Place Your Ad Here

Tak Peduli Seperti Apa Hidup dan Dirimu, Kamu Pemilik 10 Kesempatan Ini

HIJABERSWORLD.COM---Apa kabar Sobat semua? Semoga sehat selalu dan tetap semangat menjalani anugerah hidup yang sekali ini ya.

Umum dan lumrahnya kita berpikiran bahwa kesempatan adalah sesuatu yang terbatas. Tak heran bila sering berkata “ kesempatan tidak akan datang dua kali”. Kita menjadi lemah tak berdaya, dihantui rasa bersalah, penyesalan dan lainnya seolah-olah kesempatan semuanya sudah pergi dan tertutup.

Pada prinsipnya, kesempatan itu selalu ada dalam hidup. Tidak peduli seperti apa diri, kondisi fisik, keuangan, kemiskinan, pendidikan dan lainnya. Hanya saja sebagian kesempatan memang datang dengan sendirinya dan sebagian lagi kesempatan itu harus dijemput.



Masing-masing orang berhak dan bisa memiliki kesempatan apapun kecuali kesempatan hidup kembali di dunia setelah dipanggil Tuhan Yang Maha Kuasa. Ya, batas kesempatan adalah kematian. Sebelum menutup mata, semua kesempatan masih bisa diraih dan diusahan. Berubah, bertobat, berobat, belajar, berjalan, bertemu dan apapun itu.  Setiap hembusan nafas kita adalah kesempatan.

Nah, bagaimana cara memandang hidup sebagai sebuah kesempatan? Apa saja kesempatan yang melekat pada diri kita setiap saat? Berikut ulasannya :

1.Kesempatan untuk memperbaiki diri dan berubah
Pernah melakukan kesalahan?Baik kesalahan skala ringan, sedang maupun besar, tidak perlu menghukum diri karena Sobat punya kesempatan untuk memulai menjadi pribadi yang baru. Katakan selamat tinggal dengan masa lalu yang hitam dan bukalah perubahan. Tidak ada orang yang bisa memperbaiki diri kita kecuali diri kita sendiri. Mumpung masih diberi nafas, raihlah segera.

2.Kesempatan untuk lebih banyak belajar
“ Sungguh senang tak terkira melihat orang lain begitu pintar dan bijaksana dengan ilmunya. Namun, apalah daya, kita tidak pernah mengenyam pendidikan karena keluarga tidak punya. Tak terasa usia semakin menua, ingin sekolah sudah malu.”

Ketahuilah, menuntut ilmu tidak mengenal batas usia. Meski miskin, cacat atau sudah tua bangka,
setiap orang punya kesempatan untuk lebih banyak belajar. Menuntut ilmu di lembaga pendidikan itu berguna. Belajar dan meraih ilmu di universitas kehidupan jauh lebih berguna lagi.

3.Kesempatan untuk mengejar yang terbaik
Apakah Sobat beberapa kali mengalami kegagalan atau bahkan merasa belum pernah berhasil melakukan sesuatu yang terbaik?Kapanpun adalah waktu yang tepat untuk mengejarnya tapi segera melakukan saat ini juga jauh lebih tepat sebelum terlambat. Kejarlah dan jangan melihat ke belakang sampai yang terbaik berhasil diraih.

4.Kesempatan untuk mewujudkan impian yang tertunda
Tidak ada orang yang tidak punya impian. Namun, terkadang berbagai keadaan membuat impian tidak dapat terlaksana. Ada yang sudah mengejar tapi tidak sampai pada titik akhir. Impian tersimpan dalam waktu lama karena terhalang jarak, waktu, uang dan sisi lain kehidupan. Kini, jemput kembali impian yang pernah tersimpan dan tertunda terlebih kalau keadaan sudah mendukung.

