Place Your Ad Here

Inilah Rahasia Sederhana Bebas Rambut Rontok

HIJABERSWORLD.COM---Cara mengatasi rambut rontok sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan. Rahasia rambut sehat dan indah bebas kerontokan kadang sangat sederhana. Namun, karena panik dan dihantui banyak ketakutan, masalah rambut rontok menjadi tekanan bahkan ada yang stress gara-gara urusan yang satu ini.



Kepanikan tersebut kadang malah menjerumuskan ke dalam keadaan yang membuat rambut rontok semakin parah. Tidak lain karena pikiran semakin kacau sehingga tidak dapat memutuskan sesuatu dengan jernih. Sebelum buru-buru melakukan perawatan rambut rontok ke salon, mencari obat rambut rontok di apotik atau membeli shampo rambut rontok, coba simak ulasan berikut ini :

Kenali alasan dan penyebab rambut rontok

Saat rambut sering rontok, sebagian besar orang menjadi sangat khawatir dan menjadi bertanya “pertanda apakah ini?, rambut saya rontok apakah saya kena penyakit berbahaya seperti kanker?”. Kebanyakan masalah rambut rontok ini terjadi pada wanita tetapi tidak tertutup kemungkinan juga rambut rontok terjadi pada pria.

Ketika mengalami rambut rontok, buang jauh-jauh terlebih dahulu pikiran yang buruk semacam penyakit kanker. Memang penderita kanker rambutnya mengalami kerontokan bahkan sampai tahap rontok parah berujung kebotakan. Namun, penyakit bukanlah satu-satu alasan kenapa rambut menjadi rontok. Sebagian besar masalah rambut disebabkan oleh faktor luar misalnya:

1. Asli rambut yang tipis

Apakah kamu pemilik rambut yang sangat halus lagi tipis seperti rambut bayi? Jika iya, bisa jadi karena faktor alami ini yang menyebabkan mudahnya rambut rontok. Rambut ini sedikit sensitif dan harus diperlakukan ekstra hati-hati. Rambut tipis ini memang sedikit rentan, tersentuh atau tertarik sedikit saja bisa putus atau patah. Berbeda dengan rambut yang tebal dan kuat, tingkat kerontokan mungkin lebih jarang.

2.Jarang disisir

Dari pengalaman yang ada, rambut akan semakin banyak rontok jika jarang disisir. Hal ini sering terjadi dengan wanita yang berambut panjang dan terus menerus diikat. Kadang kesibukan dan tuntutan kerja membuat lupa menyisir rambut. Bisa lupa dua hari bahkan seminggu. Rambut menjadi kusut atau bergulung, susah dipisahkan karena menempel satu sama lain.

3.Menyisir terlalu kuat

Kasus lain yang kurang  disadari yang turut menyumbang kerontokan rambut adalah terlalu menarik rambut atau kuat menyisir rambut. Alasannya beragam seperti tidak cukup waktu atau memang kurang sabar menghadapi rambut. Menyisir rambut membutuhkan waktu yang santai dan luang karena sedikit memakan waktu terutama bagi pemilik rambut keriting atau rambut yang sangat panjang. Rambut pendek cenderung jarang rontok karena mudah disisir.

4.Ikat rambut

Seorang teman pernah mengalami sebuah kasus masalah rambut, kerontokan yang hebat dan menempel di ikat rambut. Selidik punya selidik, ternyata rambut rontok karena ikat rambut yang terlalu kencang atau kurang bersahabat dengan rambut. Jangan tergiur dengan model cantik ikan rambut, kadang malah secara tidak langsung membuat rambut menderita.

5.Memakai perawatan rambut mengandung zat kimia

Pernahkah mendengar bahwa penyebab rambut rontok salah satunya disebabkan oleh zat kimia. Zat yang dimaksud mungkin diaplikasikan langsung pada rambut. Sekarang semakin banyak tawaran untuk memperindah rambut, macam-macam sebutannya. Indah belum tentu sehat lho ya. Kadang terobsesi dengan rambut lurus, rambut lembut, mengubah warna rambut setiap saat malah menimbulkan masalah serius pada rambut di kemudian hari.

6.Efek mengkonsumsi obat 

Mengapa rambut rontok padahal sebelumnya tidak pernah, mungkin  efek dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam dosis tinggi. Pernah beberapa teman yang mengalami sakit dan opname, kemudian disarankan meminum obat khusus dalam jangka waktu lama dan salah satu pengaruhnya adalah rambut rontok. Tidak hanya gangguan rambut, ada juga yang tidak mengalami haid berbulan-bulan karena efek obat.

Pencegahan agar rambut tidak rontok

Coba perhatikan dengan seksama atau lebih dalam lagi, adakah salah satu diantara hal di atas yang kira-kira menyumbang kerontokan rambut kamu. Jika ada, cobalah masuk pada tahap kedua yaitu melakukan pencegahan terlebih dahulu. Jangan buru-buru mengeluarkan banyak uang untuk mengatasi masalah tersebut, mana tahu problem rambut rusak hanya karena ketidaktahuan. Dengan memperlakukan rambut dengan sehat dan lebih ramah, mungkin saja keluhan rambut akan berkurang bahkan hilang.

