Place Your Ad Here

Bunda, Ini 5 Tips Penting Dalam Memilih dan Membeli Baju Muslim Anak

HIJABERSWORLD.COM----Bagi anak-anak, lebaran paling identik dengan baju baru. Membeli baju baru adalah hal yang paling mereka tunggu-tunggu menjelang Idul Fitri datang. Bahkan pertanyaan sudah membeli baju baru atau belum menjadi pertanyaan yang paling sering saling dilontarkan anak-anak selama bulan Ramadhan. Bagi anak-anak tidak lengkap rasanya lebaran tanpa baju baru.

Memilihkan pakaian untuk anak. Photo via muslimmatters


Nah, ibu-ibu sudah memikirkan belum untuk membelikan baju baru buat si kecil, terutama baju muslim sebab baju muslimlah yang paling diharapkan anak-anak untuk dipakai sewaktu shalat Idul Fitri. Namun, memilih baju muslim buat anak-anak gampang-gampang susah juga lho. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang membuat penggunaan pakaian bagi anak-anak dan orang dewasa sedikit berbeda.

Perbedaan yang paling menonjol adalah aktivitas si anak yang cukup aktif, mudah berkeringat atau bahkan mood  mereka saat memakai pakaiaan tersebut.  Harus ada beberapa hal penting yang menjadi pertimbangan kita saat membelikan baju muslim buat anak. Apa sajakah pertimbangan dan tips-tipsnya?

Pertama, Perhatikan Bahannya
Hal yang pertama yang harus diperhatikan adalah bahannya.  Hal ini disebabkan kulit anak-anak masih sensitif sehingga butuh baju berbahan lembut. Selain berbahan lembut, bahan baju juga sebaiknya adalah bahan yang bisa menyerap keringat karena anak-anak cenderung sangat mudah berkeringat karena aktif  bergerak.  Jika bahannya panas dan bikin gerah, anak-anak akan merasa tidak betah memakai pakaian tersebut.

Kedua, Perhatikan Modelnya
Anak-anak sering tidak tahan apabila seluruh tubuhnya tertutup. Mereka akan merasa panas, gerah dan merasa geraknya terbatas. Jadi pastikan untuk tidak memilih model busana muslim yang ribet. Pilihkan model pakaian yang simple sehingga tidak membatasi gerak anak-anak.

Jangan memilih model yang terlalu berlebihan dan mewah karena akan menyebabkan anak berpenampilan tidak sesuai usia.  Bagi anak perempuan model busana muslim dress maxi sederhana bisa menjadi pilihan, atau juga bisa model busana dengan celana panjang.

Sekarang memang banyak model busana muslim yang ditawarkan namun tetap pastikan jangan terlalu ribet sehingga membatasi gerak  mereka. Untuk anak-anak pilih yang sederhana saja. Begitupula untuk cowok. Pemilihan baju untuk anak cowok jauh lebih mudah dengan memilih stelan koko dengan motif kotak-kotak.

Ketiga, Perhatikan Ukuran
Untuk anak-anak jangan memilih pakaian yang terlalu pas  badan. Selain tidak pas dilihatnya, juga agar pakaian tersebut masih bisa digunakan untuk kesempatan lainnya karena anak cenderung mengalami pertumbuhan yang cepat. Jadi apabila ukuran yang dibeli sangat pas, bisa saja baju tersebut hanya bisa dipakai sekali dua kali saja, sayang kan?

Keempat, Pemilihan Warna dan Motif
Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pemilihan warna dan motif bajunya.  Bagi anak-anak, motif dan warna bisa mempengaruhi mood mereka juga lho.  Nah, pilihah warna-warna ceria agar anak juga terlihat lebih ceria.  Pilih motif yang sesuai karakter mereka. Ada mungkin yang cukup girly sehingga suka motif bunga-bunga, atau adapula yang suka karakter-karakter kartun.

Bagi cowok cukup simpel, motif kotak-kotak atau polos bisa menjadi pilihan. Yang terpenting mereka suka. Pemilihan motif juga disesuaikan dengan porsi badan mereka. Bagi anak-anak yang memiliki postur tubuh mungil, motif dengan pola besar lebih baik dipilih agar anak tambah lebih berisi. Sebaliknya, bagi anak-anak yang bertubuh tambun, pemilihan motif kecil atau garis vertikal bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kelima, Pemilihan Hijab dan Kopiah
Sebagaimana muslimah, maka bagi wanita belum dikatakan berpakaian muslim jika belum memakai hijab. Meskipun anak-anak belum diwajibkan berhijab, namun kesadaran berhijab  harus ditanamkan dan dimulai sedari kecil, agar setelah dewasa nanti menjadi kebiasaan dan kebutuhan.

Agar anak-anak cinta hijab, pilihlah hijab sesimpel mungkin sehingga anak tidak merasa ribet saat memakainya. Pastikan juga bahannya sejuk sehinggga tidak membuat mereka kepanasan dan ingin melepasnya. Dalam hal ini hijab instan menjadi pilihan terbaik. Tidak perlu mengajarkan dulu anak-anak dengan model hijab yang sulit sehingga mereka akan merasa ribet jika memakai hijab.

Saat mencoba hijab, bawa anak-anak ke depan cermin, lalu puji mereka kalau mereka lebih cantik dan manis jika berhijab, dengan demikian mereka akan antusias membeli dan memakai hijab. Tidak mau ketinggalan, anak laki-lakipun memakai kopiah untuk melengkapi busana muslim mereka. Jadikan mereka terlihat tetap muda dengan membeli kopiah senada dengan warna baju. Biasanya baju stelan muslim sekaligus terdapat hijab dan kopiahnya jadi ibu tidak perlu terlalu khawatir.

Nah, demikianlah hal-hal yang bisa ibu pertimbangkan saat membeli baju muslim bagi anak-anak. Semoga bermanfaat ya Bunda.[HW/"1" Ichie]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bunda, Ini 5 Tips Penting Dalam Memilih dan Membeli Baju Muslim Anak"

Post a Comment