Place Your Ad Here

Ayo Raih Amal Ini !!! Mengungkap Rahasia Salah Satu Amalan Di Bulan Ramadhan

HIJABERSWORLD.COM----Dalam hitungan hari, kerinduan-kerinduan umat muslim yang membuncah pada bulan sya’ban akan segera berakhir. Kerinduan akan bulan penuh keberkahan akan segera  terobati dengan datangnya Ramadhan. Kenapa Ramadhan begitu dirindu? Bukankah ada sebelas bulan dalam setahun? Kenapa bulan Ramadhan yang paling dinanti?

Ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan, dimana banyak amalan-amalan khusus yang dijanjikan Allah dengan pahala yang banyak. Tidak hanya amalan khusus, amalan-amalan sunnah biasa pun juga akan diberi ganjaran berlipat-lipat ganda pada bulan Ramadhan sehingga jika kita tidak melakukan amalan-amalan tersebut, maka alangkah meruginya kita karena banyak pula kesempatan mengumpulkan pahala yang dilewatkan.

Berbagi makanan.Photo via guardian


Selama ini mungkin kita cukup familiar dengan beberapa amalan khusus pada bulan Ramadhan seperti shalat tarawih, bersedekah dan tadarus. Namun tahukah Sobat? Bahwa ada satu amalan yang mungkin selama ini belum terlalu familiar bagi kita padahal mempunyai rahasia yang sangat bermanfaat bagi kita. Amalan tersebut adalah memberikan makanan berbuka untuk orang yang sedang berpuasa. Lalu apa saja rahasia yang terdapat pada amalan memberi makan orang yang sedang berpuasa ini?

Pertama, Mendapatkan Pahala Berpuasa Ganda
Jika berpuasa dan memberi makanan berbuka untuk mereka yang berpuasa, maka akan mendapatkan pahala puasa ganda. Selain pahala puasa diri sendiri, juga memperoleh pahala puasa orang yang diberi makanan berbuka asal dengan niat yang lurus tanpa riya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Barang siapa yang memberi buka orang yang puasa maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun.” (HR Ahmad dalam Musnadnya, Tirmidzi dalam Jami’nya, Ibnu Majah dalam Sunannya, dan Ibnu Hiban dalam Shahihnya, dan dishahihkan oleh Tirmidzi)

Dengan jelas Rasululullah menyebutkan bahwa ketika seseorang memberi makan bagi orang yang berpuasa, maka pahala orang yang berpuasa tersebut juga sampai padanya. Bukankah ini merupakan hal yang sangat istimewa Sobat?

Kedua, Doa Yang Mustajab Dari Orang Yang Berpuasa
Sobat tentu sudah pernah mendengar bahwa salah satu doa yang mustajab adalah doa orang yang berpuasa. Apa hubungannya dengan memberi makan orang yang berpuasa? Tentu ada hubungannya Sobat. Mereka yang kita bantu mereka dengan memberinya makanan untuk berbuka akan membalas dengan doa saat mereka berbuka. Mereka akan menyertakan kita dalam doanya  sebab kita telah ikhlas berbagi rezeki dengan mereka. Dan ingat Sob, doa mereka mustajab. Doa mereka punya kesempatan besar untuk dikabulkan oleh Allah.

Ketiga, Mengasah Kepedulian Sosial dan Mendapatkan Kedamaian di Hati
Banyak kita mendengar, sebagai sesama umat muslim, kita harus saling peduli. Bahkan diibaratkan seperti tubuh yang apabila salah satu bagian sakit bagian lainnya juga turut merasakan sakit. Jika seorang muslim yang kurang beruntung merasa lapar, maka yang lainnya juga seharusnya turut merasakan laparnya saudara kita tersebut sehingga muncul kepedulian. Kepedulian yang bukan hanya sekedar kata kata peduli namun direalisasikan dalam tindakan nyata. Salah satunya adalah dengan berbagi rezeki pada mereka.

Memberikan makanan berbuka pada mereka merupakan salah satu wujud nyata dari kepedulian kita terhadap saudara muslim.  Pilihlah siapa yang rasanya paling pantas dan paling butuh mendapatkan rezeki dari kita sehingga bukan hanya pahala memberi makan yang kita dapatkan namun juga pahala membantu, manfaat bersedekah pada orang yang membutuhkan serta kedamaian hati yang didapat setelah berbagi. Percayalah Sobat, akan ada kedamaian batin yang luar biasa saat kita memberi pada orang yang membutuhkan. Memberi makan pada saat mereka lapar, memberi minum pada saat mereka haus.

Keempat, Selamat Dari Mubazir 
Pada bulan Ramadhan biasanya makanan yang tersedia lebih banyak daripada hari biasa. Menahan lapar dan haus seharian membuat semua makanan terasa sangat menggiurkan untuk disantap saat berbuka  nanti. Akibatnya kita menyiapkan berbagai macam masakan untuk berbuka, mulai dari  kolak, pudding,  minuman-minuman segar, aneka lauk , buah-buahan hingga cemilan. Padahal saat berbuka tidak semua akan habis termakan.

Coba sobat ingat-ingat lagi apa memang ini pernah terjadi? Ya, memang sering.  Makanan yang rasanya akan habis disantap saat berbuka malah bersisa tidak dimakan, menjadi mubazir. Rugi secara keuangan dan rugi secara pahala. Bukankah kita tahu mubazir itu teman setan?

Nah, agar hal ini tidak terjadi dan membuat kita mendaftarkan diri secara tidak langsung menjadi teman syaitan, bagaimana kalau kita kelola rezeki kita agar berkah dunia akhirat Sob? Caranya? Sisihkan sebagaian anggaran berbuka puasa kita yang banyak tersebut beberapanya untuk memberi makanan berbuka bagi saudara kita yang lain.

Tidak perlu buka puasa terlalu bermewah-mewah dan berlebihan sedangkan ada saudara kita yang mungkin hanya berbuka puasa dengan air putih saja. Mengalihkan sedikit rezeki kita ada mereka akan  membuat harta kita berkah di dunia tanpa mubazir serta menjadi tabungan pahala buat akhirat kelak.
Sobat sudah berencana untuk memberi makan orang yang berpuasa sebagai ladang pahala Ramadhan kali ini?  Semoga Ya Sob. [HW/Yefra Desfita Ningsih]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ayo Raih Amal Ini !!! Mengungkap Rahasia Salah Satu Amalan Di Bulan Ramadhan"

Post a Comment