Place Your Ad Here

Siapakah Teman Curhat Terpercaya? Jangan Curhat Bila 4 Kriteria Ini Tidak Dimiliki

HIJABERSWORLD.COM---Berbagi dengan orang lain merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Bagaimanapun, keinginan untuk menyampaikan curahan hati pada seseorang adalah hal yang wajar. Namun, yang harus dilakukan oleh seseorang adalah menemukan teman curhat terpercaya. Nah, sebelum sahabat memutuskan curhat kepada seseorang, yuk simak dulu kriteria teman curhat terpercaya berikut ini :

Mampu menjaga rahasia
Mungkin banyak orang yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengutarakan perasaan dan kegalauan. Akan tetapi, harus sahabat ketahui bahwa tidak semua orang yang mampu menjaga rahasia. Mungkin sahabat pernah mendengar sosok yang suka ember atau menggosip. Kalau curhat sama orang yang seperti itu bisa berbahaya . Bisa-bisa curhatan kita malah menjadi hot gossip dan bahan ceritanya dengan orang lain.

Berhubung curhat biasanya terkait masalah pribadi, sahabat dituntut untuk mempertimbangkan dan memilih teman curhat yang benar-benar bisa menjaga rahasia. Cerita curhat seperti curhat cinta dan rumah tangga merupakan hal pribadi yang tak layak dikonsumsi oleh orang banyak. Jika kita tidak jeli dalam memilih teman curhat maka bisa saja masalah dan informasi pribadi kita kemudian diketahui oleh banyak orang. Kita pun menjadi malu. Tentunya sahabat tidak ingin hal terjadi bukan? Jadi, sebaiknya, ketika membutuhkan teman curhat kita harus yakin bahwa yang bersangkutan tidak akan membeberkan isi curahan hati kita.

Melindungi data kita
Ketika kita curhat dengan seseorang, orang itu biasanya mengetahui nama, alamat, nomor kontak, tempat kuliah atau bekerja serta informasi lainnya. Teman curhat terpercaya tidak akan menyalahgunakan data tersebut. Baginya data tersebut hanya sebagai informasi dan memudahkan komunikasi dengan kita. Kita sering mendengar berita tentang beberapa kasus di mana data seseorang diselewengkan untuk kepentingan tertentu sehingga pemilik data bisa mengalami kerugian baik fisik, mental maupun materi.

Kadang pihak yang menyalahgunakan bukan orang yang menjadi teman curhat kita tapi juga bisa orang lain yang tidak dikenalnya. Jika seseorang berusaha menjaga data sahabat agar tidak dicuri dan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, itu berarti dia memiliki salah satu kriteria teman curhat terpercaya.

Memberikan informasi akurat dan menyampaikan curahan hati kepada teman curhat yang ternyata kemudian memuat hasil curhat secara terbuka  dengan mencantumkan biodata kita tentu akan sangat menyakitkan. Keluarga, sahabat dan pasangan kita akan mengetahui hal itu mungkin juga tidak akan menerima bila curhat kita tentang mereka. So, carilah teman curhat yang benar-benar diyakini akan menjaga kerahasiaan cerita curhat kita.

Mengarahkan pada jalan yang baik
Bagi sahabat terutama yang remaja, dituntut ekstra hati-hati. Kemaren ini ada kasus di mana seorang remaja yang terlibat hubungan asusila dengan seorang laki-laki dewasa. Di kabarkan kejadian ini berawal dari remaja perempuan yang curhat kemudian akhirnya berujung pada tindakan yang melanggar norma serta diperkarakan ke polisi. Oleh karena itu, waspadalah jjika sahabat diarahkan oleh teman curhat pada hal-hal negatif. Bukan mengatasi masalah tapi nanti masalah membuat hidup sahabat semakin rumit.

Tidak memprovokasi
Teman curhat terpercaya bukanlah orang yang mendorong kita melakukan tindakan tertentu di mana bisa merugikan orang lain serta memecah belah persaudaraan. Biasanya teman curhat yang terpercaya akan menanggapi sesuai dengan masalah yang dikonsultasikan. Bukan menyelipkan pesan yang menebar kebencian serta kekerasan untuk tujuan tertentu.


Sekarang ini juga bermunculan fasilitas curhat online. Kalau memilih curhat secara online juga boleh tapi dituntut lebih bijaksana dan melihat dengan baik terlebih dahulu dengan siapa akan curhat. Baik curhat dengan kenalan offline atau online tetap saja harus memilih teman curhat harus terpercaya.

Sebagian teman curhat online memang ada yang menyediakan fasilitas curhat terbuka atau langsung seperti di sosial media di mana bisa dilihat dan ditanggapi oleh banyak orang. Kalau curhat di tempat curhat yang seperti ini sebaiknya memakai nama samaran dan tidak menyebutkan identitas asli. Tujuan kita curhat adalah untuk meringankan beban kita, jadi tidak masalah kalau kita tidak memakai identitas asli.

Begitu pun, jika teman curhat online yang ingin digunakan ternyata merahasiakan dan tidak mempublikasikan biodata maka juga tidak ada salahnya sahabat tetap memakai nama samaran untuk berjaga-jaga. Jika isi curhat kemudian dipublikasikan tidak masalah untuk pelajaran bagi orang lain asalkan tidak mencantumkan siapa yang curhat, di mana tempat tinggal orang yang curhat dan sebagainya.

Pada intinya, teman curhat terpercaya itu memiliki niat dan tujuan yang baik. Mempunyai keinginan secara sukarela untuk membantu orang lain keluar dari beban pikiran dan kekacauan hati. Memang tidak banyak orang yang mau melakukan ini tapi juga ada orang yang melakukannya karena ingin menjadi manusia yang berguna. Jika sahabat sudah menemukannya, jagalah serta jalin komunikasi yang baik karena tidak mudah untuk memiliki.[HW/Elshabrina]


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Siapakah Teman Curhat Terpercaya? Jangan Curhat Bila 4 Kriteria Ini Tidak Dimiliki"