Place Your Ad Here

Beberapa PR Bagi Setiap Muslimah Yang Bermimpi Cantik Luar Dalam

HIJABERSWORLD.COM---Menjadi cantik adalah idaman setiap wanita, begitu juga dengan wanita muslimah. Cantik berhubungan dengan sesuatu yang indah, sejuk dan nyaman dipandang mata. Bagi seorang, pribadi tampil cantik akan membantu dalam menciptakan kepercayaan diri. Jadi, tidak semua muslimah yang ingin tampil cantik memiliki niat ditujukan menggoda para pria. Karena cantik juga kebutuhan diri yang fitrah.

Ingin cantik adalah alamiah dan Allah juga menyukai yang indah-indah. Namun, tampil cantik tentu tidak boleh mengutamakan luar saja atau bagian tubuh yang tampak. Bagaimanapun kecantikan sejati terpancar dari dalam diri.

Muslimah cantik. Photo via todaytop10


Sesuai dengan tagline blog ini yaitu Muslimah Beauty Inside and Outside, secara umum cantik yang sempurna adalah indah dalam spiritual, jiwa, pikiran dan tubuh. Pada dasarnya, keempat inilah bagian terpenting yang akan menentukan baik atau buruknya sebuah tindakan/perilaku.  Nah, berikut beberapa poin dan tips yang harus diusahakan untuk menjadi muslimah cantik luar dalam :

Kecantikan dari dalam :

Tidak lepas kendali dalam kehidupan sehari-hari
Selain iman, kendali seorang muslimah dalam bergaul adalah akhlak Islami. Masih jauh dari kriteria muslimah cantik dari dalam kalau dalam bertindak seenaknya saja yang disuka, yang penting happy. Tidak peduli boleh atau tidak, sopan atau tidak, menyinggung orang lain atau tidak. Tutur katanya indah dan sejuk didengar.

Seorang wanita muslimah identik sebagai makhluk yang lembut dan tutur sapanya halus. Jadi, belum dikatakan cantik kalau seorang muslimah bicara begitu ketus, kasar, meninggi atau menggurui orang lain. Jikapun mengetahui sesuatu dan orang lain salah, muslimah cantik jiwanya pasti akan menyampaikan dan menanggapi dengan cara yang pas.

Kasih sayang dan kepedulian
Islam adalah agama yang penuh dengan kasih sayang. Seorang muslimah sejatinya memiliki naluri sebagai perempuan dan ibu yang hatinya dipenuhi oleh rasa kasih, cinta dan peduli. Muslimah sejati tidak akan membiarkan saudaranya terluka. Tidak tega melihat orang terlunta-lunta dan kesakitan. Nuraninya bersih dan sangat peka untuk kemanusiaan.

Hatinya penuh ketundukan kepada Rabb
Seorang muslimah hatinya khusyuk dan dipenuhi oleh cahaya Ilahi. Hal ini tercermin dari kepribadiannya yang mulia. Dihiasi kejujuran, istiqomah, jauh dari prasangka dan sifat-sifat buruk lainnya.

Terlatih dalam mengendalikan hawa nafsu
Muslimah sejati yang cantik dari dalam, dia juga bisa menstabilkan emosi. Tidak mudah lepas kemarahan, kebencian apalagi melakukan kejahatan. Ketika digoda oleh hawa nafsu, dia bisa mengendalikan dan menyalurkannya ke jalan yang tepat.

Menghayati dan merasakan manisnya ibadah
Melaksanakan perintah Allah dan menjauhi laranganNya merupakan hal yang umum. Sifat sejati dan efek menghamba adalah terasa manisnya iman. Beribadah terasa tidak puas, selalu ingin bertemu Rabb setiap saat. Shalat, sedekah dan lainnya sama sekali tidak terasa sebagai sebuah beban tapi terasa nikmat. Mengingat Rasulullah dan melaksanakan sunnahnya merupakan rutinitas.

Kecantikan dari luar :

Memiliki gaya hidup yang sehat 
Kesehatan berkaitan erat dengan kecantikan. Orang yang sehat bisa terlihat cantik tapi orang yang cantik tapi tidak sehat akan terlihat tidak menarik. Gaya hidup yang sehat merupakan penunjang kecantikan dan kebugaran raga. Beberapa gaya hidup dan makanan modern tidak sesuai dengan konsep kesehatan ala Rasulullah. Seorang muslimah akan selektif dalam memilih setiap makanan yang akan masuk ke dalam tubuhnya.

Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan
Kesehatan dan kecantikan juga berkaitan dengan kebersihan. Tubuh yang cantik sudah pasti bersih. Begitu juga dengan lingkungannya karena bersih itu bukan diri semata. Belum dikatakan muslimah cantik luar dalam kalau dirinya bersih tapi kamar berantakan, rumah kotor dan lingkungan tidak sehat.

Memperhatikan keindahan penampilan
Keindahan berhubungan dengan bagaimana dalam menampilkan diri. Mengenakan pakaian yang sederhana saja bila kecantikan dalam terpancar, maka seorang muslimah tetap terlihat cantik. Sebaliknya, meskipun pakaian indah tapi hatinya berkarat, maka kecantikan itu hanyalah topeng.

Terlepas dari hal itu, memilih pakaian yang cocok bukanlah sebuah hal yang dilarang selama niatnya dijaga. Namun, dalam mendukung penampilan jangan sampai norak, memakai warna yang terlalu mencocok yang ditakutkan akan menimbulkan hal-hal yang negatif. Begitu juga dengan model dan ukurannya.

Mengkonsumsi bahan halal dan alami
Dalam menjaga kecantikan, kesehatan dan kebersihan harus menggunakan bahan yang halal. Setiap yang masuk dan dilekatkan ke tubuh bukan sesuatu yang terlarang. Penggunaan herbal untuk pengobatan dan kecantikan merupakan salah satu pilihan.

Berhias tidak berlebihan
Dalam Islam berhias itu ada adab-adabnya. Baik memakai make up, mempercantik kuku, gigi, alis mata dan bagian tubuh lainnya ada rambu-rambu tersendiri. Muslimah cantik luar paham akan hal ini dan menjaga cara berhiasnya.

Nah, itulah kriteria muslimah cantik luar dalam versi Hijabers World, bagaimana dengan Sobat? Jika Sobat punya pemikiran lain dan pengetahuan lebih, yuk tambahkan di kolom komentar. [HW/Elshabrina]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa PR Bagi Setiap Muslimah Yang Bermimpi Cantik Luar Dalam"

Post a Comment