Place Your Ad Here

Fakta Tentang Hana Tajima Simpson, Desainer Muslimah yang Mendunia

HIJABERSWORLD.COM----Seorang yang mempunyai pengaruh besar bisa memberi perubahan signfikan pada masyarakat luas. Kalimat ini rasanya  tidak berlebihan jika diberikan juga untuk seorang hijabers cantik bernama Hana Tajima. Sebagian diantara hijabers mungkin sudah ada yang pernah mendengar nama Hana Tajima. Beliau adalah salah satu icon hijab di dunia. Ruang lingkupnya bukan negara lagi tapi sudah international.


Hana Tajima via Facebook/Stylecovered



Mulai dari Asia, Eropa, Amerika dan masyarakat dari berbagai tempat mengenal Hana Tajima. Lewat karyanya, Hana menjadi salah satu desainer yang diperhatikan oleh media berpengaruh. Keren bukan? Kamu yang terobsesi menjadi seorang desainer pakaian muslim, mungkin sudah mengenal Hana Tajima. Kalau belum, tidak ada salahnya mengenalnya lebih jauh. Mana tahu nanti akan mendapatkan inspirasi untuk membuat karya yang lebih besar.

Mungkin banyak muslimah yang bertanya-tanya, kenapa Hana Tajima seringkali akhir-akhir ini menjadi bahan pemberitaaan media. Wanita muslimah dengan nama lengkap Hana Tajima Simpson ini dikenal baik muslim maupun nonmuslim. Nah, buat Sobat yang belum terlalu mengenal Hana Tajima, berikut beberapa fakta mengenai Hana Tajima serta ciri khas hijab dan karyanya.


Hanna Tajima adalah seorang mualaf

Bagi sebagian kita mungkin masih agak asing melihat wanita bule memakai hijab karena mayoritas mereka non Islam. Sebenarnya, semakin hari sudah semakin banyak bule asing yang memakai hijab. Seperti Hana Tajima, seorang muslimah merupakan keturunan Inggris campur Jepang yang menjadi salah satu desainer yang diperhitungkan di dunia. Sebagaimana diketahui, negara tempat kelahiran atau tempat tinggal Hana bukan negara mayoritas muslim. Namun itu bukan patokan, darimana pun asalnya, seorang muslimah tetaplah muslimah.

Hana Tajima pada mulanya merupakan penganut Kristen. Lahir dan dibesarkan di Inggris, Hana lahir dari orang tua yang juga merupakan seniman. Mungkin dari orang tualah bakat seniman dan desain Hana menurun. Seperti kata pepatah “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”. Dibesarkan dalam lingkungan yang mendukung kreatifitas, estetika dan ekspresif, Hana terbentuk menjadi seorang desainer handal. Ditambah dengan pendidika desain yang ditempuhnya, Hana meraih banyak kesuksesan.

"There is a strange juxtaposition of cultures in my life and I’m constantly looking for that strange beauty in what I design.  There is a side of me obsessed with simplicity and the beauty of the unseen that is very Japanese, and then this rebellious, rather eccentric aspect that comes out of my experiences growing up in England," Hanya menulis di blognya.

Diberitakan, karena sering bergaul dengan mahasiswa dan mahasiswi muslim, Hana Tajima menjadi terkesan dengan perilaku mahasiswa muslim dan mulai tertarik untuk mengenal Islam. Hasilnya, Hana benar-benar jatuh hati untuk memeluk Islam dan memakai hijab hingga saat ini. Bagi Hana, hijab adalah identitas seorang muslimah. Sebuah kewajiban bagi muslimah untuk memakai hijab, bukan sekedar gaya.


Langsung menjadi pusat perhatian sejak tahun 2010/2011

Sebagaimana diketahui, jika seorang muslimah asing yang berhijab akan menjadi daya tarik bagi banyak orang. Itupula yang terjadi pada Hana Tajima. Namun spesialnya, daya tarik Hana bukan hanya karena beliau adalah bule mualaf, namun karena cara berbusananya yang unik dan keren. Ya, busana hijab Hana yang simpel membuat Hana menjadi pusat perhatian di bidang fashion karena bisa tampil modis, menarik namun tetap simpel.

Cara berbusana Hana Tajima secara tidak langsung bisa mematahkan anggapan kalau berhijab itu kuno, kampungan, atau ribet. Hana menunjukkan bahwa muslimah juga kreatif, hijab bukan penghalang untuk berkarya dan menebarkan manfaat lebih luas. Hal itu didukung juga karena saat itu di Indonesia juga sedang marak perkembangan dunia fashion hijab yang sedang di usahakan oleh Hijabers Community.


Diwawancarai sejumlah majalah dan media bergengsi 

Cukup banyak desainer muslim di dunia dari berbagai negara tetapi tidak semuanya beruntung mendapatkan publikasi dari media international. Popularitas Hana Tajima kurang lebih sama dengan Dian Pelangi dan Jenahara yang setiap karyanya menjadi sorotan. Baik Dian Pelangi, Jenahara maupun Hana Tajima sering sekali diundang dalam berbagai event international yang berkaitan dengan dunia fashion.

Hana dikenal juga melalui personal blognya yang mengulas tentang hijab dan fashion. Sebelum blog sekarang www.hanatajima.com, Hana menulis di stylecovered.com.  Hana menyebut dirinya sebagai desainer dan seniman visual.  Dia menghadirkan sesuatu yang unik dan baru sehingga dapat menjadi referensi banyak orang dimana saja.  Tulisan diblognya dibaca dan dikunjungi oleh banyak pembaca yang menunggu karya terbarunya.

Tak hanya pengunjung blog setia, pengikutnya di Twitter dan Facebook cukup membludak. Hana pernah diulas di majalah GLAMOUR France, LOOK (UK), ELLE Italia, ELLE Canada (10th Anniversary Edition), The Independent (UK), Harper’s Bazaar Malaysia , Hello! (Malaysia), Address Magazine (UK), Cracker Your Wardrobe (Korea), NHK Mag (Hong Kong), BBC, CNN go dan masih banyak lagi.


Melakukan kolaborasi dengan brand UNIQLO

Sebagaimana desainer lain yang mengeluarkan berbagai model hasil rancangan mereka dalam satu brand bisnis, Hana dalam beberapa waktu terakhir juga mengenalkan produk buatannya kepada masyarakat dunia melalui kerjasama dengan UNIQLO. Kolaborasi ini khusus berkenaan dengan produk pakaian wanita berhijab dan non berhijab.

Salah satu desain karya Hana Tjima untuk Uniqlo via huffingtonpost.ca



Dimulai dari koleksi Fall/Winter 2015 silam dimana dijual di Malaysia, Indonesia, Thailand dan Singapura. Kemudian berlanjut pada koleksi Spring/Summer 2016 yang dirilis kembali untuk Asia Tenggara dan juga di USA dan UK.

Pada tahun yang sama, Hana mempublikasikan desain Fall/Winter 2016 yang tersedia sesuai dengan negara yang termasuk jangkauan UNIQLO x Hana Tajima. Koleksi ini telah dikenalkan secara global termasuk di Jepang. Pada tahun 2017 ini Hana dan UNIQLO juga merilis koleksi Spring/Summer.

Kini Hana mendapatkan undangan dan wawancara dari satu negara ke negara lain. Di tengah publikasi yang padat, Hana tetap semangat berkarya. Nah, semoga ulasan tentang muslimah sukses dan inspiratif ini bermanfaat ya. [HW/”1” Ichie”/Elshabrina]


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Tentang Hana Tajima Simpson, Desainer Muslimah yang Mendunia"

Post a Comment