hingga pagi dan akhirnya melewatkan shalat. Saat terbangun dan membuka mata, langsung saja bangun dan cuci muka jangan tunda-tunda walau 5 menit sekalipun.

Kesembilan, biasakan setiap waktu
Jadikan bangun tengah malam sebagai rutinitas setiap malamnya. Jadikan jam tertentu sebagai jam wajib Sobat bangun sehingga lama-lama akan menjadi kebiasaan setiap harinya dan Sobat tidak akan susah lagi untuk bangun tidur buat shalat tahajud.

Kesepuluh, jangan lupa berdoa pada Allah
Tips ampuh berikutnya jangan lupa berdoa pada Allah ya Sob. Mintalah Allah menuntun kita untuk bangun dengan niat yang mulia untuk  melaksanakan shalat, berdoa lalu yakinlah bahwa Sobat tidak akan melewatkan shalat tahajud lagi kali ini.

Nah, itulah tips-tips agar susah bangun tengah malam tidak lagi menjadi alasan kita buat melewatkan shalat tahajud. Dengan menjalankan tips-tips tersebut lalu menjadikannya kebiasaaan maka shalat tahajud pun akan menjadi rutinitas yang sangat sayang apabila dilewatkan. Semoga bermanfaat ya Sob.[]

Penulis : Yefra Desfita Ningsih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sering Melewatkan Tahajud Karena Susah Bangun? 10 Tips Ini Mungkin Dapat Membantu Sobat Menjaga Waktu Tajahud"

Post a Comment