Place Your Ad Here

Hidup Harus Berjalan, Saat Dihantui Rasa Penyesalan Lakukan 10 Cara Ini

HIJABERSWORLD.COM---Pernahkan Sobat merasakan penyesalan yang mendalam? Entah itu terhadap orang tua, pasangan, sahabat atau pada diri sendiri? Seyogianya, tidak ada seorang pun di dunia ini yang luput dari rasa menyesal. Hampir semua orang pernah mengalaminya. Sebagai manusia biasa, kita kadang memang tidak bisa menghindari hal ini.



Perasaan merasa bersalah dan menyesal adalah sesuatu yang alami dan manusiawi. Tapi persoalannya adalah bagaimana cara kita memanajemen dan belajar dari penyesalan tersebut. Penyesalan tidak melulu dianggap sebagai sesuatu yang negatif. Namun, penyesalan secara tidak langsung juga bisa memberikam pengaruh dan manfaat yang positif bagi kemajuan seseorang.

Ada 10 hal terkait bagaimana menghadapi rasa penyesalan yang mendalam agar tidak membuat kita menjadi stagnan yaitu :

Pertama, belajar menerima dan mengakui rasa penyesalan

Harus diingat bahwa tidak semua orang yang mau mengakui dan menerima rasa penyesalan yang ada karena mereka merasa rendah diri. Mungkin kita tidak harus mengakui pada orang lain. Hal utama adalah mengakui pada diri sendiri. Ini sangat penting karena orang yang tidak mau mengakui dan menerima rasa penyesalannya akan terbebani dan larut dalam penyesalan yang mendalam. Dengan menerima dan mengakui, maka rasa penyesalan tersebut akan berkurang.

Kedua, mencaritahu mengapa menyesal dan apa saja yang membuat menyesal

Sama halnya ketika mendapat masalah, maka untuk menyelesaikannya kita harus menemukan sumber masalahnya. Begitu juga dalam menghadapi rasa penyesalan. Coba dipikir-pikir ulang kenapa rasa bersalah tersebut muncul dan masih bertahan hingga sekarang.

Ketiga, belajar dari kesalahan

Dengan mengalami rasa penyesalan maka kita bisa menyadari bahwa mungkin kita telah melakukan beberapa kesalahan. Ketika menghadapi penyesalan, maka tanyakan pelajaran atau hikmah apa kira-kira yang saya dapat dari kejadian ini?

Jika Sobat menyesal karena tidak lulus dalam sebuah ujian. Bisa jadi karena Sobat kurang maksimal dalam persiapannya. Ketika Sobat menyadari hal ini, di masa mendatang maka Sobat dituntut untuk lebih ekstra dalam belajar sehingga peluang Sobat semakin besar. Lebih baik terlambat menyadari daripada tidak pernah menyadari sama sekali.

Keempat, manfaatkan kesempatan selagi masih ada

Salah satu penyebab mengapa seseorang menyesal adalah karena ia tidak melakukan sesuatu sementara pada waktu itu ia memiliki kesempatan untuk melakukannya. Ada orang yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak memiliki waktu untuk keluarganya. Mereka sibuk dengan pikiran ingin membuat keluarga lebih bahagia bila mereka memiliki lebih banyak uang.

Mereka tidak menyadari bahwa hal utama yang dibutuhkan oleh keluarga adalah perhatian. Umumnya perhatian jauh lebih dibutuhkan dan penting bagi istri, anak, suami, bapak, ibu daripada uang.
Mungkin ada juga Sobat yang menyukai seseorang tapi tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkan perasaan takut ditolak. Kemudian Sobat mendapat berita bahwa orang yang ditaksir tersebut sudah menikah. Sobat pun menyesal mengapa tidak pernah jujur dan berani untuk mengatakannya.

Kesempatan itu tidak selalu ada. Kesempatan kedua itu belum tentu ada. Mungkin orang tua selalu bersedia memaafkan kekhilafan kita tapi bagaimana dengan dengan pasangan yang telah kita lukai, sahabat yang kita acuhkan?Mereka bisa saja tidak akan kembali ke sisi Sobat.

Selain itu, kita tidak hidup selamanya. Tidak tahu kapan kita akan dipanggil. Jadi, waktu kita terbatas. Hari ini kita punya kesempatan untuk mencapai cita-cita kita tapi besok belum tentu. Hari ini kita sehat tapi bisa jadi kita sakit. Hari ini kita masih beraktifitas seperti biasa, hari esok kita sudah tiada. Hanya hari ini milik kita. Jadi pergunakanlah kesempatan yang masih ada dan tersisa sebaik mungkin. Jangan sampai semua kesempatan hilang tanpa bekas.

