Place Your Ad Here

Benarkah Muslimarket Penipu? Sedikit Pengalaman Berbelanja di Muslimarket

HIJABERSWORLD.COM---Apakah Sobat dalam beberapa kesempatan tak sengaja berkunjung ke sebuah e-commerce bernama muslimmarket.com? Atau mungkin melihat iklannya yang bertebaran di jagat maya. Produk-produknya mungkin membuat langsung tertarik  tetapi Sobat mungkin ragu apakah benar-benar terpercaya atau tidak. ( Bagi Sobat yang masih bingung dengan muslimarket, sebaiknya membaca tulisan ini sebelum membeli )

Bertanya dan mencari tahu apakah muslimmarket berkualitas, terpercaya dan bagus layanannya memang harus dilakukan. Sebagai konsumen kita harus hati-hati Sob karena tidak sedikit toko online penipu yang sedang mencari mangsa. Apalagi kalau Sobat pernah trauma membeli hijab dan fashion muslimah lainnya secara online. Tentu tidak bijak belanja di sebuah toko baru secara membabi buta tanpa mengetahui terlebih dahulu seluk beluk tempat belanja tersebut.
Salah satu produk pashmina Jenahara di Muslimarket.com



Bagi yang belum pernah mencoba wajar masih was-was. Namun, ada juga Sobat yang pertama membeli tanpa rasa khawatir karena percaya dengan profil muslimmarket. Berdasarkan pengalaman berbelanja online di e-commerce dan pengalaman Sobat yang pernah membeli disana, ada beberapa poin yang dirasakan yaitu :

Pengiriman Barang Cukup Cepat
Setelah klik order biasanya langsung masuk notifikasi transaksi dan nomor pembayaran. Saat pembelian sudah diberitahu bahwa gratis ongkir 1-3 hari kerja untuk wilayah Jakarta dan 4-8 hari kerja luar Jakarta.  Sejauh ini barang langsung dikirim dan 2-3 hari sudah diterima, mungkin dipengaruhi oleh ekspedisi.

Cepat atau tidak barang tiba di alamat kadang juga tergantung pilihan dan sikap kita. Di muslimarket ongkos kirim memang 100 % gratis tapi agar barang cepat sampai, berikut tipsnya :
  1. Orderlah produk pada pagi hari dan segera bayar setelahnya agar paket langsung dibawa ke pengiriman hari itu juga. Jika memesan siang dan sore, paket mungkin akan terkirim besok pagi atau malam harinya. Hindari memesan pagi dan membayar siang atau pulang kerja kecuali kebutuhannya santai.
  2. Jika membutuhkan barang sangat mendesak, jangan membeli online satu atau dua hari sebelum hari H. Belilah minimal 1 minggu sebelumnya agar bisa berjaga-jaga kalau ternyata ada kendala bila ekspedisi kurang tepat waktu. Kadang kita yang kurang manajemen, memerlukan barang 1-2 hari lagi dan membeli online. Menuntut barang harus sampai dalam hari tersebut padahal toko online tidak hanya melayani kita, membutuhkan waktu untuk memproses. Barang juga dioper dibawa pihak ekspedisi yang juga memerlukan waktu untuk memproses. 
  3. Buatlah alamat sedetil mungkin dan jangan lupa mengisi kontak yang benar agar ekspedisi tidak tertunda mengantar paket karena susah menemukan alamat Sobat. Teledor membuat alamat bisa berakibat fatal, barang tidak sampai ke tangan kita dan akan dikirim balik kepada pengirim. 

Kualitas Produk Sesuai Harga
Harga berbagai hijab, celana aladin, baju muslim dan lainnya di muslimarket cukup bervariasi tapi secara umum harga relatif terjangkau. Kualitas produk yang didapatkan sepadan dengan harga. Lumayan dan tidak jauh di bawah harapan. Agar produk sesuai harapan sebaiknya :

Sobat mengenal jenis bahan produk yang akan dibeli. Jangan hanya menyukai karena melihat foto. Kalau sudah tahu jenis bahan jadi bisa diperkirakan apakah akan nyaman dan sesuai di badan atau tidak.  

Foto Produk Sama Dengan Asli
Umumnya gambar produk mewakili produk asli. Di muslimarket kualitas fotonya sudah bagus. Beda dengan toko online yang baru merintis yang fotonya kadang buram, warna sedikit berbeda dan lainnya.

Hal Yang Harus Diperhatikan
Meskipun muslimarket memiliki standar pelayanan yang sama untuk setiap konsumen dan mereka berusaha tetap terdepan tapi bisa saja pengalaman setiap pembeli berbeda sesuai variasi produk yang dipesan. Tergantung penilaian pribadi. Sebelum menekan tombol order, sebaiknya perhatikan ulang secara detail order.

Begitu juga dengan ukuran pakaian yang dibeli, jangan sampai Sobat salah membeli.  Kita sebagai calon pembeli juga harus jeli karena kita kecewa kadang karena pilihan kita sendiri. Toko online hanya memajang produk dan mengikuti pilihan kita. Selain itu, ikutilah akun media sosialnya untuk mendapatkan update informasi misalnya bergabung di muslimarket instagram agar mengetahui jika ada perubahan kebijakan atau baca terlebih dahulu situsnya.

Secara umum, muslimmarket merupakan islamic market yang dirintis dengan konsep profesional, bukan sebuah toko online bersifat personal dalam skala kecil. Bagi saya pribadi, muslimarket dalam hal konsep jual beli online berada sekelas lazada, matahari mall, berrybenka, hijabenka, hijup dan ecommerce lainnya yang telah terstruktur sedemikian rupa. Jadi, saya tidak terlalu khawatir. [HW/Elshabrina]

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Benarkah Muslimarket Penipu? Sedikit Pengalaman Berbelanja di Muslimarket"

  1. kemarin sy belanja di muslimarket, tapi setelah transfer dan konfirmasi pembayaran, sy lihat status pesanan sy masih menunggu konfirmasi sampe sekarang, sy udah komplain ke cs nya lewat email dan sms tp gak direspon sama sekali, trus dtlp malah dtutup terus, chat nya juga offline terus. gimana ya?

    ReplyDelete
  2. saya sudah belanja di muslimarket.com dg sistem COD ,,, stlah barang sampai dan saya bayar trnyata barang yang dikirim dengan yg saya pesan sangat jauh berbeda , barang dg kualitas sangat buruk ,,, kain yg tipis dan transparan dan yg paling penting barang tidak sesuai dg yg saya pesan ,,, saya sudah komplain ke cs melalui email dan WA tapi tidak ada balasan ,,, gitu kok katanya jual beli halal dan gak nipu ...
    sangat... sangat kecewa dengan muslimarket.com.

    ReplyDelete