Place Your Ad Here

Informasi Terlengkap Fenomena Kutek Halal, Beserta Daftar Halal Nail Polish

HIJABERSWORLD.COM---Memakai kuteks merupakan salah satu cara wanita untuk mempercantik diri. Memiliki kuku yang berwarna-warni bagi sebagian wanita membuat jari-jari tangan terlihat lebih manis dan menarik. Sayangnya, bagi wanita muslim, memakai kutek memiliki dilema tersendiri. Hal ini disebabkan karena kutek yang melapisi kuku membuat air tidak bisa menyentuh kuku dan menyebabkan tidak sahnya wudhu. Hal ini tentu membuat wanita tidak bisa shalat apabila wudhu tidak sah.

Memang, kita bisa saja melepaskan kutek saat akan wudhu dan shalat dan memakainya kembali setelah itu. Namun, hal itu tentu akan sangat merepotkan sebab shalat 5 kali sehari semalam. Akhirnya, para wanita muslimah memilih untuk  tidak memakai kutek. Kalaupun ada, kutek dipakai saat siklus menstruasi saja.



Tapi sekarang dilema kutek sepertinya mulai menemukan jalannya. Bagi kamu yang tetap ingin tampil cantik dengan kuku berwarna tanpa harus mengganggu ibadah, saat ini telah ada kutek halal untuk muslimah. Seiring dengan waktu dan kebutuhan muslimah untuk kecantikan, beberapa perlengkapan kosmetik sekarang diproduksi dengan halal. Ada bedak halal, lipstik halal hingga cat kuku atau pewarna kuku halal. Dilansir dari halhalal.com, beberapa perusahaan telah memproduksi produk untuk pasar Muslim melalui koleksi kutek atau pewarna kuku yang memiliki teknologi berpori-pori sehingga air dapat melewati lapisan cat. Kutek halal tidak hanya menjadi pilihan bagi muslimah tapi juga nonmulim karena dinilai lebih sehat dan ramah untuk kesehatan kuku.


Pengertian kutek halal

Belum ada pengertian secara formal tentang kutek halal, hanya berdasarkan kesimpulan dan pemahaman tentang halal. Sebagaimana diketahui, diharamkannya wanita muslimah memakai kutek saat masa suci adalah karena kutek bisa menghalangi air masuk ke dalam kuku sehingga menyebabkan tidak sahnya wudhu. Tidak sah wudhu berarti tidak sah shalat. Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa kutek halal adalah kutek yang mendukung wudhu agar tetap sah karena bisa menyerap air masuk ke kulit dan kuku (breathable).

Kutek halal kadang dibuat dari bahan polimer seperti bahan pembuat lensa mata. Bahan polimer ini bisa menembus air dan oksigen sehinga tidak mengganggu wudhu. Selain itu, kutek halal juga terbuat dari bahan yang tidak haram dan diperbolehkan oleh agama untuk dikonsumsi atau dipergunakan.


Tanda-tanda kutek halal

Persoalan pewarna atau cat kuku halal memang masih menjadi polemik atau pro kontra bagi sebagian orang. Beberapa orang masih belum yakin kalau ada kutek halal dan mereka lebih suka memakai henna/inai atau pewarna kuku yang terbuat dari herbal. Memakai pewarna kuku dengan bahan alami seperti pacar air dan dedaunan lain  memang langkah yang aman terlebih kalau diolah sendiri secara traditional.

Pewarna kuku alami tidak perlu diragukan dari segi kehalalan dan kesehatannya. Namun, sedikit berbeda dengan kutek buatan yang pada umumnya dibuat dengan campuran bahan kimia atau zat tertentu. Perlu diteliti kehalalan dan pengaruhnya untuk kesehatan. Terkait bagaimana ciri-ciri kutek halal, secara umum berikut tanda-tanda yang dapat kamu kenali dari suatu kutek halal sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber :
  1. Kutek terbuat dari bahan alami maupun zat tertentu yang diolah dengan teknologi. Bisa juga dengan bahan zat tertentu seperti polimer berteknologi khusus sehingga air dan oksigen bisa tembus ke kulit.
  2. Bahan kutek tidak menghalangi air masuk melalui kuku atau bahan yang bersifat tembus kuku. Saat kamu berwudhu akan terasa sensasi dingin dan segar karena kuku menyerap air.
  3. Kutek yang halal tidak memiliki bau yang menyengat sebagaimana kutek lainnya yang memiliki bau yang sangat tajam.
  4. Saat dipakai pada kuku, kutek halal tidak mudah gompal dan bisa melekat pada kuku lebih lama.
  5. Kutek halal mempunyai karakteristik mudah mengering pada kuku. 
  6. Harga kutek halal cukup mahal, yaitu di atas 150.000 rupiah. Jadi kamu jangan mudah tergiur dengan produk yang mengaku kutek halal tapi dijual dengan harga yang murah. Itu bukan kutek halal sebab kutek halal itu sendiri masih susah didapatkan di Indonesia. Jika tidak punya budget, alternatif lain adalah mengolah daun pacar atau membeli bubuk pewarna dari herbal.

