Place Your Ad Here

Kulit Kepala Berminyak dan Tak Kunjung Hilang? Intip Tips Berikut!

HIJABERSWORLD.COM----Kelebihan minyak pada kulit kepala menimbulkan berbagai jenis masalah kepala. Kondisi ini akan membuat kamu tidak nyaman saat berkumpul dengan teman ataupun sedang bekerja di kantor. Jangan anggap remeh minyak berlebih pada kulit kepala. Ketombe, rambut berminyak, lepek, hingga rambut bau bisa timbul akibat kulit kepala yang berminyak lho.


Ilustrasi kepala berminyak. Image via clearparis.com



Tidak hanya wajah, kulit kepala juga rentan mengalami masalah minyak berlebih.  Minyak berlebih di kulit kepala akan membuat hari-harimu terganggu. Hal ini disebabkan karena minyak di kulit juga akan mengundang banyak masalah lain seperti gatal, kepala tidak nyaman, bagi yang berhijab mungkin tembus ke hijab dan banyak lagi masalah yang ditimbulkan oleh kepala berminyak ini.

Bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika kamu tampil presentasi di depan rekan kerja dengan rambut lepek dan sulit diatur. Atau, ketika berkumpul dengan teman, rambutmu terasa gatal dan bau. Jelas ini akan membuat kamu merasa tidak nyaman, malu dan kesal bukan? Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Coba ikuti beberapa tips berikut agar kulit kepala tetap sehat dan bebas minyak.


Mengenal Minyak Pada Kulit Kepala

Pada dasarnya, kulit kepala mengandung minyak alami yang disebut juga dengan sebum dimana sebum ini diproduksi oleh kelenjer minyak. Sebum sebenarnya memiliki berfungsi penting untuk menjaga kelembaban kulit kepala dan menghindarinya dari kekeringan. Hanya saja, saat kelenjer minyak (Sebaceous Glands) ini menghasilkan minyak dalam jumlah banyak, maka kondisi ini justru akan menimbulkan berbagai masalah lain pada rambut.

Malassezia, merupakan sejenis jamur kulit yang sering muncul ketika rambut berminyak dan akan menjadi penyebab terjadinya ketombe. Diketahui bahwa jamur yang dulu disebut juga dengan Pityrosporum ini menyerap minyak dan kemudian mengendap menjadi ketombe. Itulah alasan kenapa ketombe rentan muncul pada kulit kepala yang berminyak. Tapi tidak hanya ketombe, kulit kepala berminyak juga bisa menimbulkan rasa gatal, lepek, dan juga bau pada rambut.


Penyebab Kulit Kepala Berminyak

Tingginya kadar minyak pada kulit kepala bisa disebabkan oleh berbagai hal. Diantaranya yaitu karena tingginya hormon androgen, kondisi kepala yang kurang bersih, faktor keturunan, ataupun salah dalam penggunakan produk perawatan rambut.

Wanita yang tengah hamil, menstruasi, ataupun mengonsumsi pil KB biasanya mengalami perubahan hormon dimana hormon androgennya meningkat. Pada kondisi seperti itulah, kelenjer minyak terpicu untuk memproduksi minyak lebih banyak.

Orang yang jarang membersihkan rambut juga rentan mengalami masalah rambut berminyak. Hal ini disebabkan karena banyaknya kotoran yang mengendap di kulit kepala dan merangsang timbulnya minyak. Terlebih, bagi mereka yang sering beraktifitas di luar ruangan dan di bawah paparan sinar matahari.

Selain itu, tingginya kadar minyak pada kulit kepala juga bisa disebabkan oleh kesalahan dalam penggunaan produk perawatan rambut. Bisa jadi karena produk perawatan rambutnya yang tidak cocok atau cara menggunakannya yang salah. Pemakaian hair spray, gel rambut, dan juga kondisioner secara berlebihan juga bisa meningkatkan kadar minyak pada kulit rambut. Apalagi jika setelahnya tidak dicuci dengan bersih.


Cara Mengatasi Kulit Kepala Berminyak

Bersihkan Rambut Secara Teratur

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kotoran yang mengendap di kulit kepala bisa memicu tingginya kadar minyak. Untuk itu, dianjurkan untuk membersihkan rambut secara teratur dengan shampo. Hal ini berguna agar kotoran dan juga minyak yang ada di kepala bisa terangkat dan bersih.

Jika kamu mengalami kulit kepala berminyak, namun enggan membersihkannya, maka masalah ini akan terus berlarut-larut dan bahkan berambah parah. Untuk itu, segera pergi ke kamar mandi dan bersihkan rambutmu hingga bersih. Hanya saja, kamu tidak perlu sering-sering keramas hingga beberapa kali dalam sehari, karena terlalu sering justru akan membuat rambutmu gampang rusak dan patah. Cukup lakukan sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

Manfaatkan Air Teh Atau Lemon

Untuk mengatasi minyak berlebih pada rambut, mungkin kamu juga membutuhkan air teh ataupun lemon. Teh mengandung antioksidan dan tannin yang dapat mengurangi tingkat minyak berlebih pada kulit rambut. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membilas rambut dengan air teh hijau, kemudian bilas bersih dengan air putih.

Sementara lemon mengandung zat asam yang mampu menyerap minyak pada kulit. Caranya hampir sama dengan air teh, yaitu dengan mencampurkan 1 buah perasan air jeruk dengan setengah gelar air putih dan kemudian bilas pada rambut. Selain itu, lemon juga bisa diaplikasikan langsung pada rambut.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang mengandung minyak seperti gorengan tidak hanya bisa menimbulkan minyak pada wajah, tetapi juga pada kulit kepala. Hal ini disebabkan karena minyak akan dikeluarkan lagi dari dalam tubuh melalui kulit, termasuk kulit kepala sehingga menyebabkan minyak berlebih. Untuk itu, ada baiknya tekan produksi minyak dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan banyak minum air putih.

Ganti Produk Perawatan Rambut

Produk perawatan rambut juga sangat berperan dalam menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Jika produk yang kamu pakai saat ini menimbulkan masalah minyak berlebih pada kulit kepala, maka ada baiknya segera hentikan pemakaian dan coba shampo lain yang cocok. Gunakan shampo yang memiliki satu fungsi utama mengurangi minyak berlebih dan sebaiknya hindari shampo yang memiliki banyak fungsi sekaligus.

Sekarang sudah tahu kan apa yang perlu kamu lakukan untuk menghilangnya minyak berlebih di kulit kepala. Cukup lakukan beberapa tips tersebut, maka tidak ada lagi rasa was - was dan tidak nyaman karena rambut rusak saat kumpul bersama teman-teman kamu. Mudah dan simple kan? [HW/Miss Yunie]



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kulit Kepala Berminyak dan Tak Kunjung Hilang? Intip Tips Berikut!"

Post a Comment