Kelima, hargai apa yang dimiliki

Kadang kita lupa bersyukur sehingga kurang menghargai apa yang dimiliki hari ini. Ketika semua yang dimiliki pergi dan hilang maka baru menyadari bahwa hal itu sangat berarti tapi kita kurang menyadarinya di masa lalu. So, hargai dan syukuri apa yang Sobat miliki hari ini. Ikhlaskan kehilangan di masa lampau dan jaga apa yang ada sekarang agar tidak hilang juga.

Keenam, jangan meremehkan hal-hal sepele

Kadang kita selalu sibuk memikirkan hal-hal yang besar karena keinginan untuk menjadi orang yang sukses. Kita kurang menyadari bahwa hal-hal yang dianggap kecil juga sangat penting. Seperti membalas sms orang yang kita sayangi.

Pasangan kita selalu berusaha menanyakan kabar tapi kita tidak mau meluangkan waktu sekian detik saja untuk membalas pesan dan mengangkat telpon. Ketika dia merasa tidak berguna bagi kita maka dia pergi untuk menemukan orang yang bisa menghargai kehadirannya. Maka pada saat itu kita menyesal. Jangan meremehkan hal-hal sepele karena hal-hal besar dimulai dari hal-hal kecil.

Ketujuh, berusahalah untuk tidak egois dan tamak

Salah satu kenapa kita menyesal adalah karena kita melewatkan sebuah kesempatan begitu saja. Kita selalu berharap agar mendapat yang terbaik dalam rezeki, pasangan, posisi karir dan sebagainya. Begitu kita sudah dihadapkan pada sesuatu yang terbaik, kita pun mengelak dan tidak peduli karena berharap akan datang sesuatu yang jauh lebih baik lagi. Begitulah seterusnya hingga akhirnya kita tidak mendapatkan apa-apa atau malah mendapatkan sesuatu yang jauh lebih buruk.

Kedelapan, berhenti menyalahkan diri sendiri

Ketika kita menyalahkan diri maka kita tidak akan bisa bangkit dari masa lalu. Kita harus menyadari bahwa diri kita bukanlah orang yang sempurna. Kita tidak pernah jauh dari salah, lupa dan sebagainya. Tidak semua hal yang bisa kita selesaikan dan kita jangkau dengan tangan kita. Ketika ada hal-hal yang terlewatkan maka jangan terlalu menyalahkan diri sendiri. Anggap saja itu belum rezeki kita dan Tuhan akan mengganti dengan yang lebih baik.

Kesembilan, Allah masih sayang kepada Sobat 

Sobat harus bersyukur masih diberikan hati yang bisa merasa. Merasakan penyesalan berarti hati Sobat masih peka. Sobat masih diberi peringatan oleh Allah. Artinya Allah masih ingat dan peduli dengan Sobat.

Kesepuluh, jadikan batu loncatan untuk maju

Sobat harus berusaha bagaimana agar tidak melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya, agar tidak terjadi penyesalan yang lebih parah. Jadikan rasa penyesalan ini sebagai dasar untuk memperbaiki diri agar lebih baik lagi di masa depan.

Semoga 10 tips tersebut bermanfaat bagi Sobat yang saat ini sedang mengalami rasa penyesalan. Yakinlah, Sobat pasti bisa menghadapi rasa penyesalan yang mendalam tersebut dengan baik. Daripada sibuk memikirkan sesuatu yang mungkin membawa kita pada kemunduran maka pikirkanlah sesuatu yang bisa membuat kita lebih maju.

Belajarlah dari hal-hal baik maupun pada hal-hal yang dianggap kurang baik. Kemajuan hidup tidak hanya didukung oleh kesuksesan tapi juga kegagalan. Saat gagal dan menyesal, kita akan lebih paham bagaimana cara bertahan untuk mendapatkan hidup sesuai dengan impian. Bersyukurlah merasakan penyesalan dan bangkitlah agar penyesalan tidak merenggut hidup. [HW/Elshabrina]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hidup Harus Berjalan, Saat Dihantui Rasa Penyesalan Lakukan 10 Cara Ini "

Post a Comment