Place Your Ad Here

Kulit Berselulit dan Menggunakan Cocoa Butter? Baca Dulu Mitos dan Fakta Cocoa Butter Sebagai Obat Selulit

HIJABERSWORLD.COM---Selulit terbilang cukup menyulitkan terutama kita kaum hawa. Sebagai salah satu masalah dan gangguan kulit, memiliki selulit cukup menganggu, merusak keindahan dan juga mempengaruhi kepercayaan diri. Nah, Sobat yang sedang mencari obat selulit alami pernah disarankan memakai cocoa butter?

Cocoa butter adalah sejenis lemak jenuh yang diekstrak dari biji coklat. Seperti namanya, secara umum cocoa butter digunakan untuk bahan dasar pembuatan coklat. Dalam dunia kesehatan, cocoa butter terkenal mempunyai beberapa manfaat kesehatan begitu pula dalam dunia kecantikan.

Cocoa butter cream. Photo via makeupjournal


Dalam dunia kecantikan, cocoa butter terkenal sekali khasiatnya dalam perawatan rambut serta perawatan  yang berhubungan dengan kulit. Hal ini dikarena  vitamin E yang terkandung di dalamnya. Sebagaimana diketahui, vitamin E memang merupakan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan kulit.
Tak heran bila kemudian cocoa butter banyak digunakan untuk berbagai perawatan kulit seperti mengatasi luka, mencegah keriput menghilangkan strech mark, mencegah tanda penuaan dan mengurangi inflamasi pada jerawat. Dengan  ragam manfaatnya  pada kulit tersebut, cocoa butter  juga sering disebut sebagai salah satu bahan yang ampuh untuk obat selulit.

Benarkah Cocoa Butter Bisa Mengatasi Selulit?

Memang ada beberapa artikel yang menyatakan bahwa selain mengatasi berbagai masalah kulit, cocoa butter juga bisa digunakan sebagai obat selulit. Hal ini barangkali disebabkan karena sebagian masyarakat mungkin berfikir kalau selulit dan strech mark itu sama. Penting untuk diketahui, selulit dan strech mark merupakan dua hal yang berbeda.

Strech mark merupakan peregangan pada kulit. Hal ini menyebabkan kulit seperti mengalami keretakan-keretakan yang ditandai dengan adanya bercak-bercak seperti garis berwarna putih. Hal ini paling sering dialami oleh wanita hamil.

Sebaliknya, selulit merupakan keadaan kulit di mana terjadinya penumpukan lemak di bawah kulit sehingga membuat kulit menjadi tidak rata. Selulit sering dikatakan seperti kulit jeruk karena kantong-kantong lemak di bawah kulit. Jadi selulit sebenarnya bukan masalah pada kulit luar, namun merupakan masalah kelebihan lemak yang menyebabkan kulit terlihat tidak rata.

Cocoa butter memang bisa mengatasi masalah strech mark dan masalah kulit lainnya, namun, cocoa butter tidak bisa mengurangi apalagi  menghilangkan selulit. Cocoa butter justru bisa memperparah selulit sebab mengandung lemak yang cukup tinggi. Kenapa cocoa butter tidak bisa bermanfaat sebagai obat selulit? Berikut penjelasannya :

Pertama, tidak mengurangi kadar lemak

Berbeda dengan kebanyakan masalah kulit lainya, selulit tidak disebabkan oleh faktor luar, melainkan faktor lemak yang ada  di dalam tubuh. Itulah kenapa, umumnya selulit dialami olah orang-orang dengan berat badan yang berlebih.  Lemak sisa metabolisme sisa metabolisme tersebut membentuk kantong-kantong lemak dan muncul di permukaan kulit. Nah, cocoa butter tidak bisa memecah dan mengurangi kadar lemak di dalam tubuh, itulah alasannya kenapa cocoa butter tidak bisa dijadikan obat selulit.

Kedua, mengandung lemak

Bukannya bisa mengurangi lemak, cocoa butter justru akan menambah akumulasi lemak di dalam tubuh sebab, cocoa butter itu sendiri mengandung lemak yang cukup tinggi. Nah, sekarang Sobat sudah tahu ya kenapa cocoa butter tidak dapat mengatasi selulit.

Lalu Bagaimana Mengatasi Selulit? 

Selulit disebabkan oleh lemak, jadi satu-satunya cara untuk mengatasi selulit adalah dengan mengurangi dan menghancurkan lemak yang terdapat pada kulit tersebut. Sobat bisa menggunakan obat selulit pil maupun krim yang punya kemampuan membakar lemak. Sekarang banyak dijual dan beredar obat selulit baik di pasar atau di apotik. Namun, utamakan obat selulit yang aman, bagus dan berkhasiat paling ampuh.

Di samping itu, selulit yang muncul setelah melahirkan atau karena keadaan tertentu dapat dikurangi dan dihilangkan dengan obat selulit traditional. Obat selulit alami yang sering digunakan adalah dedaunan, buah maupun minyak herbal. Misalnya, menggunakan masker almond, lidah buaya, minyak zaitun dan lainnya.

Bisa juga didapatkan dari makanan-makanan yang punya fungsi membakar lemak, atau dengan cara melakukan perawatan medis untuk mendapatkan tindakan penghilang selulit. Semoga informasi di atas berguna ya.[ HW/Ichie/Elshabrina]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kulit Berselulit dan Menggunakan Cocoa Butter? Baca Dulu Mitos dan Fakta Cocoa Butter Sebagai Obat Selulit "

Post a Comment