Place Your Ad Here

8 Tips Ini Akan Berguna Bagi Bunda Dalam Menyiapkan Moment Lebaran Yang Hemat, Khidmat dan Bermakna

HIJABERSWORLD.COM----Setelah berpuasa selama satu bulan penuh, hari raya Idul Fitri merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu umat Islam. Umat Islam menempatkan tanggal  1 syawal sebagai salah satu hari paling istimewa dalam setahun. Untuk menyambut Idul Fitri , segala sesuatunya juga harus istimewa mulai dari batin yang fitrah kembali hingga suasana lebaran.

Hal yang yang paling terlihat tentunya adalah suasana lebaran yang berbeda daripada hari-hari lainnya seperti pakaian baru, makanan, tampilan rumah atau acara-acara silaturahmi yang lebih intens selama bebarapa hari permulaan bulan syawal. Nah, dalam hal ini kita ibu rumah tangga biasanya adalah yang paling direpotkan ya.

Lebaran hari istimewa. Photo via sweetfajr.com


Berbagai persiapan lebaran biasanya menjadi tanggung jawab seorang ibu rumah tangga, mulai dari pengeloaan uang untuk berbagai keperluan, masalah dekorasi rumah, rencana-rencana kegiatan selama lebaran, terutama masalah makanan. Segalanya harus disiapkan dengan sebaik-baiknya agar suasana lebaran benar-benar terasa istimewa, ceria, berkesan namun tetap khidmat.

Nah, sebagai ibu rumah tangga, tips-tips apa saja yang bisa dilakukan untuk persiapan lebaran? Bagaimana caranya agar lebaran hemat, lancar, sesuai keuangan dan memberi arti? Kita simak tips-tips berikut yuk Sob :

Pertama, Agar Persiapan Mantap, Buat List Kebutuhan Lebaran
Hal pertama yang harus dilakukan dalam mempersiapkan lebaran adalah membuat list atau daftar kebutuhan selama lebaran. Kelompokkan kebutuhan-kebutuhan tersebut kedalam beberapa klasifikasi umum seperti kebutuhan makanan, kebutuhan baju, kebutuhan tampilan rumah, anggaran THR, anggaran rekreasi lebaran sampai anggaran mudik bagi yang mudik lebaran. Segalanya harus sudah dicatat jauh-jauh hari sebelum lebaran agar bisa  finansialnya bisa dipersiapkan.

Khusus persiapan membeli baju lebaran anak, Bunda bisa membaca  5 Tips Penting Dalam Memilih dan Membeli Baju Muslim Anak

Kedua, Hindari Harga Melonjak Dengan Belanja Di Awal
Jika budget sudah ada, maka manfaatkanlah untuk membeli kebutuhan-kebutuhan lebih awal. Kenapa? Karena selama yang kita amati, segala sesuatunya mengalami lonjakan harga yang cukup drastis menjelang lebaran, mulai dari bahan-bahan makanan hingga pakaian, sepatu dan lain-lainnya. Jika membeli beberapa hari menjelang hari H akan menyebabkan besarnya financial yang harus dikeluarkan.

Nah, cobalah beli lebih awal seperti pakaian, dan kebutuhan tampilan lainnya. Tidak hanya pakaian, bahan makanan pun bisa dibeli lebih awal. Sekarang masing-masing rumah sudah memiliki lemari pendingin sehingga bisa menyimpan makanan agar tahan lama. Bahan yang paling disarankan untuk dibeli lebih awal adalah daging dan bumbu-bumbu. Karena bahan-bahan ini mengalami kenaikan harga sangat drastis menjelang lebaran.

Ketiga, Hemat Dengan Makanan Buatan Sendiri
Lebaran identik dengan kue-kue kering untuk dihidangkan di ruang tamu. Berbagai macam kue disajikan untuk menambah semarak hari lebaran. Pebisnis kue pun mengambil kesempatan dengan menjual berbagai jenis kue kering yang menarik. Namun jika kita ingin hemat, kita bisa kok membuat kue sendiri dirumah.

Kue siap saji yang dibeli biasanya menakar harga yang sangat tinggi hingga 4 kali lipat, itulah kenapa lebih baik membuatnya sendiri di rumah untuk lebih hemat. Budget untuk satu jenis kue yang dibeli malah bisa menjadi berbagai macam kue jika dibuat sendiri. Lagi pula banyak kok buku-buku resep kue yang bisa kita jadian panduan sehingga kita juga bisa membuat berbagai jenis kue.

