Place Your Ad Here

Kata-Kata Inspirasi, Bijak dan Motivasi Pilihan Dalam Jilbab Traveler : Love Sparks In Korea

HIJABERSWORLD.COM---Antusias masyarakat muslim Indonesia khususnya para penggila film sudah berdengung di mana-mana. Hal ini berhubungan dengan dirilisnya beberapa film baru yang berbarengan dengan moment Ramadhan dan menambah semarak liburan Lebaran. Selain ada film sekuel terbaru dari Habibi Ainun berjudul Rudy Habibie yang mulai tayang sejak dua hari lalu ( 30 Juni 2016 ), dalam hitungan hari akan disusul oleh film Jilbab Traveler : Love Spark In Korea. ( Untuk informasi dan jadwal tayangan Jilbab Traveler di bioskop, Sobat bisa membaca selengkapnya di sini )

Jika film Rudy Habibie tentang kisah perjuangan, hidup, mimpi dan cinta BJ Habibie semasa muda, Jilbab Traveler ini sebagian besar merupakan inspirasi kisah nyata dari perjalanan dan warna warni mimpi Asma Nadia. Di balut dengan cerita yang unik, gaya sastra yang indah dan berlatar Korea, film ini tidak pelak lagi digandrungi para remaja.


Selain alur kisah yang menarik, terdapat banyak inspirasi dan motivasi dalam Jilbab Traveler. Asma Nadia selalu melengkapi karyanya dengan kata-kata motivasi Islami, tak terkecuali dengan Love Spark In Korea ini. Disarikan dari novel Jilbab Traveler : Love Spark in Korea, berikut kata-kata inspirasi, bijak dan motivasi Islami tentang cinta, impian, perjuangan dan romantisme kehidupan yang bisa menjadi renungan  :

" Banyak cara orang mendapatkan hidayah dan cinta, bukankah Allah yang menghidupkan dan mematikan mereka juga Maha Luas Cinta-Nya? Setitik dari cinta yang telah diturunkan telah menggugah bagian terdalam jiwa. Membebaskannya dari jeruji hitam putih yang selama ini mengurung."

" Sungguh. Sia-sia cinta memberimu sayap jika kau tak pandai terbang. Sia-sia juga cinta memberimu kebahagiaan jika kau tak cakap memaknai. Tapi betapa berartinya cinta jika kau sandarkan rasa itu kepada Dia yang begitu sempurna meletakkannya di hatimu."

" Pernikahan adalah ibadah, dan setiap ibadah bermuara pada cinta-Nya sebagai tujuan. Sudah sewajarnya setiap upaya meraih cinta-Nya dilakukan dengan sukacita."

" Cinta bisa mengilat atau memudar seiring tahun-tahun pernikahan. Kesatuan dan kekuatan iman akan menjaga agar langgeng dan tak tertelan masa. Kesamaan fondasi keluarga saat prahara muncul untuk menggoyahkan sakinah."

" Perempuan boleh punya penghasilan besar, tapi isteri yang sholihah tidak akan tinggi hati apalagi meremehkan suami. Terlebih jika suami berusaha dan memberi nafkah. Kewajiban taat kepada imam dalam keluarga tidak berkurang meski penghasilan isteri lebih besar berkali-kali lipat. Isteri yang sholihah menyadari jika sangat mungkin pada besarnya rezeki Allah berikan, ada titipan bagi sang suami dan anak."

" Suami yang sholih pun tidak akan rendah diri atau kehilangan marwah sebagai imam keluarga, meski penghasilan isteri lebih besar. Takwa tak ada urusanna dengan tingkat pendapatan seseorang. Lelaki tetap punya tanggung jawab memimpin isteri dan anak sehingga mereka bisa sama-sama ke surga."

" Bagi traveler, kehilangan sesuatu di perjalanan, pasti pahit, bahkan bisa merusak semua rencana yan sudah disusun. Tapi keikhlasan akan membuat satu dua kehilangan atau peristiwa tak diinginkan yang sangat mungkin terjadi-tak menguapkan semua keceriaan selama perjalanan."

" Seorang perempuan tahu dia telah menemukan laki-laki yang tepat untuk melabuhkan hati saat dia merasa nyaman berada di sisinya, bahkan meski sekadar memikirkannya."

" Ada banyak hal di dunia ini yang membuat kita tidak mengerti. Orang boleh saja kaya, tampan, tapi tidak lantas membuat kita jatuh cinta."