5.Kesempatan untuk berkarya
Apakah hidup terasa hampa, kosong dan merasa tidak begitu bangga dengan diri sendiri karena miskin karya?Berbagi, pengabdian dan kepedulian merupakan salah satu sumber bahagia. Berkarya termasuk aktualisasi diri yang menimbulkan kepuasan serta ketenangan batin, perasaan berguna, meningkatkan kepercayaan diri dan  hal yang lebih penting adalah membuat hidup lebih berarti.

Jika masih belum punya sumbangsih, Sobat punya kesempatan untuk melakukan perubahan dan mewujudkan mimpi menjadi orang bermanfaat dengan memiliki karya. Mulailah membuat rencana karya yang sesuai dengan passion seperti mengajar, menulis, desain dan lain sebagainya.

6.Kesempatan untuk merasakan dan memberikan kasih sayang 
Mungkin selama ini begitu sibuk bekerja mencari uang atau aktifitas lain yang membuat waktu begitu banyak tersita. Isteri, suami, bapak, ibu, anak, kakak, adek, nenek dan lainnya mungkin sudah jarang dihubungi. Tanpa sadar tidak begitu peduli dan kurang perhatian. Saatnya memberikan kasih sayang kepada mereka karena kesempatan hanya saat mereka masih ada.

Bagi yang hidup sebatangkara, dunia ini tidak begitu sepi seperti yang dikira. Milikilah saudara, jika tidak saudara kandung tapi memiliki sahabat hubungan erat. Ciptakan persaudaraan dengan orang-orang kurang beruntung, Sobat akan merasakan kasih sayang dan doa dari mereka.

7.Kesempatan untuk lebih sehat
Bagi yang saat ini sedang sakit, berarti telah merasakan betapa nikmatnya sehat. Berjuanglah untuk kembali sehat dan fresh agar bisa beribadah dengan maksimal serta menjalani hidup yang hanya sekali ini. Separah apapun sakit yang diderita, miliki harapan dan kesempatan untuk sembuh.

8.Kesempatan untuk meminta maaf
Pernah bertengkar dan salah paham dengan sahabat atau bahkan dengan keluarga? Buruan, saatnya meminta maaf sekarang juga Sobat. Jangan menunda untuk menghapus dosa di hati nanti nyawa keburu pergi. Hilangkan gengsi dan tinggi hati. Meminta maaf dengan berani adalah obat yang akan membuat hati lebih tenteram dan hidup terasa lebih menyenangkan. Permusuhan dan hubungan yang retak adalah sumber dari berbagai derita. Percayalah.

9.Kesempatan untuk menyiapkan bekal akhirat
Sebagaimana yang sama-sama diketahui, hidup di dunia ini dengan segala masalahnya hanyalah sementara. Tempat persinggahan untuk menuju tempat keabadian. Jika masih merasa amal sangat sedikit dan belum layak berada di surga, masih ada kesempatan untuk menyiapkannya. Selama hayat masih dikandung badan, tumpuklah amal sebanyak-banyaknya.

Tidak perlu minder dengan ibadah di masa lalu yang biasa-biasa saja. Tidak perlu iri hati melihat orang lain yang sangat tekun beribadah. Malulah kalau membiarkan kesempatan beribadah berlalu tanpa ada keinginan untuk meningkatkannya.

10.Kesempatan untuk bertobat dan dekat dengan Allah
Pernah berbuat syirik atau melakukan dosa besar? Berhentilah menghukum diri apalagi membenamkan diri dalam lumuran maksiat karena dianggap sudah terlanjur basah. Saatnya untuk menutup lembaran kelam dan memulai dengan buku harian baru dengan cerita yang lebih baik dan positif.

Kesempatan Apa Yang Mau Sobat Ambil Hari Ini?
Dari semua kesempatan, mana saja yang paling sahabat butuhkan?Ambillah sekarang juga karena bisa saja hanya hari ini milik kita. Adakah jaminan bahwa esok mata masih terbuka? Mari buat keputusan, ambil kesempatan dan lakukan perubahan. [ HW / Fitzel ]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tak Peduli Seperti Apa Hidup dan Dirimu, Kamu Pemilik 10 Kesempatan Ini"

Post a Comment