Keempat, Siaga, Persiapkan Pelaratan Makan Lebih Banyak
Pada saat lebaran, pasti akan lebih banyak tamu yang datang silih berganti bukan? Nah, selain hidangan, kita juga harus mempersiapkan peralatan makan yang banyak dari biasa. Sebab saking silih bergantinya tamu yang datang, kita tidak sempat mencuci peralatan sehingga bisa-bisa pas tamu datang, tidak ada lagi gelas yang bersih, atau piring yang bersih. Nah, tengsin kan? Jadi persiapkan lebih banyak peralatan makan seperti gelas dan piring untuk menyambut tamu yang akan datang silih berganti.

Kelima, Jika Mudik, Pesan Tiket Lebih Awal
Bagi perantau, lebaran adalah waktunya mudik. Bisa dibayangkan berapa banyak warga perantauan yang akan mudik? Apa yang biasanya terjadi? Kehabisan tiket? Atau tiket dikuasai calo-calo sehingga harganya menjadi berlipat-lipat. Nah, sebagaimana halnya mempersiapkan bahan-bahan lebaran, persiapkan juga masalah transportasi jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket. Jika tiket sudah ditangan, kita tidak akan was-was lagi jika-jika kehabisan tiket dan gagal mudik.

Keenam, Terlalu Excited, Hati-Hati Terlalu Kalap Belanja
Lebaran identik dengan segala sesuatu yang serba baru, apalagi untuk penampilan. Semua orang ingin terlihat istimewa dengan memakai segala sesuatu yang baru seperti baju, kerudung, sepatu, hingga assesoris. Tampil istimewa dan berkesan di hari yang special tentu wajar. Bahkan memakai baju baru termasuk yang disunnahkan untuk shalat Idul Fitri. Namun bukan berarti segala-galanya harus baru dari ujung kaki hingga ujung kepala. Jika ada assesoris, sepatu atau kerudung yang masih bagus dan bisa dipadu-padankan kenapa tidak.

Tampil istimewa bukan berarti segalanya mewah hingga kita terlalu kalap membeli segalanya yang berhubungan dengan penampilan. Malah ada yang memberi beberapa potong pakaian untuk tiap kegiatan yang berbeda. Ingat lho Sob, abis lebaran kita masih punya banyak kebutuhan. Jadi istimewalah sekedarnya saja. Tidak baru pun bahkan tidak apa-apa kecuali bagi anak-anak. Hal terpenting bagi anak-anak memang baju dan sepatu baru. Jadi pastikan budget  kita ada untuk membeli baju dan sepatu bagi anak-anak.

Ketujuh, Banyak Tamu, Pecantik Rumah
Karena banyaknya tamu yang akan  berkunjung ke rumah, buatlah tamu senyaman mungkin dengan kondisi rumah yang nyaman, rapi dan indah. Jika perlu perbaharui cat rumah agar lebih cerah dan keluarkan gorden serta furniture-furniture terbaik untuk membuat rumah terlihat lebih rapi dan indah.

Selain rapi dan indah, yang perlu diperhatikan lagi adalah kondisi rumah berkesan lebih lapang. Bila perlu masukkan benda-benda yang tidak berguna dan mempersempit ruang tamu kedalam kamar buat sementara agar ruang tamu terlihat lebih luas untuk menampung tamu. Pastikan juga kamar mandi rapi dan bersih jika sewaktu-waktu tamu ingin menumpang ke kamar mandi. Pastikan memberikan pemandangan rumah yang rapi dan indah bagi tamu yang berkunjung ke rumah kita.

Kedelapan, Daripada Berlebihan, Lebih Baik Berbagi
Hal yang terpenting adalah ingat bahwa hakikat lebaran bukanlah perayaan dengan bermewah-mewahan dan bersenang-senang. Namun hakikatnya adalah kembalinya fitrah hati. Jangan sampai sikap berlebih-lebihan kita di hari lebaran merusak esensi kembali fitrahnya jiwa umat muslim.

Ingatkan keluarga untuk tetap berbagi. Dari budget yang dianggarkan untuk persiapan lebaran, sediakan juga untuk berbagi pada rakyat yang kurang mampu agar mereka juga bisa mencicipi lebaran. Ayo Raih Amal Berbagi Ini Karena Menjadi Salah Satu Rahasia Bernilai Tinggi Saat Ramadhan

Jadi seorang ibu rumah tangga memang mempunyai tanggung jawab yang tidak sedikit apalagi pada hari-hari spesial seperti lebaran. Terkadang malah stress sendiri memikirkan ini ini. Nah, semoga tips Idul Fitri sederhana diatas bisa bermanfaat ya Sob.[HW/Yefra Desfita Ningsih]


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Tips Ini Akan Berguna Bagi Bunda Dalam Menyiapkan Moment Lebaran Yang Hemat, Khidmat dan Bermakna"

Post a Comment