Place Your Ad Here

Tidak Semua Orang Cocok Konsumsi Suplemen, Sebelum Minum Suplemen Baca Ini Dulu

HIJABERSWORLD.COM----Saat ini, zaman menuntut semua serba cepat, semua serba instan. Pada akhirnya, orang-orang pun menggunakan cara cepat untuk mencapai tujuannya, salah satunya dengan mengkonsumsi suplemen tambahan. Padahal suplemen tersebut tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan, misalnya orang menginginkan berat badan yang bertambah, ia memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen penambah berat badan.

Setelah mengonsumsi suplemen tersebut, ia justru mengubah kebiasaan makan, ia menjadi makan sembarangan, tidak terkontrol, makanan apapun yang ada di depan mata dilahap habis sampai pada akhirnya ia mengalami obesitas. Bukannya penambahan berat badan yang diinginkan tetapi kesehatan yang terancam.

Selain suplemen penambah berat badan, suplemen lainnya juga sangat banyak peminatnya seperti suplemen fitnes, suplemen peninggi badan maupun suplemen otot. Mengkonsumsi suplemen makanan dan suplemen kesehatan maupun suplemen untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan boleh saja asal disikapi dengan bijak.



Apa itu suplemen? 

Secara umum pengertian suplemen merupakan gabungan dua atau lebih vitamin dan zat agar terjadi efek terapeutik yang diinginkan. Gabungan tersebut bisa berupa vitamin dan zat lain atau non vitamin. Suplemen dapat pula berupa asam amino dan sediaan herbal.

Suplemen sendiri mempunyai dua jenis yaitu suplemen tunggal dan suplemen kombinasi. Suplemen tunggal ini terdiri dari kalsium, zinc, vitamin, dan asam folat. Sedangkan suplemen kombinasi berupa multi vitamin dan obat-obatan.

Daftar kegunaan suplemen dan kapan saat yang tepat mengkonsumsi suplemen


Suplemen tidak diperlukan oleh tubuh jika kita sudah mengkonsumsi makanan sehat, memperhatikan gizi dan vitamin yang diperlukan tubuh, pola hidup teratur dan seimbang, meminimalisir tingkat stres.
Hal utama yang harus diperhatikan adalah suplemen perlu dikonsumsi jika berusia lanjut atau orang sakit, kekurangan gizi, pekerja berat, adanya kelainan tertentu, seperti kelainan darah dan metabolisme dalam tubuh.

Suplemen wajib dikonsumsi ketika tubuh kita benar-benar memerlukan suplemen tersebut sehingga suplemen itu memberikan khasiatnya. Jadi tidak semua orang yang membutuhkan suplemen. Lalu, bagaimanakah khasiat suplemen itu dan dalam kondisi seperti apakah sebaiknya mengkonsumsi suplemen?

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Tak jarang tubuh kita mengalami penurunan metabolisme karena kurang memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehingga menyebabkan terganggunya pencernaan. Pencernaan yang terganggu akan menimbulkan permasalahan dalam metabolisme tubuh, untuk itu peran suplemen sangat penting.

  • Membantu diet vegetarian

Seorang yang melakukan diet vegetarian, tentunya akan mengurangi asupan protein hewani yang masuk ke dalam tubuhnya. Padahal protein ini diperlukan bagi tubuh sebagai sumber tenaga, permasalahan ini bisa di atasi dengan mengkonsumsi suplemen tambahan.

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Jika seorang sedang mengalami sakit atau baru sembuh dari sakit, tentu saja ia memerlukan suplemen tambahan untuk meningkatkan imunitas/kekebalan tubuh agar ia segera sehat kembali. Misalnya, mengonsumsi vitamin C. Vitamin ini berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai antioksidan, serta membantu mengatasi kerusakan otot pada waktu mengangkat beban berat.

  • Bagi wanita yang pre menopause

Suplemen penambah darah sangat dibutuhkan untuk wanita yang mengalami pre menopause agar kesehatan terjaga dan tidak kekurangan zat besi. Hal ini karena wanita dengan masa menstruasi yang berat dapat mengeluarkan darah tiap bulannya. Darah yang dikeluarkan terlalu banyak, lama-lama akan menyebabkan kekurangan zat besi dan bisa menyebabkan anemia.

  • Kehamilan

Bagi ibu hamil, zat besi dan asam folat sangat diperlukan agar bayi tumbuh sehat dan menghindari bayi cacat fisik.  Asam folat yang harus dikonsumsi 400 mcg per hari. Jika asupan makanan tidak menunjang kebutuhan asam folat tersebut, ibu hamil memerlukan suplemen tambahan.

  • Kesehatan tulang

Kalsium dan vitamin D penyumbang utama untuk memelihara kesehatan tulang, tapi bagaimana jika kedua unsur ini belum bisa tercukupi dengan makanan yang kita konsumsi? Jawabannya hanya satu, kita memerlukan suplemen tambahan untuk memenuhi kedua unsur ini.

Suplemen memang penting, tapi yang perlu diingat adalah suplemen boleh dikonsumsi asal harus dengan pengawasan dokter. Suplemen tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan, sembarang mengonsumsi suplemen bisa fatal akibatnya.

Sebelum mengonsumsi suplemen, alangkah lebih baik jika memperhatikan betul manfaat, info gizi, segel, kadaluarsa dan yang lebih penting berkonsultasi dengan dokter atau para medis. [HW/Evita/Fitzel]       

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tidak Semua Orang Cocok Konsumsi Suplemen, Sebelum Minum Suplemen Baca Ini Dulu "

Post a Comment