Place Your Ad Here

Cantik Plus Sehat Di Bulan Ramadhan, Kenapa Tidak? Intip 8 Tips Berikut Ini

HIJABERSWORLD.COM---Bulan yang di tunggu-tunggu segera datang, bukan dalam hitungan minggu lagi, namun sudah dalam hitungan hari saja kita akan segera berjumpa dengan bulan yang dirindu. Rutinitas kita sehari-hari mungkin akan sedikit berbeda dari hari-hari biasa, baik pola makan, serta pola tidur. Hal ini secara otomatis akan berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan sebab asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi berkurang.

Hal ini menyebabkan beberapa masalah kesehatan dan kecantikan muncul pada bulan Ramadhan. Masalah-masalah tersebut seperti badan menjadi lemah, lesu, dan letih. Masalah kesehatan tersebut juga diikuti oleh masalah-masalah kecantikan seperti kulit dan bibir menjadi kering, mata menjadi sayu dan lelah, wajah kusam hingga bau mulut.

Cantik, sehat dan segar selama Ramadhan. Photo via marieclaire


Hal ini sangat umum dan wajar sekali terjadi karena nutrisi yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih sedikit dari hari biasa karena kita tidak boleh makan selama berpuasa. Selain itu, selama puasa kita juga cenderung kekurangan cairan tubuh seperti biasa sehingga wajar berbagai masalah akibat dehidrasi muncul pada saat berpuasa.

Tapi bisakah hal tersebut diatasi? Tentu bisa Sob. Meskipun kita sedang berpuasa kita tetap bisa tampil sehat dan cantik kok. Dengan memperhatikan tips berikut ini, kita bisa mengurangi masalah-masalah kesehatan dan kecantikan yang mungkin muncul saat berpuasa. Apa-apa sajakah tips tersebut?

Pertama, Konsumsi Air Putih Yang Cukup Untuk Kulit Sehat 
Masalah yang paling umum saat berpuasa adalah dehidrasi yaitu kurangnya asupan cairan di dalam tubuh. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah-masalah seperti badan menjadi lesu, letih, serta kulit dan bibir menjadi kering. Untuk mengatasi hal ini, pastikan Sobat tetap memenuhi asupan cairan di dalam tubuh.

Sebagaimana kita telah tahu bahwa asupan air yang ideal untuk tubuh adalah 8 gelas perhari. Berlakukan juga selama bulan puasa. Minum dua gelas air masing-masing saat berbuka dan sahur dan pada waktu antara berbuka dan sahur Sobat bisa meminum 4 gelas sisanya. Dengan demikian, kebutuhan 8 gelas air perhari tetap terpenuhi. Hal ini akan mengurangi resiko kulit dan bibir terlalu kering saat berpuasa.

Kedua, Konsumsi Buah-Buahan Sebagai Nutrisi Kulit Dan Cadangan Energi
Buah-buahan jusa sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama bulan Ramadhan, terutama buah-buah yang mengandung vitamin C dan vitamin E yang tinggi. Kandungan pada buah-buahan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kelambaban kulit yang bisa berkurang karena kurang minum.

Selain untuk kesehatan kulit, buah-buahan juga bisa menjadi cadangan energi tubuh karena buah-buahan umumnya mengandung serat sehingga dicerna lebih lama oleh tubuh dan membuat rasa kenyang lebih bertahan lama. Buah yang disarankan untuk dikonsumsi selam bulan puasa adalah buah pisang, bengkuang, apel dan wortel. Buah-buah ini mengandung antiksidan yang tinggi sehingga bisa menjadi nutrisi dan memperkuat daya tahan tubuh.

Ketiga, Konsumsi Karbohidrat Komplek Agar Tidak Mudah Lapar
Untuk menjaga agar energi tersimpan hingga berbuka, pilihlan karbohidrat komplek untuk dikonsumsi saat sahur. Karbohidrat komplek yang terdapat pada oat meal, gandum dan beras merah ini memiliki serat yang cukup tinggi sehingga dicerna lebih lama di dalam tubuh.

Hal ini membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan energi tersimpan lebih lama sehingga tubuh tetap fit hingga berbuka. Selain sebagai penyimpanan energi yang baik, pada gandum ataupun oatmeal juga terkandung zat selenium yang sangat baik untuk kesehatan kulit sehingga kulit tetap sehat selama berpuasa.

Keempat, Tidur Yang Cukup Untuk Lebih Segar Dan Fit
Tidak seperti hari-hari biasa, pada bulan Ramadhan, kita akan mempunyai rutinitas lebih banyak di malam harinya seperti beribadah shalat tarawih dan tadarrus. Setelah itu kita juga harus bangun lebih awal untuk makan sahur. Bagi beberapa orang bahkan juga ada kegiatan-kegiatan Ramadhan lain yang banyak dilakukan di malam hari, terumata bagi remaja mesjid. Hal ini tentu akan membuat waktu tidur menjadi berkurang dari hari biasanya.

Meskipun begitu, jangan sampai waktu tidur benar-benar menjadi sangat sedikit dan berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan. Kurangi aktifitas-aktifitas yang bisa mengganggu waktu tidur seperti menonton pada malam hari, bermain gadget dan hal-hal yang mencuri waktu tidur lainnya. Fokuskan untuk kegiatan yang berhubungan dengan ibadah. Tidur lah minimal jam 9 malam tiap hari karena jam 3 harus bangun kembali.