1.Sisir rambut setiap hari

Seperti apapun kesibukan dalam mengejar karier atau pendidikan, luangkan waktu untuk urusan rambut minimal dua kali dalam sehari. Pagi hari saat bangun tidurdan malam hari sebelum tidur.Menyisir rambut ini bahkan dapat memberikan efek relaksasi lho, kepala terasa lebih nyaman dan ringan sehingga tidur pun menjadi nyenyak. Menyisir rambut sebelum bekerja juga membuat kepala lebih segar.

2.Sisir dengan pelan

Berhentilah berbuat kasar dengan rambut, perlu menyayangi rambut dengan menyisir rambut dengan cara yang benar. Saat rambut diperhatikan dan disayangi bukan hanya akan sehat tetapi pemilik rambut akan senang melihat rambut yang indah. Elus dan sisir dengan lembut, seolah-olah tidak rela satu helaipun patah atau rusak. Nikmatilah dalam merawat rambut, rambut akan tambah mempesona.

3.Keramas secara rutin

Mereka yang jarang keramas, lama kelamaan rambut akan menjadi kering atau malah menimbulkan masalah ketombe. Debu dan keringat menumpuk di dasar kulit kepala. Keramas memang bukan obat untuk mengatasi rambut rontok. Akan tetapi, akan membantu mengurangi. Ketika rambut berketombe, tangan tak henti menggaruk sehingga rambut pun tercerabut dari akar atau patah. Sebaliknya, rambut yang bersih akan menghambat terjadinya gangguan.

Sementara itu, dalam hal kerontokan karena konsumsi obat-obatan, biasanya hal ini hilang kalau obat sudah habis atau dihentikan. Bukan kerusakan atau gangguan kesehatan permanen. Namun, alangkah baiknya menanyakan kepada dokter yang memberikan obat tentang gejala yang dialami atau baca indikasi obat lebih detail.

Tips lain yang tidak boleh dilupakan adalah menggunakan sisir rambut yang ramah. Tidak hanya perlu belajar dalam menyisir yang benar tetapi juga memilih sisir yang tepat. Memang beragam model sisir sekarang dan lucu-lucu tetapi tidak semuanya cocok untuk rambut kamu. Hindari juga membeli sisir yang berujung tajam, selain bisa menyebabkan rambut mudah patah akan melukai kulit kepala.

Mengurangi kerontokan dan mengembalikan kesehatan rambut

Cara mengatasi rambut rontok pada pria maupun wanita, rambut rontok dan juga kering ataupun rontok dan berketombe dapat dilakukan dengan melakukan pencegahan di atas. Meski demikian, selain pencegahan juga tidak ada salahnya berusaha mengembalikan rambut pada cantik alaminya.

1.Konsumsi makanan bervariasi 

Jangan terpaku memakan junk  food setiap hari karena ini sama sekali tidak ada nilai gizinya, hanya menurutkan selera saja. Fisik termasuk rambut membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, dengan demikian makanlah sayur dan juga buah. Baik sayur atau buah kaya dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhan rambut.

2. Oleskan vitamin dan minyak rambut

Jika seandainya rambut rontok karena kering, cobalah membeli shampo atau kondisioner yang menjaga kelembaban rambut. Disamping itu, tak ada salahnya mengoleskan vitamin rambut yang sekarang banyak dijual. Minyak rambut baik khusus pria maupun wanita juga layak dipertimbangkan agar rambut tidak kering dan mudah diatur. Saat rambut tidak kering dan licin, kerontokan karena sisir bisa berkurang dan teratasi.

3. Tebalkan dengan cara alami

Rambut rontok berlebihan sebaiknya diseimbangkan dengan upaya untuk membuat rambut tumbuh kembali atau menebalkannya. Di alam terdapat herbal yang membantu dalam menambah volume rambut sekaligus menghitamkannya seperti lidah buaya, minyak kemiri atau minyak kelapa.

Khusus bagi wanita yang berjilbab, mengatasi rambut rontok hampir sama. Selain mempertimbangkan ulasan di atas sebaiknya ditambah satu tips lagi yaitu istirahatkan rambut secara cukup. Harus tahu kapan memakai hijab dan kapan memberikan udara segar untuk rambut agar bernafas. Rambut hijabers yang rontok parah biasanya karena memakai hijab dalam waktu yang lama tiada henti padahal kalau tidur hijab sudah bisa dilepas.

Hijab bukanlah penyebab masalah rambut tetapi sikap orang berhijab yang kurang bijak dan kurang kreatiflah yang membuat rambut menjadi rusak. Seperti memakai hijab saat rambut masih basah atau lepek. Dengan demikian, rambut rontok dan rusak lebih sering disebabkan oleh gaya hidup atau gaya perawatan rambut yang kurang sehat. [HW/Elshabrina]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Rahasia Sederhana Bebas Rambut Rontok"

Post a Comment