Cara mengenali kutek halal

Perbedaan antara produk kutek halal atau haram terletak pada bahan pembuatan. Saat ini sudah mulai banyak dipasarkan kutek yang sesuai dengan muslimah mulai dengan kutek halal harga murah hingga mahal. Juga ada beberapa merek seperti kutek halal tuesday in love, inglot dan masih banyak lagi.

Terlepas dari merek yang ditawarkan dan diperjualbelikan, saat membeli sebuah kutek, sebaiknya lebih bijaksana. Sebagai muslimah, kita harus lebih hati-hati karena halal dan haram merupakan hal yang penting diperhatikan setiap hari. Jangan sampai niat tampil cantik malah menimbulkan dosa dan menghalangi ibadah sebagai tugas utama kita di dunia.

Untuk memastikan apakah benar sebuah merek kutek yang akan dibeli tembus oleh air atau tidak, kamu dapat mengenali dengan cara mengujinya pada kertas penyaring kopi. Caranya adalah dengan mengoleskan  kutek tersebut pada kertas penyaring kopi, lalu teteskan air. Lihat apakah air bisa menyerap dan menyebabkan kertas penyaring menjadi basah atau tidak. Jika kertas penyaring kopi tembus, maka bisa dipastikan itu adalah kutek halal yang kamu cari.

Secara umum, demikianlah cara untuk mengetahui sebuah kutek halal atau tidak. Selain itu, kamu juga melihat dengan merek dan komposisinya. Tentu akan lebih mudah mengenali kutek dan produk kosmetik halal dari label halal yang ada. MUI merupakan lembaga yang secara resmi memberikan sertifikat halal untuk makanan, minuman, termasuk untuk kosmetik seperti kutek.


Beberapa merek pilihan kutek halal dalam dan luar negeri

Sebagaimana yang telah disebutkan tentang ciri-ciri kutek halal, kutek halal memiliki karakterisitik bisa menyerap air dan oksigen sehingga wudhu tetap sah meski memakai kutek.  Ada beberapa brand kutek yang sudah mendapatkan sertifikasi halal dan sudah banyak digunakan oleh para muslimah. Jika Sobat sedang mencari brand kutek halal yang bisa mempercantik tampilan tanpa mengganggu ibadah, berikut kami rangkum dari berbagai sumber beberapa brand kutek halal yang beredar di Indonesia dan mancanegara.

1. Kutek Inglot O2M breathable nail enamel, sertifikat halal dari USA dan Lebanon

Brand ini merupakan brand kutek halal yang sangat lebih dulu terkenal karena sudah mendapat sertifikat halal dari Islamic Institute Of Orange Country, California, USA dan Lebanon. Pusat kutek inglot berada di Polandia dan konsumennya sudah tersebar ke banyak negara mulai dari Timur Tengah, Amerika, Eropa hingga Asia termasuk Indonesia. Inglot O2M terbuat dari bahan polimer berteknologi khusus yang bisa tembus air dan oksigen sehingga wudhu tetap sah. Kutek Inglot O2M ini dijual dengan harga diatas Rp 170.000 rupiah dan dapat dibeli di toko online.

Kutek ini merupakan kutek import. Untuk di Indonesia sendiri belum ada fatwa dari MUI tentang kutek Inglot ini karena belum jelas apakah sudah didaftarkan untuk mendapatkan sertifikasi atau belum. Sertifikasi halal biasanya diajukan oleh perusahaan tertentu kepada MUI, baru kemudian MUI mengeluarkan fatwa.

Namun, kutek ini sudah bisa didapatkan di toko online di tanah air. Apakah Inglot halal atau haram berdasarkan pandangan fatwa MUI Indonesia sebagai lembaga yang berwenang sampai sekarang masih banyak yang menanyakan. Jika dilihat dari sertifikasi di luar negeri, kutek ini sudah dinyatakan halal. Muslim di luar negeri menggunakan kutek ini. Meski demikian, jika Sobat belum begitu yakin dengan kehalalannya karena belum ada informasi resmi dari MUI, maka bisa menggunakan produk kutek halal lain buatan lokal saja.


2. Kutek Tuesday In Love, sertifikat halal dari ISNA Canada dan Talim UI Islam Canada



New Colors Tuesday In Love  Nail Polish, Image via tuesdayinlove.com



Kutek halal terbaik selanjutnya adalah Tuesday In Love. Kutek ini berasal dari Kanada. Karakteristiknya adalah bersifat water permeable dengan teknologi micro pure yang memungkinkan terjadinya sirkulasi udara dan air.  Kelebihan paling menguntungkan dari kutek Tuesday In Love adalah bahanya yang bebas sama sekali dari bahan kimia dan alkohol.

Dengan demikian, kutek Tuesday In Love tidak hanya halal namun juga sehat untuk kuku. Kelebihan selanjutnya, kutek ini mudah sekali mengelupas apabila sudah kering, sehingga anda tidak membutuhkan penghilang cat kuku untuk mengangkatnya. Harga pasaran untuk brand kutek ini berkisar diatas 160.000 rupiah.