Untuk mengganti waktu tidur malam hari, gantilah denga tidur di siang hari. Beri waktu bagi tubuh untuk rileks sejenak dengan tidur siang. Sobat bisa memilih tidur siang pada saat setelah selesai shalat zhuhur. Selain mengistirahatkan tubuh, tidur sejenak juga bisa mengistirahatkan kulit dan mata agar lebih segar kembali.

Pastikan tubuh tetap cukup istirahat karena kurang tidur membuat badan terasa sangat lesu. Tidur yang cukup juga untuk mencegah munculnya kantung mata dan mata merah. Jadi, tetap tidur yang cukup ya Sob.

Kelima, Pastikan Untuk Makan Sahur Untuk Tetap Bertenaga
Ada beberapa orang yang berpuasa tanpa sahur sama sekali. Berbagai faktor bisa melatarbelakangi hal ini, terutama malas bangun subuh untuk sahur.  Bagi sebagian orang lebih memilih makan sebelum tidur dan melewatkan sahur agar tidak terlalu lapar, namun beberapa orang malah tidak makan sama sekali selain pas buka.  Hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan. Selain tenaga menjadi sengat lemah, lambung lama-lma bisa bermasalah sehingga menimbulkan penyakit di masa yang akan datang.

Kurang tenaga juga akan berdampak lho Sob pada kecantikan. Wajah menjadi pucat dan lesu. Mata menjadi sayu dan bibir menjadi sangat kering. Selain itu, bau mulut juga lebih tajam daripada bau mulut orang yang sahur karena perut lebih kosong. Bukankah hal ini merugikan Sob?

Jadi usahakanlah untuk makan sahur agar tubuh lebih segar saat berpuasa dan nutrisi tetap masuk ke dalam tubuh. Mungkin satu atau dua hari pertama akan susah untuk bangun bagi. Namun lama-lama akan terbiasa kok Sob. Lagi pula Sahur bukannya untuk menjaga sehat dan cantic, namun juga termasuk sunnah puasa lho Sob. Sayang bukan kalau dilewatkan?

Keenam, Hindari Tidur Setelah Sahur Untuk Mencegah Badan Lesu
Banyak diantara kita yang setelah sahur kembali melanjutkan tidur. Mungkin karena terlalu ngantuk sebab tidak terbiasa bangun terlalu subuh sehingga mata sulit sekali diajak kompromi untuk tetap terjaga. Nah, coba ubah kebiasaan ini Sob.Sebab tahukan Sobat? Tidur di pagi hari itu tidak baik lho karena ternyata menyebabkan kita menjadi lebih lemah dan terlihat lesu.

Jadi usahakanlah untuk tidak tidur setelah sahur apalagi sampai melewatkan subuh. Carilah kegiatan yang bermanfaat untuk dilakukan sebelum Sobat beraktifitas seperti biasa di siang hari agar tidak tertidur. Dengan demikian wajah akan terlihat lebih sehat dan bersinar di siang hari.

Ketujuh, Hindari Makanan Terlalu Manis Dan Kaffein Untuk Menghindari Dehidrasi
Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman terlalu manis selama bulan Ramadhan karena kandungan glukosa yang terlalu tinggi bisa menyebabkan tubuh menjadi mudah dehidrasi yang berakibat pada kekeringan kulit serta kelelahan pada tubuh Sobat. Konsumsi makanan manis sekedarnya saja pada saat berbuka puasa namun hindari pada saat sahur.

Selain makanan manis, hindari juga mengkonsumsi kaffein. Kafein berdifat diuretic yaitu membuat kita mudah sekali pipis. Hal ini menyebabkan cairan tubuh cepat terkuras sehingga tubuh mudah mengalami dehidrasi selama berpuasa.

Kedelapan, Perawatan Kosmetik Tertentu Untuk Kulit, Bibir Dan Mata
Selama berpuasa, kulit akan menjadi kering lebih mudah dari  biasanya, jadi selain nutrisi dari dalam Sobat juga bisa menjaga kesehatannya dari luar dengan menggunakan produk kosmetik tertentu. Gunakan body lotion setidaknya satu kali 3 jam agar kulit tetap lembab. Begitu pula dengan bibir, oleskan lib balm agar bibir tidak terlalu kering.Hindari menjilat bibir karena malah akan membuat bibir menjadi semakin kering.

Untuk perawatan mata agar tidak lesu dan sayu, oleskan es batu atau masker alami. Dengan ini, maka bisa terlihat lebih segar. Jika Sobat ingin  bermake up, usahakan bemakeup seminimalis mungkin, jangan terlalu tebal agar kulit tetap bisa bernafas.

Nah, Sobat, itulah beberapa tips cantik dan sehat selama bulan Ramadhan. Meskipun kita fokus beribadah namun penampilan dan kesehatan jangan sampai terabaikan ya Sob. Kalau nanti sakit nanti bisa mengganggu ibadah pada hari berikutnya atau penampilan yang kurang menarik juga menyebabkan mood menjadi berkurang. Jadi tetap jaga kecantikan dan kesehatan selama berpuasa dengan tips-tips diatas ya Sob. Semoga bermanfaat dan selamat berpuasa.[HW/"1" Ichie]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cantik Plus Sehat Di Bulan Ramadhan, Kenapa Tidak? Intip 8 Tips Berikut Ini"

Post a Comment