" Sebagian muslimah sering terkungkung dengan perkara pantas atau tidak pantas. Padahal jika masih wajar dan bukan hal-hal yang dilarang Allah, tidak berlawanan dengan norma umum di masyarakat, kenapa harus pusing dengan tanggapan pantas atau tidak di mata orang? "

" Kematian adalah puncak. Tuntasnya kerinduan seorang hamba kepada Rabb-nya ."

" Hidup tak usah diratapi karena ujian adalah kemestian. Berusaha saja. Berjuang menaklukkan berbagai halangan yang memberi jarak mimpi-mimpi dan dirimu."

" Kenapa harus bertahan jika seseorang bisa pergi dan menukar kesedihan dengan kebahagiaan? "

" Allah, penuhi hatiku dengan cinta-Mu. Cukupkan aku dengan-Mu. Jadikan aku fakir hanya kepada-Mu."

" Setiap perjalanan seharusnya menambah keimanan, bukan menyisakan kegalauan demi kegalauan."

" Ketika satu pintu tertutup, besar kemungkinan Allah sedang membuka gerbang-gerbang yang lain. Deret pintu menuju banyak mimpi yang menunggu dimasuki. Namun, mustahil terlihat jika hati dan pikiran seseorang terus terbelenggu pada satu yang tertutup."

" Semangat hidup dan mimpi-mimpi tak harus pergi hanya karena orang yang kita kasihi menghadap Ilahi."

" Jangan bicara cinta pada burung-burung sebelum kau yakin tumbuh sayap yang menerbangkan hasratmu pada cintaNya "

" Bukan secangkir kopi apalagi ucapan seremoni tapi cinta yang membawaku terbang tinggi "

Cukup banyak rangkaian kata dan kalima yang berkesan dalam buku Jilbab Traveler. Terakhir, ada kata-kata kutipan yang sangat berkesan tentan arti sebuah persahabatan dalam Islam. Kata-kata tersebut dikutip Asma Nadia dari hadits Nabi Saw yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim yaitu :

" Perumpamaan teman yang sholih dan teman yang jahat adalah seperti orang yang membawa minyak misik (harum) dan orang yang meniup bara pandai besi. Orang yang membawa minyak misik mungkin akan memberikannya kepadamu, atau engkau akan membelinya atau engkau merasakan bau harum darinya. Adapun peniup bara api pandai besi, mungkin akan membakar pakaianmu, atau engkau akan merasakan bau yang busuk darinya."

[ Update Versi Film ]
Tambahan Kata-Kata Mutiara Dalam Film Jilbab Traveler

Tepat tanggal 07 Juli 2016, 2 hari setelah film Jilbab Traveler dirilis, saya membeli tiket di XXI bersama 3 orang saudara. Nah, berdasarkan pengalaman menonton Jilbab Traveler versi layar lebar ada beberapa perbedaan jalan cerita. Juga menurut saya ada kata-kata mutiara dalam film Jilbab Traveler yang belum pernah saya baca di novelnya. Rasanya memang tidak ada di novel atau memang saya yang lupa ya karena ending ceritanya juga berbeda. Ini dia satu kata-kata mutiara dan bijak yang baru saya dengar di filmnya yang cukup berkesan menurut saya :

" Setiap langit memilih bintangnya dan dia bukan bintang di langit saya, " kata-kata ini diucapkan Hyun Geun ketika Rania hendak berlari keluar dari gedung acara ulang tahun Jeong Hwa saat kaget mendengar pengumuman hubungan Jeong Hwa dan Hyun Geun akan diresmikan.

Selebihnya, kata-kata khas Jilbab Traveler di bagian akhir cerita :

" Kamu mencuri mimpi-mimpiku dan aku suka, " yang dalam novel diucapkan Hyun Geun pada Rania tapi dalam versi film sebaliknya, diucapkan Rania pada Hyun Geun di atas sebuah bukit untuk meyakinkan tentang pelabuhan cintanya bukanlah pada Ilhan.

Nah, Sobat Hijabers, di atas beberapa kalimat inspirasi dan motivasi yang terdapat dalam film dan juga buku Jilbab Traveler : Love Spark In Korea karya Asma Nadia versi Hijabers World. Adakah diantaranya yang berkesan di hati dan pikiran Sobat? Semoga menginspirasi bagi Sobat yang ingin  menjadi jilbab atau hijab traveling ya.[ HW/Elshabrina ]

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Kata-Kata Inspirasi, Bijak dan Motivasi Pilihan Dalam Jilbab Traveler : Love Sparks In Korea"

  1. Subhanallah sungguh sangat berkesan sekali film dan kata-kata nya

    ReplyDelete
  2. Subhanallah sungguh indah kata" dan filmnya

    ReplyDelete