Place Your Ad Here

[RAHASIA RAMADHAN] Ini 7 Daftar Ibadah Sunnah Ramadhan Bernilai Besar dan Sayang Dilewatkan

HIJABERSWORLD.COM---Bahagia itu sederhana, seperti ikan kecil bertemu danau, seperti bumi bertemu hujan, seperti pohon bertemu angin, seperti hati para muslim yang merindu di bulan sya’ban. Rindu Ramadhan. Ya, dalam hitungan hari kita InsyaAllah akan bertemu Ramadhan ya Sob. 30 hari mulia dari 366 hari selama setahun. 30 hari penuh berkah dari 366 hari selama revolusi bumi mengelilingi matahari. Bukankah itu artinya bulan Ramadhan sangat istimewa Sob? Ya, tentu saja.

Beribadah di bulan suci.Photo via islamichelp


Seperti istimewanya bulan dimana pertama kali Al-Qur’an diturunkan ini, terdapat juga amalan-amalan sunnah yang memberi kita kesempatan untuk mendulang pahala sebesar-besarnya. Ada amalan-amalan khusus yang hanya bisa kita lakukan pada bulan Ramadhan, serta ada pula amalan yang nilainya jadi berlipat ganda pada bulan Ramadhan yang sayang sekali kalau kita lewatkan.

Setiap amal anak keturunan Adam dilipatgandakan. Tiap satu kebaikan sepuluh lipat gandanya hingga tujuh ratus lipat gandanya.” ( HR. Bukhari Muslim )

Apa saja amalan tersebut? Kita simak berikut ini yuk Sob.

Pertama, Shalat Tarawih
Salah satu ibadah sunnah yang hanya khusus kita laksanakan pada bulan Ramadhan adalah shalat tarawih. Moment shalat tarawih termasuk salah satu moment yang sangat kita nanti-nantikan selama bulan Ramadhan. Selain untuk menambah pundi-pundi amal, shalat tarawih berjamaah di mesjid juga menjadi salah satu media silaturahmi dengan sesama muslim lainnya serta madrasah untuk mendapatkan ilmu dari tausiah-tausiah yang menyertainya. Disisi Allah terutama, melaksanakan shalat tarawih akan mendapatkan ganjaran luar biasa dimana dosa-dosa akan diampuni bagi siapa yang sungguh-sungguh melaksanakannya karena Allah.

Sesungguhnya Allah SWT telah mewajibkan puasa pada bulan Ramadhan kepada kalian, dan aku mensyariatkan kepada kalian agar mendirikan qiyam pada malam harinya (dengan shalat tarawih). Maka Barangsiapa yang berpuasa dan mendirikan qiyam pada malam harinya karena iman dan mengharap ridha Allah SWT niscaya keluar segala dosa-dosanya seakan ia baru dilahirkan dari rahim ibunya”.(Nasai, Ibnu Majah dan Musnad Imam Ahmad)

Dalam riwayat lain juga disebutkan :
Barang siapa yang melaksanakan qiyam Ramadhan karena iman (membenarkan janji-janji Allah SWT) dan ihtisaban (mangharap ridha Allah SWT dan pahala) niscaya diampunkan baginya dosa-dosanya yang telah lalu.” (Bukhari dan Muslim)

Kedua, Membaca Al-Quran
Membaca Al-Quran sebenarnya bukanlah amalan khusus pada bulan Ramadhan, sebab kita dianjurkan untuk selalu membaca Al-Quran setiap hari. Namun pada bulan Ramadhan kita dianjurkan untuk lebih memperbanyak membaca Al-Quran sebab bulan Ramadhan merupakan bulan turunnya Al-Quran untuk pertama kali. Pada saat bulan Ramadhan diriwayatkan bahwa malaikat turut bersama orang-orang yang bertadarus pada malam bulan Ramadhan.

Jibril menemuinya pada tiap malam-malam bulan Ramadhan, dan dia (Jibril) bertadarus Al-Quran bersamanya.” (HR. Bukhari No. 3220)

Ketiga, Shalat Sunnah
Amalan sunnah selanjutnya yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah shalat-shalat sunnah selain shalat tarawih, baik itu shalat rawatib, shalat tahajjud dan juga shalat dhuha. Sebagaimana Allah telah menjanjikan bahwa ibadah akan bernilai ganda pada bulan Ramadhan begitu juga shalat sunnah. Sedangkan pada hari biasa saja Allah menjanjikan ganjaran luar bisa bagi orang-orang yang rajin shalat sunnah apalagi di bulan Ramadhan, bulan dilipatgandakannya segala amal.