3. Kutek Love Your Nail ( LYN), sertifikat halal di UAE 

Brand kutek halal yang bisa anda gunakan selanjutnya adalah Love Your Nail (LYN). LYN merupakan kutek halal yang dibuat dari bahan khusus bernama CH2OLOR COMPLEX yang berbahan dasar air dan memiliki pori. Kutek ini sudah banyak digunakan oleh wanita-wanita Timur Tengah khususnya Arab dan India.

Kutek ini memiliki keuntungan mudah mengering dan berkualitas tinggi. Karena bahan-bahanya, kutek ini juga meningkatkan kesehatan kuku, bukanya merusak kuku sebagaimana kita temukan pada kutek-kutek biasa. Kutek LYN ini belum terlalu banyak di Indonesia. Namun jika anda menginginkan kutek ini anda bisa memesan langsung dari situs online dengan harga yang berbeda pada tiap warnanya.


4.  Kutek halal dari Mayaza Cosmetics

Bagi Sobat yang selama ini menjadi konsumen setia kosmetik Mayaza mungkin sudah mengetahui bahwa produsen ini juga telah mulai mengenalkan kutek halal kepada masyarakat. Sejauh ini terdapat satu produk dengan nama Mazaya Peel Off Nail Polish yang mana ikut mendukung dinamika produk halal di Indonesia.

Sesuai dengan filosofi yang dijunjung Mayaza kosmetik, produk kutek halal diharapkan mendukung muslimah mendapatkan kecantikan sesuai dengan ketentuan Islam dan menjadi bisnis yang membawa berkah. Harga kutek halal Mazaya Peel Off Nail Polish berada di kisaran 39.500, terbilang cukup murah dibanding merek lain.


5. Kutek halal H By BCL, sertifikat dari UAE

Kutek khusus muslimah yang satu ini mungkin masih sedikit asing. Ketika ditelusuri lebih lanjut, memang susah ditemukan di toko online di Indonesia. Adanya di toko online luar negeri. Pewarna kuku ini dibanderol dengan harga sekitar AED 60 atau sekitar 200 ribuan. BCI Group merupakan perusahaan dari Dubai yang telah mendapatkan sertifikat kutek halal. Dikabarkan telah mempublikasikan 6 shade kutek halal dan umumnya didapatkan di salon kecantikan di Timur Tengah. Pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 2014 silam saat Ramadhan.


6. Wojooh Nail Art

Selain H By BCL, Inglot, dan merek yang telah disebutkan diatas, juga ada kutek halal dengan nama Wojooh. Tidak jauh berbeda dengan H By BCL, kutek yang satu ini juga masih belum familiar di tanah air.  Wojooh Nail Art ini berasal dari Timur Tengah dan sudah didistribusikan di beberapa negara Uni Emirat Arab seperti Abu Dhabi. Juga tersedia di Qatar, Bahrain, Lebanon, Jordan dan masih banyak lagi.

Beberapa variasi produk Wojooh Nail Art yaitu Midnight Arabesque, For the Love Polka Dots, All Things Pink, Eye Love It, Signature Look, dan lainnya. Harga kutek wojooh ini bervariasi AED 19 hingga 55 AED atau mulai Rp 65.000 hingga Rp.200.000.


Wojooh Nail Art, Image via wojooh.com



Harga kutek halal untuk mendukung shalat memang bervariasi. Sebelum mengambil keputusan kamu dapat membaca review khusus terkait kutek-kutek tersebut sebelum membeli. Khusus untuk kutek halal wardah hampir belum ditemukan karena sejauh ini wardah masih fokus pada kosmetik seperti bedak dan lipstik. Begitu juga dengan kutek halal zoya, sebagian orang mungkin salah kaprah. Di internet memang ada merek Zona Nail Polish tapi itu adalah toko kosmetik dari USA. Zoya Indonesia sejauh ini adalah brand fashion khusus jilbab dan pakaian muslimah. [HW/"1" Ichie/Elshabrina]




Referensi :
1. Irfan Afif, Produk Kosmetik Halal Jadi Pilihan Muslimah Amerika, http://www.halhalal.com/produk-kosmetik-halal-jadi-pilihan-muslimah-amerika. Diakses tanggal 21 Oktober 2016 pukul 16.22 WITA
2. Wojooh Nail Art, http://www.wojooh.com/ae-en/beauty-blog/cat/nail-art/, Diakses tanggal 21 Oktober 2016 pukul 16.30 WITA
3. Yay Or Nay, Halal Nail Polish Now Available, https://yougotagift.com/blog/yay-or-nay-halal-nail-polish-now-available/,  Diakses tanggal 21 Oktober 2016 pukul 16.44 WITA
4. First Halal Nail Polish Launched In Time for Ramadhan, http://www.arabianbusiness.com/first-halal-nail-polish-launched-in-time-for-ramadan-552441.html#.WAnVUy2LS00, Diakses tanggal 21 Oktober 2016 pukul 16.46 WITA
5. Water Permeable Nail Polish & Halal Cosmetics, http://www.tuesdayinlove.com/,Diakses tanggal 21 Oktober 2016 pukul 17.05 WITA

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi Terlengkap Fenomena Kutek Halal, Beserta Daftar Halal Nail Polish"

Post a Comment