Place Your Ad Here

6 Trik Jitu Membuat Jus Sayur Enak, Segar dan Sehat Plus Resep Jus Sayur Brokoli Mix

HIJABERSWORLD.COM---Belakangan ini jus sayur mulai terkenal di Indonesia dan mulai diperhitungkan orang sebagai minuman sehat untuk menjaga kesehatan tubuh. Bagi kamu yang belum familiar, pengertian jus sayur adalah jus yang terbuat dari sayur. Jus yang berasal dari olahan satu atau beberapa jenis sayur. Terkadang ada juga yang mencampurkan dengan buah. Baik membuat jus sayur murni atau kombinasi buah merupakan pilihan masing-masing dan berdasarkan kesukaan.

Sayur apa saja yang digunakan untuk jus sayur?
Jus sayuran sangat bagus dikonsumsi baik digunakan untuk diet, pembakar lemak, penuruan berat badan, anti kanker, detoksifikasi tubuh, kulit, dewasa maupun anak-anak. Cukup banyak resep juice sayuran dan buah yang dibuat seperti jus nanas, sawi, bayam, jus apel, jus wortel dan sebagainya. Namun, umumnya jus sayuran dan buah yang populer serta banyak digemari adalah jus sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan sayur hijau lainnya.

Lalu, bagaimana cara membuat jus sayur yang enak dan segar?
Pada dasarnya, jus sayur sama pentingnya dengan jus buah dalam mensuplai gizi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Baik jus sayur maupun jus buah memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.Bagi sebagian orang yang kesulitan makan sayur saat makan, jus sayur ini bisa dijadikan menu alternatif untuk mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin dalam tubuh.



Tidak perlu khawatir dengan rasanya. Jus sayur ini tidak kalah enaknya dengan jus buah. Jus sayur tidak lantas berarti pahit atau hambar. Jus sayur hijau ini dipercaya banyak kalangan bagus untuk diet. Bahkan beberapa orang tua malah secara rutin memberikan jus sayur dan buah untuk anak agar gizi anak tercukupi. Jus sayur dan buah juga sangat bagus untuk perawatan kulit. Untuk membuat jus sayur yang enak dan segar, perhatikan 6 trik berikut ini :

  • Pilihlah sayuran yang petik langsung

Memilih sayuran yang akan dibuat jus harus benar-benar teliti karena akan mempengaruhi rasa jus yang dibuat. Pilihlah sayuran yang masih segar, lebih baik lagi memilih sayuran organik walau sedikit mahal tetapi terhindar dari pupuk kimia yang berakibat fatal bagi tubuh. Jika memetik langsung dari kebun jauh lebih baik.

  • Cuci sayuran hingga benar-benar bersih

Setelah memilih sayur, cucilah sayur itu hingga benar-benar bersih. Pastikan tidak ada kotoran atau pun hewan-hewan kecil yang menempel. Pastikan semua kotoran benar-benar hilang. Untuk memastikan hewan-hewan kecil yang biasa menempel pada sayuran, campurkan garam satu sendok makan pada sayuran. Tambahkan air, diamkan kurang lebih 3 menit. Setelah itu, baru dibilas dengan air yang mengalir.

  • Mengkombinasikan dengan sayuran lain

Ada sayuran tertentu yang mempunyai rasa dan bau kurang sedap, hal ini bisa disiasati dengan mengkombinasikan sayuran yang mempunyai rasa dan bau kurang sedap dengan sayuran lain. Misalnya brokoli, brokoli mempunyai bau yang kurang sedap, untuk mengurangi bau ini dapat ditambahkan wortel sehingga jus brokoli terasa nikmat dan lezat.

  • Jangan terlalu lama menyimpan jus sayur

Setelah jus jadi, segera minum jus yang dibuat, jangan sampai menunggu lama atau menyimpannya dalam kulkas karena membuat jus menjadi tidak enak dan pada akhirnya menjadi enggan meminumnya.

  • Buatlah jus secukupnya

Buatlah jus secukupnya, sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Jangan terlalu banyak, membuat jus yang terlalu banyak memunculkan perasaan tidak enak atau eneg ketika akan minum. Selain itu, mungkin juga akan mubazir karena perut sudah merasa penuh.

  • Pandai berkreasi 

Buatlah jus yang berbeda tiap hari, ciptakan menu-menu jus yang bervariasi. Jus yang bervariasi membuat kamu tidak mengalami kebosanan ketika berhadapan dengan jus.

Selain mempertimbangkan hal-hal di atas, penting buat Anda untuk memperhatikan komposisi bahan yang terkandung dalam jus sayur agar jus terasa enak. Jangan sampai satu bahan mendominasi bahan yang lain sehingga menyebabkan rasa yang kurang pas. Berikut ada resep yang bisa dicoba dalam membuat jus sayur :

Resep Jus Brokoli Mix
Jus ini terbuat dari brokoli mentah dan biasanya dicampur dengan buah lain. Sayur brokoli hijau biasanya digunakan sebagai bahan masak, masakan sayur brokoli kuah ditambah saus tiram disenangi mayoritas orang.

Selain untuk dimasak, rasa jus brokoli juga enak dan manfaat jus brokoli yang banyak membuat orang mengolah brokoli sebagai jus untuk diet. Pada kesempatan kali ini akan dibagikan resep membuat jus brokoli dan wortel plus campur dengan bengkuang. Ini langkah selengkapnya untuk kamu :

Bahan:

  • 100 gram brokoli
  • 2 buah wortel
  • 1 buah bengkoang
  • Air matang secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat

  • Cuci brokoli, wortel, bengkoang hingga bersih, lalu dipotong kecil-kecil
  • Masukan ke dalam blender, tambahkan air dan es batu
  • Blender sampai semua bahan hancur
  • Tuang ke dalam gelas, dan siap diminum.
  • Tips: Jus ini akan terasa khasiatnya jika diminum sebelum makan dan sebaiknya segera diminum. Tidak perlu dimasukan ke dalam kulkas.

Nah, mudah bukan membuat jus sayur yang enak dan lezat? Ayo, masukan jus sayur dalam menu sehari-hari. Tidak hanya jus buah saja, mari lebih dekat dan bersahabat dengan jus sayur, dan lihatlah perubahan tubuh Anda untuk beberapa hari kemudian.  [ HW/Elshabrina]


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Trik Jitu Membuat Jus Sayur Enak, Segar dan Sehat Plus Resep Jus Sayur Brokoli Mix"

Post a Comment