Barang siapa yang shalat dalam satu hari satu malam dua belas rakaat, selain shalat wajib, dibangunkan untuknya sebuah rumah di surga”. (H.R Muslim)

Keempat, Shadaqah
Salah satu rahasia bulan Ramadhan adalah agar kita tahu bagaimana saudara-saudara kita yang kurang beruntung hidup selama ini. Berpuasa mengingatkan dan menyadarkan kita bahwa betapa beratnya menahan rasa lapar saat tidak ada sesuatu yang dapat dimakan, bagaimana kering bibir menahan rasa haus saat tidak ada sesuatu yang dapat melepaskan dahaga.

Berpuasa sedikit banyaknya membuat kita merasakan rasa lapar dan haus yang saudara-saudara kita rasakan sepanjang hari. Bukan hanya dari terbit fajar sampai terbenam matahari, namun mereka mungkin mengalaminya selama  berhari-hari.

Hal ini akan menimbulkan tumbuhnya rasa kepedulian pada diri kita. Bagaimana caranya? Bersedekah. Bersedekah pada mereka yang hidup dalam kekurangan diharapkan dapat meringankan sedikit beban mereka. Memang Sob, bukan hanya pada bulan Ramadhan saja kita harus bersedekah, namun alangkah baiknya jika amalan ini kita tingkatkan pada bulan Ramadhan karena Rasulullah bersabda bahwa sebaik-baik shadaqah adalah shadaqah pada bulan Ramadhan.

Sebaik-baiknya shadaqah adalah shadaqah pada bulan Ramadhan.” (HR. Tirmidzi)

Kelima, Memberi Makanan Berbuka Untuk Orang Berpuasa
Hal yang mungkin terlihat kecil terkadang bernilai sangat besar dimata Allah. Salah satunya adalah memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa. Hal ini merupakan salah satu amalan yang sangat sayang untuk kita lewatkan Sob, apalagi jika kita punya rezeki yang berlebih.

Daripada menghabiskan banyak uang untuk membeli makanan-makanan yang mahal yang nantinya malah akan mubazir, alangkah baiknya jika kita menyisihkan sebagiannya untuk membelikan lalu memberikannya pada orang-orang yang berpuasa sebagai makanan berbuka bagi mereka.

Kita bisa memberikannya ada anak-anak yatim, kaum-kaum dhuafa, atau siapapun itu yang sedang berpuasa dan pantas mendapatkannya. Ketahuilah Sobat, sungguh hal ini ternyata besar nilainya dimata Allah. Sebagaimana sabda Rasulullah :

Barang siapa yang memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa itu.” (Shahih Nasa’i dan Tirmidzi)

Semakin banyak orang yang kita sediakan menu berbuka baginya, semakin besar pula pahala yang akan kita dapatkan. Allah memberikan kita jalan untuk menyalurkan rezeki di jalan yang benar-benar mulia.

Keenam, Menyegerakan Berbuka Puasa
Amalan sunnah yang juga sangat sayang jika kita abaikan adalah menyegerakan berbuka puasa. Nah, kalau yang ini sudah pasti ya Sob. Kita mah 10 menit menjelang azan maghrib sudah tongkrongin meja makan serta menu-menu buka puasanya. Ternyata menyegerakan berbuka puasa termasuk salah satu sunnah puasa yang jika kita laksanakan mendapat pahala yang besar disisi Allah.

Manusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Ketujuh, Makan Sahur
Selanjutnya kita juga disunnahkan untuk makan sahur sebelum fajar. Allah selalu menyiratkan rahasia dalam setiap amalan wajib maupun sunnah yang Allah perintahkan. Sahur bermanfaat untuk mempersiapkan diri menjalankan puasa pada siang hari. Sahur bermanfaat untuk menyimpan energi karena selama berpuasa kita tidak makan apa-apa. Nah, tidak malas bangun dini hari buat sahur kan Sob? Selain untuk persiapan untuk puasa, juga dapat pahalanya.

Makan sahurlah karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bukankah mendapatkan pahala Allah begitu mudah di bulan Ramadhan Sob, selagi kita ikhlas maka bulan Ramadhan benar-benar menjadi lahan untuk panen pahala sebanyak-banyaknya. Bukankah sangat sayang untuk kita lewatkan Sobat? Semoga amalan-amalan di atas bisa kita laksanakan sebaik-baikknya Ramadhan ini ya Sob,sebab tidak ada yang bisa tahu, akankan kita bisa bersua lagi di Ramadhan selanjutnya.[]

Penulis : Yefra Desfita Ningsih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[RAHASIA RAMADHAN] Ini 7 Daftar Ibadah Sunnah Ramadhan Bernilai Besar dan Sayang Dilewatkan"

Post a Comment